Cara Mengatasi Error Code 491 Di Google Play Store Ketika Download atau Upgrade Aplikasi

Cara mengatasi error code 491 di Google Play Store yang membuat kita tidak bisa download aplikasi atau game yang akan kita bahas kali ini sebenarnya sama sekali bukan rahasia. Jadi dee-nesia juga tidak akan merahasiakannya. Dan error code atau kode kesalahan 491 ini memang banyak terjadi pada saat pengguna Android hendak melakukan download aplikasi atau game, atau sering juga ketika kita melakukan upgrade aplikasi.

dee-nesia sendiri sempat beberapa kali mengalami beberapa aplikasi dan game yang gagal upgrade dan muncul peringatan error code 491 ini. Jengkel itu pasti. Dan penasaran juga, kira-kira apa penyebab kode kesalahan 491 ini. Dan yang lebih penting, bagaimana cara mengatasi error code 491 sehingga kita bisa download dan upgrade aplikasi lagi.

Penyebab error code 491

Sampai saat ini, sebenarnya dee-nesia belum menemukan rujukan yang pasti tentang mengapa atau penyebab error code 491 ini.

Dari beberapa kali mencoba mengatasinya, dee-nesia menduga jika koneksi internet yang kurang stabil, nyambung-putus berulang-ulang, dan juga ip yang kita pakai dianggap tidak aman, sehingga Android menganggap jaringan internet kita tidak layak untuk diberi akses upgrade aplikasi atau download aplikasi baru.

Karena jaringan internet tidak stabil dan atau ip kita dianggap tidak aman, maka ‘mungkin’ akun google di perangkat kita jadi bermasalah.

Itu cuman dugaan dee-nesia loh ya… Jangan dijadikan rujukan. Ini cuman asumsi. Sangat mungkin salah. Buat teman-teman yang punya link rujukan pasti tentang penyebab error code 491 ini, mohon disharingkan di kolom komentar.

Meskipun penyebab pasti terjadinya error code 491 ini dee-nesia belum tahu, tetapi berdasarkan apa yang pernah dee-nesia lakukan, dan juga rujukan dari beberapa sumber di internet, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara mengatasi error code 491 ini. Ada yang simple banget, ada juga yang agak ribet dan beresiko.

Cara mengatasi error code 491 di Google Play Store

Cara Mengatasi Error Code 491 Di Google Play Store
Cara Mengatasi Error Code 491 Di Google Play Store
Loading...

1. Berpindah jaringan internet

Memang bisa? Silahkan dicoba.

Kalau Android kamu tipe dual SIM, kamu bisa coba berpindah dari jaringan internet kartu pertama ke kartu ke dua, atau sebaliknya. Meski ini mau tidak mau akan memaksa kamu mengaktifkan paket internet kedua kartu, yang artinya anggaran internet bulanan jadi membengkak.

Alternatif lain, gunakan sambungan internet dari WiFi. Entah tethering internet dari HP kamu yang lain, MiFi, atau jaringan internet lain. Pokoknya bisa tersambung internet. Kalau sudah dapat sambungan, silahkan dicoba download aplikasi yang kamu inginkan atau juga update aplikasi tersebut.

Jika ternyata masih gagal, silahkan coba direstart Android-nya, lalu coba lagi. Semoga berhasil, sehingga tidak perlu mencoba langkah lain berikut ini.

2. Menghapus data aplikasi Google Play Store dan Google Play Service

Ini bisa kita lakukan dengan cukup mudah.

Download atau update aplikasi gagal di Google Play Store dengan kode kesalahan 491 bisa juga coba kita atasi dengan menghapus data dan cache yang disimpan oleh dua aplikasi inti Google di Android, yaitu aplikasi Google Play Store dan Google Play Service. Kedua aplikasi ini bekerja berbarengan untuk membuat seluruh layanan Google yang kita gunakan di Android yang kita pakai.

