dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Mengetahui Webserver Terhubung Dengan Add-on Firefox

Add-on Firefox untuk mengetahui webserver terhubung | Ini tidak diketahui banyak orang. Begitu kita mengunjungi suatu website, sebenarnya kita tidak hanya mengunjungi website tersebut, tetapi juga sekaligus tersambung dengan webserver lain. Jumlahnya? Banyak. Untuk apa? Ada yang baik-baik saja, maksudnya tidak aneh-aneh mengintip anda, tetapi kebanyakan adalah untuk mengetahui aktivitas anda di website tersebut. Biasanya sih website yang berupa toko atau online shop.
Caranya? Mereka menempatkan apa yang disebut sebagai cookie dalam komputer kita, bisa laptop, desktop, atau bahkan smartphone. Mereka mencatat bagaimana kita berinteraksi dengan website utama tadi, untuk kemudian memberikan informasinya supaya mereka mengetahui iklan yang paling pas untuk kita. Cookie ini berupa file teks berukuran kecil yang berisi catatan (log) situs-situs web yang kita kunjungi.
Apakah itu buruk? Bisa ya, dan bisa tidak. Iklan apapun bentuknya, terkadang berguna bagi kita yang memang sedang mencari barang. Namun, iklan yang muncul sembarangan tentu sangat mengganggu. Ikut menghabiskan kuota internet kita lagi! Kan? Kalau berupa gambar atau animasi flash kecil seperti punya Adsense begitu masih mending, tapi kalau sudah berbentuk video yang terbuka di halaman background? Hmmmm….
Nah, jika anda ingin mengetahui webserver mana saja yang menyambungkan diri dengan anda ketika terhubung internet, anda bisa menggunakan sebuah add-on Firefox yang bernama Lightbeam.