Cara Memperbaiki Cartridge Printer Ink Jet Semua Merk (Canon, Epson, Brother, dll)

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Cara memperbaiki cartridge printer yang kering atau buntu | Segala merk printer ink-jet, mulai dari Canon, HP, Lexmark, atau yang lain, bisa mengalami kerusakan cartridge. Jika kerusakannya itu karena jarang dipakai, maka biasanya cartridge akan kering. Kalau sudah begitu, maka tinta menjadi tersumbat tidak mau keluar. Cara memperbaikinya sebenarnya tidak terlalu sulit, meski terkadang membutuhkan lebih dari sekadar keberuntungan.

Penyebab cartridge printer kering atau buntu itu macam-macam. Biasanya sih karena agak lama tidak digunakan sama sekali. Kalau printer ink jet kita sudah agak berumur, tidak dipakai sama sekali selama seminggu saja sudah bisa kering dan akhirnya buntu. Penyebab lainnya, bisa saja karena penggunaan tinta non-original yang kualitasnya kurang bagus, sehingga mudah mengalami clogging.

Kalau sudah parah sekali sih, memang sebaiknya itu cartridge diganti saja. Sayangnya, harga cartridge printer ink jet itu bisa sekitar 60 – 70% harga unit printer baru dari jenis yang sama. Jadi ada kalanya, beli printer baru terasa lebih masuk akal. Tapi kalau ada cartridge lain yang bisa digunakan, atau kita tahu cara memperbaiki cartridge printer ink jet yang rusak karena kering dan buntu tadi, maka kita bisa menghemat beberapa ratus ribu rupiah. Lumayan banget kan?

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Ink Jet

Jika kerusakan cartridge itu karena printer terlalu lama tidak digunakan, cobalah langkah memperbaikinya seperti berikut:

  1. lepaskan cartridge dari printer dengan hati-hati. Usahakan tidak sampai menyentuh bagian belakang printer yang berupa bintik-bintik kuningan itu
  2. rendam cartridge printer dalam air hangat yang bersuhu maksimal 70 derajat Celsius. Cukup rendam bagian bawahnya saja, kurang lebih 0,5 cm
  3. perendaman dilakukan selama kurang lebih 15 menit
  4. angkat dan tiriskan sebentar
  5. lap dengan tisu atau kain yang halus. Upayakan menggunakan tisu yang bagus, jangan toilet tisu.
  6. isi cartridge dengan tinta jika kosong
  7. bersihkan bagian bawahnya
  8. nyalakan printernya, dan pasang cartridge tersebut
  9. cobalah untuk mencetak
  10. Jika perlu, gunakanlah tools maintenance dari aplikasi bawaan printer untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer

Jika langkah memperbaiki cartridge di atas masih gagal, cobalah sekali lagi. Jika tinta masih tidak mau keluar, maka kemungkinan cartridge printer anda sudah sama sekali rusak. Dengan catatan, printer dan cartridge tersebut tidak dalam keadaan butuh di reset.

Printer memang mempunyai bagian-bagian mekanis yang bisa aus karena bergerak dan panas. Selain itu, tinta yang berwujud cairan itu bisa saja merembes ke komponen elektronis di dalamnya. Apalagi ketika sudah lama tidak digunakan sehingga busa penyerap sisa tinta terbuang sudah terlampau kering untuk bisa menyerap. Sebaiknya memang tinta paling tidak digunakan satu minggu sekali.

Jika memang sedang sama sekali di anggurkan, cobalah untuk menyalakannya paling tidak seminggu sekali pula. Semoga tutorial cara memperbaiki cartridge printer yang buntu atau kering karena lama tidak digunakan di atas bisa membantu. Khusus buat anda yang printer-nya sudah minta ganti, jangan lupa baca juga Daftar Harga Printer Ink Jet Terbaru Semua Merk.

Loading...