Cara Mengatasi Gagal Upload Video Ke Youtube

Cara mengatasi gagal upload video ke youtube karena “An error has occurred while sending data over the network”. Buat teman-teman yang mengalami masalah ini, dee-nesia sekadar berbagi dari apa yang dialami ketika gagal upload video ke Youtube tadi malam.

Perkiraan pertama mengapa tidak bisa upload video ke Youtube adalah karena koneksi internet yang dee-nesia pakai. Tadi malam memang kondisi cuaca di daerah saya lagi agak mendung tapi tidak hujan. Katanya sih, cuaca sangat memengaruhi kecepatan dan kestabilan koneksi internet.

Anehnya, koneksi internet dee-nesia ini lancar-lancar saja ketika dipakai untuk browsing ataupun streaming (audio dan video). Baik-baik saja. Ada sih sedikit lag dengan setting video Youtube 480p. Tapi lancar. Yang tidak bisa cuman untuk upload video ke Youtube saja. Sebagai catatan, dee-nesia pakai kartu Three.

Karena merasa tidak ada yang salah dengan koneksi internet-nya, dee-nesia jadi penasaran dan bertanya-tanya, mengapa tidak bisa upload video ke Youtube di saat internetnya lancar?

Dan setelah browsing beberapa lama, akhirnya nemu juga alasan yang paling masuk akal dan berikut juga dengan tips cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Gagal Upload Video Ke Youtube

Cara Mengatasi Gagal Upload Video ke Youtube

Loading...

Gunakan browser versi yang paling baru

Entah karena ada fitur yang tidak jalan, atau update keamanan yang masih versi lama, browser versi lama terkadang membuat pengguna tidak bisa upload video ke Youtube. Jadi, coba update browser yang anda gunakan untuk mengupload.

Untuk mengupdate browser, pada umumnya, kita bisa melakukannya dengan memilih pada menu Help >> About (About browser yang anda pakai). Dan nanti akan muncul versi browser yang anda pakai itu. Kalau bukan versi terbaru, anda tinggal ikuti saja instruksinya untuk melakukan update.

Kalau menurut anda itu terlalu rumit, silahkan klik pada link beberapa browser yang paling umum untuk upload video ke Youtube:

Gunakan Chrome Incognito Window atau Firefox Private Browse

Jika sudah yakin memakai browser versi terbaru dan ternyata masih gagal upload video ke Youtube, maka cobalah untuk menggunakan mode incognito di Chrome atau Private Browse di Firefox. Mengapa?

Mode Incognito akan mematikan ekstensi dan plugin di browser yang bisa saja membuat gagal update video ke Youtube. Yang paling sering menjadi masalah adalah ekstensi ad blocking.

Matikan anti-spyware / anti-virus dan aplikasi sejenis

Meskipun ini kecil sekali kemungkinannya, tapi ternyata ada kasus juga dimana antivirus menjadi penyebab kita gagal tidak bisa upload video ke Youtube. Untuk sementara, matikan dulu beragam aplikasi anti-virus yang terpasang di laptop atau PC anda.

Perbaiki koneksi internet

Ini bisa macam-macam caranya, tergantung dengan koneksi yang anda gunakan. Tapi secararingkas seperti ini:

  • pindah tethering dengan WiFi ke Bluetooth atau kabel data
  • tempatkan modem atau Android yang anda gunakan sebagai hotspot di tempat yang bisa mendapat sinyal maksimal
  • ganti kartu yang penerimaan sinyalnya lebih bagus

Periksa format file video yang diupload

Awalnya, saya menganggap semua file video dengan format mp4 itu sama saja. Yang artinya semua bisa diupload ke Youtube tanpa masalah. Toh, yang muncul adalah peringatan “An error has occurred while sending data over the network” jadi tidak mungkin-lah ada hubungannya dengan format video yang diupload. Dan jujur saja, saya tidak yakin ini benar. Dan mungkin hanya kebetulan.

Tapi inilah yang terjadi, awalnya video yang diedit pakai Premiere itu disimpan dengan setting yang saya custom. Pokoknya yang bagus tapi file ukurannya agak kecil. Dan ya itu tadi. Gagal diupload apapun yang saya lakukan. Semua tips di atas sudah saya coba dan gagal.

Setengah putus asa dan ngawur, saya coba export lagi, tapi sekarang nurut dengan pengaturan default video untuk Youtube dari si Premiere. Selesai. Upload ke Youtube. Dan cuman sekali coba coba langsung berhasil tuh.

Bagaimana dengan pengalaman anda sendiri? Apakah beberapa tips diatas bisa mengatasi gagal upload video ke Youtube? Silahkan di sharingkan pengalaman anda di sini dengan berkomentar.

(Visited 9,408 times, 5 visits today)
You might also like
14 Comments
  1. Kholidin Alian says

    video yg saya unggah sudah berformat .MP4
    tapi muncul pesan seperti ini “The video has failed to process. Please make sure you are uploading a supported file type.”

    1. dee-nesia says

      ngeditnya pakai apa mas? Premiere? Atau Camtasia? Atau yang lain?
      Coba di export lagi, tapi pakai setting default untuk Youtube. Lalu c