dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Mengembalikan ke Pengaturan Awal Default Aplikasi Windows 10

Cara mengembalikan pengaturan awal default aplikasi Windows 10 ini perlu dilakukan ketika kita merasa ada masalah dengan bagaimana Windows 10 membuka file dengan tipe tertentu. Terkadang, saking inginnya kita melakukan kustomisasi Windows 10, hasilnya justru tidak bagus.

Semua orang memang punya preferensi sendiri-sendiri. Semisal dee-nesia, sejak awal dahulu, yang namanya Internet Explorer itu hanya dipakai sekali saja setelah install Windows. Untuk apa? Untuk download Firefox. Dan setelah Firefox terinstall, praktis si Internet Explorer tidak pernah lagi digunakan.

Di Windows 10, Microsoft sudah menetapkan aplikasi tertentu sebagai pembuka file-file yang kita punya. Misalnya, ada Edge sebagai browser default. Atau Photos sebagai Windows App untuk membuka file foto menggantikan Windows Photo Viewer. Dan setiap dari pengguna, bisa mengubah aplikasi default untuk membuka file yang dia inginkan.

Masalahnya, terkadang itu membawa masalah. Mungkin aplikasinya kurang maksimal. Atau setelah kita tahu ternyata aplikasi bawaan Windows cukup mumpuni dan tangguh fiturnya. Yang paling pas jadi contoh adalah Photos App itu. Di Windows Photo Viewer dan Paint, kita tidak bisa mengedit foto dengan hasil yang memuaskan. Paling cuman sedikit cropping dan mengubah format file gambar tersebut. Cuman itu. Sementara Photos App bisa mengedit warna, fokus, intensitas cahaya, masih punya filter. Jauhlah dibanding dua saudara tuanya.