Cara membersihkan data dan cache kedua aplikasi ini cukup mudah dilakukan. Begini:

  • Masuk ke Settings atau Pengaturan kalau bahasa defaultnya kamu piliha Bahasa Indonesia.
  • Pilih Apps atau Aplikasi
  • Cari dan pilih aplikasi Google Pay Services
  • Hapus/clear data dan cache
  • Lakukan hal yang sama pada Google Play Store
  • Supaya lebih bersih, silahkan restart Android kamu
  • Tunggu sampai proses restart selesai, biasanya sekitar 20 sampai 60 detik.
  • Coba jalankan aplikasi Play Store lagi, coba lagi untuk mengunduh aplikasi yang tadi memunculkan error code 491 tadi.
  • Jika semuanya lancar, maka seharusnya, kamu sudah bisa download atau upgrade aplikasi dari Play Store dengan normal.

Ada kala dan kemungkinan langkah tadi gagal juga sih. Dan itu artinya, sebaiknya kamu coba langkah ke 3 berikut ini….

3. Menghapus dan Memasukkan Kembali Akun Google Kamu

Jika cara mengatasi error code 491 dengan menghapus data dan cache aplikasi Google masih belum mempan, maka yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan menghapus dan memasukkan ulang akun Google kita.

Caranya begini…

  • Masuk ke Settings – Accounts – Google – Hapus akun Gmail (akun yang terhubung ke play store)
  • Kembali ke Settings – Apps – All, lalu hentikan aplikasi Google Play Store, Google Service Framework, dan Download Manager. Caranya dengan melakukan force stop dan clear data dan cache setiap aplikasi tersebut
  • Kalau ketiga aplikasi utama tadi di force stop dan di clear data dan cache-nya, silahkan reboot Android kamu
  • Sekarang, silahkan masukkan lagi akun Google kamu. Caranya, masuk ke Settings > Accounts > Google > Add akun Google kamu yang berupa alamat email dan passwordnya. Ikuti saja petunjuk di layar
  • Jalankan kembali Google Play Store dan coba download atau upgrade aplikasi yang gagal tadi dari Play sana.

Kalau cara yang ini masih gagal juga, kita masih punya cara lainnya, yaitu dengan membersihkan cache partition dan dalvik cache.


baca juga:

4. Hapus Cache Partition dan Dalvik Cache

Yang harus diketahui sebelumnya adalah bahwa proses ini mengharuskan kita masuk ke mode recovery. Buat pengguna Samsung dan Asus, recovery mode ini bisa langsung di akses tanpa perlu install CWM yang butuh akses root seperti pada Android Sony Xperia.

Jika kamu memakai Sony Xperia, maka saya asumsikan Android kamu sudah di root dan terpasang CWM. Terserah masih pakai stock ROM atau yang custom. Intinya sama saja kog.

  • Masuk ke mode recovery
  • Pilih Wipe cache partition
  • Masuk ke Advanced – wipe dalvik cache
  • Kembali dan reboot sistem
  • Hnah, sekarang silahkan coba jalankan kembali Google Play Store, lalu download dan install aplikasi yang kamu inginkan di awal tadi, atau lakukan upgrade aplikasi tadi.

Jika ke empat cara mengatasi error code 491 tadi masih gagal juga, maka silahkan coba untuk melakukan factory reset yang akan mengembalikan Android kamu ke keadaan baru-nya dulu. Sehingga harapannya, semua akan kembali seperti awal.

dee-nesia tidak terlalu menyukai pilihan terakhir ini. Karena itu berarti kita harus kembali install seluruh update aplikasi bawaan Android, harus download dan install aplikas yang kita butuhkan, harus memasukkan lagi username dan password seluruh akun medsos dan lain-lain. Phew! Itu tidak hanya melelahkan, tetapi juga sangat menguras kuota internet kita. Jatuhnya jadi mahal dan lama, hehehe….

Sepanjang yang dee-nesia alami, biasanya cukup dengan mengganti jaringan internet saja, maka error code 491 sudah bisa diatasi. Yang paling parah pernah saya alami adalah sampai di langkah ke 3 yang menghapus dan memasukkan ulang akun Google tadi.

Begitu tadi sharing cara mengatasi error code 491 di Google Play Store. Semoga bisa membantu. Jangan lupa untuk share atau like-nya ya….

Loading...
  • nah ini error biasanya emang bikin kita rada kesel juga nih, btw makasi infonya gan