Cara Mengatasi Tampilan Blog WordPress Berantakan

Cara mengatasi tampilan blog WordPress berantakan. Penyebab mengapa tampilan blog WordPress bisa hancur tidak karuan itu macam-macam sih. Yang paling umum adalah karena ‘kebetulan’ akses internet yang dipakai pengunjung sedang terlalu amat sangat lelet banget tapi masih berjalan.

Stabil lambatnya gitu. Seperti yang sering saya alami. Kalau penyebab yang satu ini, bisa terjadi di sembarang mesin blog, mau blogspot, WordPress, atau pakai CMS yang lain ya sama saja.

Penyebab kedua, karena WordPress anda sedang dalam proses maintenance. Tapi ini jarang sekali terjadi.

Kalau yang akan saya sharingkan kali ini adalah karena adanya adalah karena salah satu plugin tidak bekerja maksimal dan malah mengacaukan. Yang ketimpa masalah ya si dee-nesia ini.

Jadi ceritanya begini….

Setelah mem-publish posting Cara Main COC di PC atau Laptop Dengan Mudah, tiba-tiba saja dee-nesia ini tampilannya kacau banget. Seperti segala settingan CSS-nya tidak bekerja. Jadi acak adul gitu. Wadew…. Jadi males ngapa-ngapain.

Saya coba cek apakah ini karena koneksi yang kurang bagus? Ternyata tidak. Si 3 yang saya pakai bergegas dalam kecepatan normal. Saya coba buka blog-blog orang lain dan juga blog saya yang masih di Blogspot juga normal.

Ketika mencoba membuka dee-nesia di browser lain hasilnya berbeda-beda. Di Opera tampilannya normal, di Chrome hancur, di Maxthon cuman di halaman Home saja ok, kalau masuk ke single page apapun tampilannya kembali hancur.

Seperti ini tampilannya….

Tampilan Blog WordPress Berantakan

Loading...
Karena saya merasa tidak melakukan perubahan apapun, cuman publish posting thok mosok ya jadi hancur gini. Kemudian saya coba bersihkan cache Firefox dari dalam. Hasilnya? Tetap hancur. Saya coba bersihkan lagi semuanya pakai CCleaner. Tetap hancur. Trus bagaimana ini? Akhirnya, coba tanya-tanya dan nemu posting yang membahas ini. Ini tulisan dokter Purba. Lengkapnya silahkan baca di sini.

Di tulisannya tersebut, Om Purba memberi alternatif cara mengatasi tampilan blog WordPress berantakan cukup dengan uninstall plugin WordPress yang ada kaitannya dengan cache. Kebetulan saya pakai plugin W3 Total Cache.

Agak bingung juga. Kog bisa begitu ya? Kan fungsi plugin W3 Total Cache itu untuk mempercepat akses blog. Kog malah bikin kacau ya? Om Purba menuliskan bahwa kalau hosting yang kita pakai sudah cukup cepat, kita tidak perlu menambahkan plugin macam itu. Salah-salah malah bikin masalah seperti tampilan blog yang kacau itu.

Ok, saya coba mengatasi tampilan blog WordPress berantakan dengan mengikuti saran pak dokter. Syukurlah, begitu saya uninstall itu plugin, tampilan dee-nesia akhirnya kembali normal lagi. Lega banget.

Ada cerita lain lagi. Ketika tadi itu saya setengah putus asa mengatasi tampilan blog WordPress berantakan, kan semua cache browser dibersihkan dengan CCleaner. Setelah itu, saya jadi tidak bisa login masuk ke dashboard dee-nesia. Setiap kali mencoba login, langsung ke redirect ke halaman depan.

Jika anda mengalami hal yang sama, ada baiknya baca juga Mengatasi wp-login Redirects Ke Homepage WordPress. Semoga membantu. Happy blogging….

Untuk urusan blogging dengan menggunakan platform WordPress ini, kita memang harus terus menerus belajar. Dan terkadang, baru tahu masalah dan cara mengatasinya ketika blog yang kita kelola bermasalah. Seperti tampilan berantakan seperti ini.

Sah-sah saja sih, menunggu mengalami masalah baru kemudian mencari solusi cara mengatasinya. Tetapi ada baiknya juga – terutama buat teman-teman yang masih pertama kali berkenalan dengan WordPress – untuk mendapatkan sumber belajar yang bagus dan mudah diterapkan.

Salah satu yang bisa teman-teman gunakan sebagai rujukan adalah artikel ini: Cara Membuat Blog di WordPress.

Artikel ini berbentuk tutorial yang cukup detail, disampaikan dengan lugas tanpa banyak basa-basi, tetapi tetap bisa dipahami dengan gampang. Di dalamnya, teman-teman bisa mendapatkan rujukan untuk segera membuat blog WordPress yang bagus.

Detail banget loh…. Mulai dari alasan mengapa membuat blog, apa-apa yang diperlukan untuk memulainya, bagaimana melakukan setting awal blog WordPress, pengaturan dan penggunaan plugin, tips mengoptimasi SEO, dan banyak lagi lainnya. Dijamin deh, setelah membacanya, teman-teman tidak akan ragu lagi untuk segera membangun blog berbasis WordPress.

(Visited 446 times, 1 visits today)
You might also like
2 Comments
  1. Aderizzal says

    punyaku kok tetep ga bisa ya bang? :'(