Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total (Panduan untuk Pemula)

By | April 2, 2019

Cara memperbaiki laptop yang mati total | Sebagai salah satu barang penunjang utama pekerjaan kita, laptop bisa dianggap sebagai separuh nyawa. Sehingga kalau dia bermasalah sedikit saja, bisa berefek pada kesulitan besar pada pekerjaan kita. Jika anda bekerja di kantor, mungkin ada backup dan file-file pekerjaan yang terserak di beberapa tempat. Tetapi jika anda bekerja di rumah, dimana laptop adalah pusat dari segala kegiatan anda, macam full time blogger begitu, matinya laptop adalah matinya penghidupan. Haha….

Syukurlah, sekarang kita sedikit banyak terbantu dengan teknologi cloud computing, sehingga resiko kehilangan data karena hanya tersimpan offline bisa dihindari. Laptop boleh mati, tapi blog jalan terus kan? Bagaimana dengan yang pekerjaannya melulu offline tapi bergantung penuh dengan laptop? Wah, bisa jungkir balik tidak karuan tuh….

Apa yang harus dilakukan pertama kali ketika laptop mati total?

Menyelamatkan data di dalam hard disk-nya. Itu kalau saya. Laptop bisa ganti, tapi data di dalamnya kan tidak. Selain data yang bersifat kantoran, juga data-data pribadi, macam foto dan video. Dan, yang tidak kalah pentingnya, file yang berhubungan dengan seluruh akun yang kita punya.

Kedua, baru mengupayakan laptop itu bisa hidup lagi. Tidak mesti seperti itu juga. Ketika dalam keadaan dimana data lebih penting dari pada laptopnya, maka itu yang saya lakukan. Jika dalam keadaan dimana pekerjaan tidak menuntut data di dalam hard disk, maka memperbaiki laptop supaya minimal bisa hidup lagi itu lebih mungkin dilakukan.

Baca juga: Asus VivoBook 14 A405UQ Laptop Tipis Dengan Endless OS Bobotnya Cuman 1.4 kg!!!

Laptop mati, beneran mati total nih?

Ketika ada seseorang yang datang pada anda dan mengatakan bahwa laptopnya mati, itu sebenarnya masih ada setidaknya 4 kemungkinan keadaan yang mungkin terjadi pada laptopnya.

Seperti ini:

Laptop mati total, ketika tombol power ditekan:

  1. tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala, tidak ada suara kipas berputar, suhunya relatif dingin
  2. tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala, tidak ada suara kipas berputar, suhunya relatif hangat
  3. ada lampu indikator yang menyala, kipas berputar, lampu indikator berkedip tidak normal, lampu layar (kalau ada) menyala, tapi tidak ada flicker
  4. semua indikator berjalan baik, kipas menyala, layar seperti menyala tapi tidak ada tampilan apapun, proses booting sepertinya berjalan normal

Semua keadaan di atas, kondisi layar laptop tidak menampilkan apapun, hanya blank hitam.

Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total

Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total

credit foto: Life Hacker

Saran: jika anda hendak melakukan perbaikan menyeluruh, pastikan anda berada di tempat yang aman dari listrik statis. Anda juga perlu mempuyai DVM (Digital Volt Meter), bisa juga cuman pinjam sih, tapi kalau sering kan jadi merepotkan, hehe….

Untuk keadaan laptop mati seperti nomor 1

  • lepas baterainya, jika mungkin coba di laptop yang lain
  • jika ada baterai lain, cobakan pada laptop mati tersebut
  • coba nyalakan laptop tanpa baterai terpasang, berarti langsung memakai adapter ke jaringan listrik
  • sebelumnya, periksa tegangan output power adapternya, biasanya sekitar 19 volt. Atau sesuaikan dengan yang tertera di body-nya.

Jika tidak berhasil:

  • buka casing laptop sampai anda bisa menjangkau power adapter pada motherboard. Dengan adaptor tercolok jaringan listrik, ukurlah voltase pada motherboard. Jika ukuran menunjukkan 0 VDC, maka gantilah konektornya (Biasanya ini membutuhkan penyolderan, jika anda belum terbiasa atau ini pertama kalinya dan tanpa bimbingan, maka sebaiknya jangan dilakukan sendiri. Jika sampai ada penghubung di motherboard yang terbakar, maka sangat sulit dibenahi, lebih mudah mengganti motherboardnya)
  • jika anda mendapat tegangan antara 0 – 19 VDC, maka kemungkinan ada sesuatu yang membebani tegangan tersebut. Coba dengan mengukur power adapter kedua. Jika hasilnya tidak penuh 19 VDC, sekarang lepaskan semua yang terhubung dengan motherboard (RAM – kipas – hard disk – DVD/CD – tambahan wireless – kabel RAM video). Jika tetap saja, berarti mottherboard ada rusak. Ganti motherboardnya. Jika anda mendapat tegangan penuh, sekarang coba hubungkan satu-persatu perangkat yang tadi dilepas sampai anda menemukan perangkat yang menimbulkan masalah.
  • Biasanya masalahnya selesai.

