Cara Mempercepat Mengisi Baterai Smartphone

Cara Mempercepat Mengisi Baterai Smartphone Android | Pernah sedang terburu-buru dan anda perlu segera pergi tetapi baterai Android anda sedang habis, sementara menunggu baterainya penuh lama sekali? Memang sih, tips di bawah ini tidak akan mempercepat proses pengisian baterai hp anda akan menjadi secepat kilat. Tetapi tips di bawah ini akan menyingkat waktu pengisian baterai anda dengan cukup signifikan. Sekitar 15-25 % lebih cepat-lah dari waktu normal pengisian biasanya.

Tips di bawah ini fokus pada bagaimana cara mempercepat pengisian baterai ponsel. Jadi kalau anda mencari cara supaya baterai anda lebih awet itu beda lagi ceritanya. Salah satu tips bahkan cenderung memperpendek usia baterai. Jadi lakukan bagian tersebut cukup ketika memang sangat perlu. Jika tidak, ya yang normal-normal saja-lah.

Cara Mempercepat Mengisi Baterai Smartphone

Loading...

Ok, kita mulai saja.

Cara mempercepat mengisi baterai android

Matikan Sepenuhnya atau Matikan beberapa fitur kunci

Ini sederhana sekali. Jika anda mematikan smartphone anda, maka dia tidak akan mencari sinyal (baik sinyal dari BTS terdekat atau sinyal WiFi di sekitarnya), juga tidak mencari tempat dimana dia sekarang berada melalui GPS. Benar-benar mati, sehingga daya yang masuk hanya digunakan untuk mengisi baterainya saja. Jika anda merasa itu terlalu ekstrim dan ternyata waktu bootingnya lama sekali, anda bisa memakai pilihan mode terbang. Ini akan mematikan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan radio di HP anda (sinyal seluler dan WiFi). Tapi ya intinya, biarkan dia mengisi baterainya tanpa perlu sering-sering di buka hanya untuk tahu sudah berapa persen. Jika anda punya 10 menit ya biarkan selama 10 menit itu. Ingat, layar ponsel itu memerlukan daya yang besar sehingga memboroskan baterainya.

airplane mode

Bagaimana kalau anda masih perlu menerima panggilan telepon? Mudah saja, jangan pakai mode terbang, tapi cukup matikan koneksi datanya. Anda tidak akan terhubung internet, tapi tetap bisa menerima panggilan telepon dan sms. Jadi matikan semuanya, kecuali fungsi telepon dan sms. Buat layarnya segelap mungkin dan tahan diri anda supaya bisa membiarkan dia mengecharge baterai tanpa anda usik-usik lagi.

Gunakan Power Adapter dan Kabel Yang Benar

Ini tidak terlalu berpengaruh sih, karena kebanyakan gadget menggunakan koneksi dan port yang mirip, termasuk chargernya. Terkadang memang bisa kita mengisi baterai menggunakan charger dan kabel milik gadget lain. Tapi itu sebenarnya tidak direkomendasikan. Usahakan hanya menggunakan power adapter dan kabel asli bawaan smartphone anda sendiri. Ini menjamin semua akan berfungsi dengan optimal dan baik.

Perhatikan arus keluaran dari power adaptor anda. Biasanya ada tulisannya 5.0V->1A. Nah, arus sebesar 1 Amp itu yang biasanya dibutuhkan smartphone anda. Bagaimana jika tertulis lebih besar dari yang seharusnya? Tidak apa-apa, baterai anda akan tetap terisi, lebih cepat, lebih panas, lebih pendek umurnya.

Kalau ternyata arusnya lebih rendah? Ya sama, bisa juga, dengan catatan akan lebih lama nge-charge-nya, lebih adem, tapi tidak jadi lebih awet dari standarnya. Ini bukan sangat pasti sekali, tetapi kebanyakan ponsel masa kini mendukung proses pengisian yang seperti ini.

Gunakan Sumber Listrik dari PLN, Jangan dari USB port

Bisa saja sih pakai port USB, tapi fokus kita kan untuk mengisi baterai dengan cepat, maka lebih baik gunakan sumber listrik dari PLN saja. Kog bisa?

Beda sedikit dengan power adapter di atas, port USB hanya bisa mengisi daya sebesar 0.5A saja, jadi kurang lebih separuh dari yang normalnya diberikan power adapter. Memang sih port USB 3.0 bisa memberi arus sekuat 0.9A, tapi itu angka maksimumnya, bukan angka rata-rata, jadi lebih mungkin anda mendapat arus yang sedikit lebih lemah dari itu. Terlebih lagi, biasanya ketika ponsel kita colokkan ke laptop akan ada proses lagi yang membuat pengisian baterainya akan lebih lambat lagi.

Lepaskan Case dan Cover, Letakkan di Tempat Yang Sejuk

Ini memang tidak selalu bisa kita lakukan dengan cepat. Ada beberapa smartphone itu yang untuk membuka casingnya sampai harus berkeringat. Anda juga bisa saja tidak melakukannya. Tapi mungkin anda ingin tahu, mengapa melepas casing dan cover serta mengecharge di tempat yang sejuk itu bisa mempercepat prosesnya?

Kebanyakan smartphone menggunakan baterai berjens lithium-ion, yang punya prinsip kerja sederhana: baterai yang lebih adem itu baterai yang lebih bagus. Jadi dengan melepas casing dan covernya, maka baterai anda akan bekerja lebih bagus. Harus sedingin apa? Emmm, sekitar suhu ruangan-lah, 25 derajat Celcius begitu.

Gunakan Power Banks

Jika memang terpaksa ya pakai Power Bank saja. Toh harganya semakin hari semakin murah dengan banyak fitur-fitur yang bagus. Tapi jangan sering-sering ya. Lakukan seperlunya saja. Karena Power Bank itu selalu mengisi ulang dalam mode cepat, dan itu tidak baik untuk baterainya.

Bagaimana? Anda punya tips lain untuk mempercepat pengisian baterai smartphone?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....