Cara Menaikkan Ranking Pencarian Dengan Internal SEO

SEO, atau search engine optimation menjadi sangat penting kalau kita ingin menaikkan ranking yang bagus pada hasil pencarian Google. Selain berjuang mendapatkan backlink, ternyata ada satu lagi cara menaikkan ranking pencarian Google, yaitu dengan memaksimalkan internal SEO atau lazim juga disebut internal link.
Tak dapat dipungkiri, sampai saat ini mendapatkan backlink atau linkback atau tautan balik, terserah mau disebut apa, yang jelas link yang didapat suatu situs atau blog dari blog lain masih dianggap sebagai cara terbaik untuk menaikkan posisi pada hasil pencarian Google, hingga ada banyak cara mencari blog dofollow. Nah, internal SEO atau internal link ini sebenarnya artinya kurang lebih sama, hanya saja link atau tautan itu kita dapatkan dari dalam blog kita sendiri. Untuk membuat internal link yang bagus memang membutuhkan kejelian dan ketelatenan. Tapi paling tidak ini lebih mudah dibanding dengan mendapatkan backlink dari blog orang lain.

Lalu bagaimana membuat internal link atau internal SEO yang bagus itu?
Pernahkah anda membuat postingan yang mirip dengan posting yang sedang anda tulis? Coba periksa postingan apa saja yang telah anda tuliskan sebelumnya. Kalau perlu anda buat daftar tersendiri kalau ternyata postingan anda memang sudah banyak sekali. Cari postingan dimana kira-kira anda pernah menyampaikan topik yang sama. Kemudian lakukan update pada postingan lama anda itu. Berikan link pada posting anda yang baru dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang anda coba untuk bersaing di Google.

seo

Loading...
Jika anda merasa postingan ini cukup bagus dan ‘mungkin’ akan ramai, ada baiknya kalau anda menuliskannya dalam dua atau lebih postingan, dengan mengembangkannya dari postingan anda yang pertama. Dalam setiap postingan baru itu, berilah tautan atau link pada postingan pertama tadi dengan mengambil keyword atau kata kunci yang ingin anda sasar.

Langkah selanjutnya, lihat kembali postingan yang ingin anda naikkan posisinya. Periksalah, apakah keyword yang anda mau sudah tertulis dalam postingan itu. Kalau belum, mungkin anda perlu menyunting kalimatnya sehingga kata kunci anda terbaca wajar. Kemudian berikan cetak tebal pada keyword anda itu. Nah, sekarang saatnya mengolah keyword anda tadi supaya layak untuk dijadikan judul atau header dari postingan ini. Hati-hati saja, supaya keyword yang anda sebar di postingan anda tetap terlihat wajar, sehingga tidak malah mengganggu pengunjung blog anda.

Internal SEO atau internal linking ini mempunyai dua keuntungan, pertama, pengunjung anda akan merasa informasi yang anda berikan lebih lengkap dan dalam. Kedua, anda jadi mempunyai kesempatan untuk memecah postingan, jadi ada tambahan ide postingan. Ketiga, ini yang paling penting, anda bisa menaikkan ranking postingan di mata Google.

(Visited 2 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....