Untuk laptop mati dalam kondisi seperti nomor 2

Hampir sama dengan perbedaan perlakukan:

  • lepas baterainya, jika mungkin coba di laptop yang lain
  • coba hidupkan dengan baterai yang lain (kalau ada)
  • Coba nyalakan dalam keadaan tanpa baterai
  • periksa tegangan output dari power adapter. Pastikan keluarannya sekitar 19 VDC atau sesuaikan dengan yang tertera di bodynya.

Jika tidak ada efek apapun:

  • Buka casing laptop sampai anda bisa menjangkau motherboardnya. Carilah sumber panas yang timbul. Biasanya di 4 kemungkinan ini: konektor DC, CPU (processor), GPU, atau screen inverter.
  • Periksa tegangan yang ada, jika berada di antara 0 – 19 VDC, sama seperti kondisi pertama, berarti ada peripheral yang membebani listriknya secara berlebih. Coba gunakan power adapter kedua. Jika tegangannya tetap saja, lepas semua yang terhubung dengan motherboard (RAM – kipas – hard disk – DVD/CD – tambahan wireless – kabel RAM video). Jika hasil pengukuran tegangan diluar yang seharusnya dan anda masih merasakan suhu yang tinggi, coba ganti atau lepaskan CPU-nya (jika mungkin), kemudian ukur lagi tegangannya.
  • Untuk GPU, bisa saja dia terlepas dari solderannya di motherboard (karena desain yang buruk atau panas berlebih. Terkadang menekannya dengan lembut tapi pasti ketika dinyalakan bisa membuat laptop terlihat normal. Jika itu yang terjadi, pilihannya adalah memastikan GPU terpasang dengan baik (disolder ulang) atau mengganti motherboard.
  • Kemungkinan penyebab panas yang lain adalah konektor DC power. Bisa karena konektor tersebut aus atau rusak karena panas berlebih. Terkadang penyebabnya adalah karean ada kotoran atau komponen kecil-kecil dari casing / motherboard yang mengotorinya. Bisa diatasi dengan mengganti konektor daya tersebut atau mengganti motherboard.
  • Jika bagian LCD Inverter yang terasa panas berlebih, maka agak murah penggantiannya. Tinggal di cari tipe layar yang dipakai LED atau yang lain.

Untuk laptop mati dengan kondisi mirip dengan nomor 3

  • lepas baterainya – coba di laptop lain jika mungkin
  • coba nyalakan dengan memakai baterai lain
  • coba laptop dengan keadaan baterai terlepas
  • periksa tegangan power adapternya (harusnya sekitar 19 VDC)

Jika perlakukan di atas tidak membawa efek apapun, maka:

  • lepaskan seluruh peripheral dari laptop (RAM – kipas – hard disk – DVD/CD – tambahan wireless – kabel RAM video)
  • buka casing laptop sampai bisa menjangkau motherboard. Biasanya masalahnya terletak pada GPUnya. Periksa apakah GPU terpasang dengan baik atau ada solderan yang terlepas / gosong / terbakar. Jika ya, kemungkinannya anda bisa memperbaiki solderan tersebut atau mengganti motherboard.
  • Coba periksa CPU-nya. Jika panas berlebih berasal darinya maka, coba lepaskan atau ganti dengan CPU lain, dan lihat apakah masalahnya di situ. Lepaskan juga RAM-nya.

Memperbaiki laptop mati dengan keadaan seperti nomor 4

Karena tidak terlihat di layarnya sama sekali, biasanya ini masalahnya pada inverter.

Periksa dengan mengamati benar-benar layarnya ketika laptop dinyalakan. Apakah ada perubahan warna pada layar, sedikit kedipan misalnya.

Jika anda tidak melihat perubahan apapun pada layar, coba gelapkan ruangan anda coba nyalakan dan amati layarnya. Jika tidak ada apa-apa juga, ganti kaca mata anda, hehe…. Ndak kog, mungkin memang rusak itu layarnya.

