Cara Membuat Password Yang Kuat Sulit Ditebak

Cara Membuat Password Yang Kuat Sulit Ditebak | Belakangan ini kita dikejutkan dengan berita tentang Heartbleed. Heboh banget, sampai beberapa situs meminta kita mengganti password akun kita. Untuk sekarang memang Heartbleed bug ini sudah bisa dianggap selesai. Karena OpenSSL sudah diupdate ke versi terbaru yang lebih aman untuk menutup lubang keamanan tersebut. Masalahnya, keamanan akun kita, baik password di laptop maupun password di akun online yang kita miliki itu tetap menjadi sasaran para hacker maupun cracker supaya bisa mengambil alih akun yang kita miliki. Seberapa sering kita menemui teman-teman yang akun FB-nya dibajak? Lumayan sering kan? Ternyata masalah pertama dari rentannya keamanan akun kita itu adalah karena password yang lemah, sehingga mudah ditebak. Berikut ini beberapa tips membuat password yang aman.

baca juga: Heartbleed Itu Apa?
Password Yang Kuat

Loading...

Buat password dengan kombinasi huruf, simbol, dan angka

Sekarang, rata-rata situs akan meminta password minimal 6 karakter. Beberapa bahkan minimal 8 atau lebih. Meskipun password anda sudah panjang, tapi jika itu berupa kata favorit anda, maka kemungkinan bisa ditebak dengan mudah masih tetap ada. Maka salah satu caranya adalah dengan menggabungkan huruf, simbol, dan angka.

Jangan menggunakan apapun yang berkaitan dengan data pribadi sebagai password

Dengan alasan supaya mudah mengingat, banyak sekali orang yang menggunakan informasi pribadi yang terkait dengan dirinya sebagai password, terutama ketika menggunakan angka. Misalnya tanggal lahir (baik tanggal ulang tahun sendiri maupun anggota keluarga yang lain). Ada juga yang menggunakan nama istri, nama anak, nama orang tua, nama selingkuhan, haha… Semua itu juga mudah ditebak. Apalagi oleh orang-orang yang secara fisik punya akses dengan anda.

Jangan pernah memberikan password anda pada orang lain

Yang ini benar-benar tanpa syarat. Lebih baik anda dengan jelas mengatakan bahwa ini bisa membahayakan mereka dari pada anda berbohong. Mereka akan segera tahu bahwa anda berbohong dengan password anda.
Tapi, meski begitu, lihat juga, seberapa bahayanya mereka mengetahui password anda. Lihat dulu siapa mereka, orang-orang iseng yang berbahaya atau orang yang tulus mau membantu anda. Terkadang, kita dituduh menyembunyikan sesuatu dari mereka ketika tidak memberikan password akun tertentu.

Supaya tidak lupa password

Ini memang merepotkan. Kita sudah membuat password yang bagus dan aman. Tapi ternyata jadi senjata makan tuan, alias kita sendiri yang lupa, jadi mubazir dech. Musti bagaimana dunk?

Manfaatkan saja aplikasi password manager seperti LastPass atau 1Password. Itu lumayan aman dan direkomendasikan banyak situs security untuk membantu mengamankan password dari pada anda menuliskan daftar password berupa file di komputer atau kertas. Semoga akun anda aman.

Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....