Jika anda mendapati layarnya menyala tapi dengan intensitas cahaya yang sangat minim sampai tetap terlihat gelap, periksalah arus masuk ke invertor, harusnya ~90VAC. Jika ya, ganti inverternya.

Jika setelah diganti kog tetap saja, maka kemungkinan tabung backlight fluorescent-nya minta diganti juga. Jika ini yang terjadi, maka sebenarnya lebih mudah mengganti seluruh modul panel LCD-nya.

Jika anda tidak mendapatkan tegangan ~90VAC pada colokan inverter, periksa ujung lain inverter tersebut, apakah terpasang dengan benar pada motherboard. Jika ya, maka memang masalahnya pada inverter power supplynya bermasalah.

Jika layarnya sama sekali benar-benar tidak bercahaya, coba hubungan dengan monitor eksternal lalu nyalakan laptonya. Jika ada respon, maka periksa dengan urutan seperti ini:

  • Kabel video LCD di tancapkan pada kedua ujungnya
  • Kabel LLCD diganti
  • Panel LCD diganti
  • Ganti motherboardnya

Jika setelah dihubungkan dengan monitor eksternal tidak ada respon maka sudahlah, ganti saja motherboardnya.

Kalau sudah mentok, dee-nesia sarankan untuk mulai mempertimbangkan beli laptop baru saja. Toh sekarang harganya sudah semakin terjangkau. Untuk rekomendasinya, silahkan kunjungi Review Laptop ID.

Yang harus diperhatikan, tidak semua laptop bisa secara otomatis memunculkan gambar pada layar kedua, jadi anda mungkin harus mencoba menekan tombol fungsi, misal Fn+F8 atau kombinasi lain, lihat pada keyboard anda.

Disclaimer: saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan, kekacauan, kerusuhan, atau hal lain akibat anda mengikuti tips di atas. Semua yang tertulis di atas bukan kitab suci. Anda mungkin jadi orang yang sangat tidak beruntung ketika gagal mengikutinya.

Jadi mudahnya begini, jika mungkin benahi sendiri. Jika tidak mungkin, apalagi misalnya sampai mengganti motherboard, hmmm… mending beli laptop baru. Haha…. Semangat! Dan katakan ini: aku belum menyerah!

(Visited 115.179 times, 10 visits today)
Loading...

29 thoughts on “Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total (Panduan untuk Pemula)

  1. bilawal rifai

    Jasa Service Laptop panggilan

    Laptop anda bermasalah? Kena virus
    Sering hang,atau tidak bisa masuk windows?
    Jika anda sibuk dan tidak punya cukup waktu
    untuk membawa ke reparasi laptop. Cukup
    hubungi kami. maka kami akan ketempat anda.

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :

    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)

    Hardware :
    1. LCD Pecah
    2. Engsel Patah
    3. Tidak Tampil
    4. Mati Total
    5. Keyboard Error
    6. kepanasan
    7. Sering Mati-Mati
    8. Tidak Bisa Charging

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com

    Reply
  2. taufik

    informasinya sangat detail cuma saya belum berani bongkar laptop sendiri takut ga bisa masang algi he he

    Reply
    1. dee-nesia Post author

      hehe… modal yang harus ada adalah kepala dingin mas… Siapkan es jeruk saja…, hehe….

      Reply
  3. Panggah

    permisi, saya mau tanya, laptop saya mati dengan indikasi sebagai berikut : saat ditekan tombol power dengan tenaga dari baterai tidak menyala, saat di charge lampu indikator chargenya resonsif dan masih aktif tapi saat ditekan tombol power tetap mati, pernah nyala pas saya tekan tombol power sekitar 1 detik mati lagi setelah itu tidak pernah hidup lagi walau satu detik (indikator chargernya masih nyala normal), kemungkinan kerusakan apa yang terjadi? laptop ini memang jarng sekali saya pakai mungkin kalau dirata2 seminggu sekali saya hidupkan karena saya punya laptop yang lain, mohon jawabannya terimakasih.

    Reply
    1. Samsiah

      Assalam penyakit laptop saya sama penyakitnx laptopx saudara panggah mohon di balas atau cara cara x gimana soalx laptop masih baru cuman jarang di pakai ……….mohon jawabannya terimakasih sebelumnya…..

      Reply
      1. anjay

        itu namanya no display. dan harus bawa ketukang service, resikonya tinggi mas bro kalau salah saat perbaikannya.

        Reply
        1. dee-nesia Post author

          bisa jadi begitu mas Anjay. Bener. Kalau terlalu beresiko, mending di bawa ke servis saja, kecuali berani nanggung resiko mbenahi sendiri dan akhirnya rusaknya tambah parah, hehe…. Tapi kan jadi belajar.

          Reply
          1. rachel

            harus ke tukang servis ya? ngomong” itu biasanyya yang rusak apa nya ya??

          2. dee-nesia Post author

            sebenarnya tidak harus sih….

            kalau berani dan mampu kenapa tidak dicoba sendiri. Kalau terlalu sulit, atau dah gagal perbaiki sendiri, ya terpaksa ke tukang service…..

  4. deni

    bisa di bantu gan,
    laptop saya acer, masalah nya setiap di pasang carjer layar nya mati, tapi kondisi laptop nya masih hidup dan ada suara windows, kalau carjer nya di cabut baru mau menyala lagi layar nya dgn cara menekan FN+F6(printah menghidupkan layar), tapi kalu dalam kondisi carjer di colokan saya pencet FN+F6 layar nya tidak mau menyala (hanya berkedip), saya sudah coba instal ulang windows nya, tpi masih seperti itu,
    Ada yg bisa bantu?

    Reply
  5. fauzan

    Min, Laptop saya mati total, ceritanya saya menginstal sebuah program tiba2 layarnya berubah berubah blue screen lalu restart sendiri berkali – kali setelah itu tidak hidup lagi, kira – kira bagian apa yang rusak, mohon bantuannya..

    Reply
  6. Ar ya

    Mas gini saya punya laptop toshiba,saat di charge baterainya lampu di laptop tidak hidup dan ketika saya menghidupkan laptop tidak ada respon sama sekali,kira kira solusi nya gimana ya gan.Mohon pencerahannya.Terima kasih

    Reply
  7. petwo

    malam bos,,
    mohon pencerahannya,laptop acer saya saat cas masuk tetapi pas mau nyalain tidak respon,kira2 kerusakannya damana ya bang,mksh

    Reply
  8. Nyssa

    Permisi, aku mau tanya. Laptop ku itu ga mau hidup kalo ga di charge.. jadi setiap mau dipakai harus sambil di charge, tapi ga pernah ke isi baterai nya.. itu kenapa ya? Dan sekarang laptop lu mati total karna harus selalu di charge setiap mau dipakai tapi saat di charge lampu tanda chargenya mati dan laptop ku ga bisa hidup sama sekali, cara mengatasinya gimana ya biar bisa ke charge lagi? Terimakasij

    Reply
  9. angelita

    digital volt meter untuk apa gan? dan cara menggunakannya ? soalnya laptop saya tidak hidup kalau tidak di charge.

    Reply
    1. dee-nesia Post author

      volt meter itu untuk mengukur tegangan listrik mbak. Pada umumnya ada dua jenis, digital dan analog.
      Cara menggunakan digital – ataupun yang analog – voltmeter adalah dengan menghubungkan kedua probe (ujung-ujung alat tes-nya yang serupa dengan ujung bolpoin itu) dengan tempat-tempat yang ingin diukur tegangan listriknya. Mudahnya seperti itu.
      Kalau sebelumnya mbak Angelita belum memiliki pengetahuan dasar tentang listrik, mending dibawa ke tukang servis saja mbak laptopnya. Agak riskan sih…. Mulai dari membongkar casing laptop, mengukur, menentukan mana yang rusak, dan sebagainya itu butuh lebih dari sekadar pengetahuan. Anda bakal perlu pengalaman.

      Kecuali anda yakin kalau nantinya gagal dan laptop anda tambah rusak itu bukan masalah dan dengan niatan memang mau belajar, ya silahkan dicoba. Kalau anda ragu dan agak-agak takut gitu, mending di bawa ke servis laptop saja.

      Reply
  10. diana

    mas notebook saya acer, awalnya muncul layar biru yang don’t turn off your power..terus saya diamkan saja. Tapi tiba2 layarnya mati jadi hitam..saya tekan power tidak nyala tp ada bunyi kipas, ada tanda2 yang menyala tp layar hitam. Gimana ya mas solusinya? charger tanpa batere pun sudah, tp tetap tidak bisa

    Reply
  11. Siti Mariam

    Nak tanya,laptop berbunyi,blank,ade ank panah saje,window dan dekstop tak muncul dan ade error.nk buat ape ye.

    Reply
  12. raja zaid

    misi saya mau tanya, laptop saya ketika dihidupkan tidak maumenyala tapi lampu on off nya nyala lalu mati gimana solusinya ?

    Reply
  13. Rika septiyani

    permisi saya mau tanya, laptop saya itu ketika di hidupkan tidak menyala tapi lampu on off nya nyala terus.awal mulanya laptop itu hidup dan sedang mendengarkan musik tapi tiba2 mati lampu dan laptop saya mati karena laptop pada posisi itu saya lepas batrenya. dan laptop saya itu acer E5-411-C2XS. bagaimanakah solusinya??? mohon bantuannya

    Reply
    1. Esther Yudi Post author

      Laptop Acer E5-411-C2XS ini sudah lumayan berumur mbak Rika. Rilis sekitar 2015. Seharusnya sih tidak ada masalah serius kalau kejadiannya begitu.
      Silahkan dicoba nyalakan dengan kondisi baterai terpasang.
      Apakah baterai masih bisa di charge? Kalau bisa kemungkinannya ada di Windows yang bermasalah. Kalau bisa masuk BIOS, lalu gunakan untuk booting seperti biasa.
      Kemungkinan Windows di install ulang masih bisa diselamatkan.
      Tentu dengan catatan bahwa masalahnya memang ‘hanya’ itu.

      Semoga bisa pulih mbak Rika….

      Reply
  14. Dhea

    Laptop saya punya masalah no.1 tapi laptop saya acer keluaran terbaru yang pakai baterai tanam, jadi gimana cara perbaikinya ya??

    Reply
    1. Art

      laptop hanya lampu power yg menyala..ini adalah tanda kerusakan motherboardnya..
      tanda lain kerusakn motherbor pd laptop..
      laptop tidak mau di shutdown ataupun direstart adalah tanda kerusakan mother boarnya..walaupun diinstal ulang akan ttetap sama krn yg rusak motherboarnya..
      art cell..
      terima service laptop hardware n sofware..insyaAlloh bisa..
      Depok..cimanggis..kelapa dua..
      WA 0856 9366 9995

      Reply
  15. Abil Nurmagomedov

    Notebook saya rusak sdh dari tahun 2016 pertamanya mati total dan sya bawa ke toko service tetapi karena harganya mahal sampai 700rb dan saya tdk ingin membebani ortu jadi sya biarkan. 2 tahun setelahnua saya penasaran lg untuk iseng nengok notebook saya dan coba menyalakannya dan bisa nyala tetapi harus dgn dicas, lampu indikator nya nyala, ada logo acer tetapi setelahnya ada tulisan ‘operating system not found’. Sya coba browsing ternyata hardisknya ga kebaca. Pertanyaannya apakah mungkin notebook sya diperbaiki walaupun sdh 2 thn dibiarkan?, dan gimana cara service nya secara otodidak? alat2 apa saja yg harus dimiliki/beli? Mohon bantuannya dgn sangat mastah.

    Reply
    1. Esther Yudi Post author

      Makasih Om….

      Sekadar saran, nyuplik boleh-lah…. tapi ya jangan malah terus nyari backlink di sini….

      Kemudian untuk nama, “ganksar” itu bagus, tapi kurang deskriptif, mending tambahkan “Tempat Service Laptop di Malang” gitu…

      Jadi yang didapat bukan cuman backlink, tapi ada kemungkinan juga akan dapat pengunjung juga, kalau ada pembaca posting ini yang berdomisili di Malang.

      Kemudian, benahi juga artikelnya, jangan copy-paste terus pergantian baris acak adul begitu… Eman mas…

      Sukses ya….

      Saya orang Malang juga….

      Reply
  16. Ardy

    Mau nanya gan saya punya laptop asus 452cp
    pas saya pake sempet nyala tapi cuma sebentar
    Abis itu mati total tanpa sebab lampu indikator power juga mati
    Jadi ga ada tanda” laptop hidup
    Padahal laptop saya belum lama beli
    Terus saya cek soket batre yang 8 itu pake multitester ada yang mati satu tapi semuanya idup
    Kira” kenapa ya gan laptop saya ?
    Bagaimana solusinya gan!?!?!? MOHON PENCERAHANYA

    Reply
  17. Hamba Allah

    Mau nanya… Laptop sy merc hp.. Ketika dihidupkan power lampunya tdk menyala.. Hanya lampu berwarna putih pd simbol wifi(f12) yg menyala. Ketika dicharger lampu cas nya menyala. Mohon solusinya ya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.