Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri di HP Cukup 5 Menit!

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri. Untuk sanak saudara yang rumahnya dekat, kita bisa saling berkunjung, beranjangsana, bersilaturahmi secara langsung. Untuk yang rumahnya jauh atau tidak memungkinkan untuk dikunjungi secara langsung, kita bisa mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri melalui WA – itu yang paling umum.

Ucapan selamat merayakan Idul Fitri di WA biasanya hanya berupa teks dengan sedikit tambahan, seperti sticker atau teks dengan variasi karakter dan font. Sedikit membosankan.

Padahal dalam waktu 5 menit saja, Anda bisa membuat kartu ucapan Idul Fitri yang bagus cukup pakai HP saja.

Ucapan selamat Idul Fitri berupa kartu akan lebih terasa personal bagi orang yang Anda beri ucapan. Bahkan, Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk animasi atau video yang bagus. Ini pastinya pas banget untuk Anda yang ingin menjajal berkreasi membuat konten ucapan selamat Idul Fitri.

Kali ini, kita akan ulas bagaimana cara mudah membuat kartu ucapan selamat Idul Fitri cuman pakai HP.

Kenapa pakai HP?

Karena HP punya kemampuan untuk itu dan juga hampir semua dari kita punya HP. Rada beda dengan laptop yang tidak semua orang punya.

Smartphone juga memungkinkan kita untuk mengerjakannya di sembarang tempat – sembarang waktu, sefleksibel itu. Bahkan jika ternyata kartu ucapan Anda tidak selesai dalam sekali pengerjaan juga tidak masalah, kita bisa menjedanya dan mengerjakannya lagi ketika ada waktu luang.

disclaimer:

Anda memang hanya akan butuh waktu 5 menit saja untuk membuatnya. Tapi ada syaratnya, karena Anda akan membuatnya menggunakan HP, maka koneksi internet yang bagus akan sangat membantu. Tapi yang terpenting adalah Anda tahu apa yang Anda inginkan. Pilihan template kartu ucapan Idul Fitri yang tersedia ada sangat banyak – dan semuanya bagus-bagus. Secara teknis ini memang hanya butuh 5 menit – kecuali Anda terlalu lama menghabiskan waktu untuk memilih dan terkagum-kagum dengan bagusnya desain yang disediakan.

Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri di HP

Apa saja yang kita butuhkan? Tidak ada yang secara khusus harus Anda siapkan.

Anda hanya perlu smartphone dengan akses internet yang lumayan tentu saja. Android atau iPhone sama saja. Keduanya bisa Anda gunakan.

Spesifikasinya bagaimana? Emmm…, minimal sih yang RAM-nya 2GB ya…, RAM lebih besar lebih baik.

Kalau yang lain-lainnya dee-nesia cukup yakin smartphone Anda bisa digunakan – mengingat smartphone yang dirilis dalam 2 tahun belakangan ini spesifikasinya rata-rata sudah bagus. Saya malah cuman pakai Xperia XZ1 jadul bekas limbah Jepang rilisan 2017 lalu.

Ayo kita mulai…

Jadi untuk membuat kartu ucapan selamat Idul Fitri kali ini, kita akan menggunakan Canva, aplikasi super duper keren serba bisa untuk membuat berbagai macam keperluan grafis.

Jika Anda belum punya aplikasinya di HP, silahkan download dulu di Google Play Store atau Apple App Store.

Download dan Install Canva Dari Google Play Store

Kalau sudah terinstall, buka aplikasi Canva-nya dunk….

Tampilan Awal Canva

Scroll sampai ke pilihan Cards (landscape). Atau kalau Anda mau cepat, ketik saja di kolom pencarian di bagian atas itu “idul fitri”, maka akan Anda akan langsung disuguhi buanyak banget pilihan template kartu ucapan selamat Idul Fitri.

Mau lebih cepet lagi? Klik di sini: link hasil pencarian kartu bertema lebaran.

Link tadi akan langsung mengarahkan Anda ke laman hasil pencarian di Canva.

Ketik Idul Fitri di kolom pencarian

Silahkan deh, pilih-pilih mana yang menurut Anda karakter desainnya paling sesuai dengan orang yang akan Anda buatkan kartu ucapan selamat ini.

Di bagian inilah yang sebenarnya paling lama. Pilihannya buanyak, dan semua bagus-bagus – jadi bikin lama milihnya…, hehe….

Tips cepat memilih template desain di Canva

Ok, supaya cepat, begini tipsnya….

  • tentukan dulu mau bikin kartu ucapan selamat Idul Fitri dengan orientasi portrait, landscape, atau square.
  • pilih template kartu ucapan Idul Fitri yang warna dominannya kira-kira sesuai dengan warna favorit orang yang Anda tuju. Kalau tidak tahu, pilih template yang terasa Idul Fitri banget, seperti hijau dan variasinya. Warna lain juga boleh. Ini hanya supaya cepat saja.
  • jangan terlalu pemilih, karena nantinya Anda bisa mengubah hampir semua komponen desain di dalam template.

Ok, template sudah ketemu. Untuk contoh ini, saya pilih yang ini:

Template yang saya pilih

Kalau ini sudah Anda rasa cukup, silahkan di download dan bagikan.

Tapi kalau cuman begitu, kurang menantang dunk….

Yuk, kita coba edit tipis-tipis.

Semua komponen dari template kartu ucapan selamat Idul Fitri yang kita pilih itu bisa diatur-atur, diganti, diputar, digandakan, atau digeser-geser.

Misalnya nih, kalau saya tap pada bagian background, maka akan muncul pilihan: delete, duplicate, color, effects, crop, flip, animate, transparency, position, dan nudge.

Saya akan ganti warnanya supaya gradasi dari bawah ke atasnya lebih kentara.

Mengganti warna latar belakang

Kemudian saya juga ingin mengubah ukuran ukuran teks “Idul Fitri 1440H” menjadi lebih besar. Menurut saya ukuran bawaannya itu terlalu kecil. Mari kita coba di size 60. Untuk font kita biarkan saja, itu sudah bagus.

Mengubah ukuran font

Tentu saja Anda bisa mengganti font yang digunakan. Pilihan font yang bisa dipilih juga banyak banget. Kalau yang ada ikon mahkota di kanan nama font itu berarti bisa digunakan kalau kita pakai akun Canva Pro.

Ada banyak pilihan font

Silahkan Anda coba sendiri untuk menambahkan atau menggeser obyek, menggatur transparansi, mengubah warna, mengubah spasi antar huruf atau baris.

Kalau sudah cukup puas dengan hasilnya, tap pada ikon panah ke bawah di sisi kanan atas aplikasi Canva itu. Akan muncul pilihan seperti ini, lalu tap pada pilihan Download a draft.

Tap Download a draft

Canva akan menyiapkan file Anda seperti ini:

Canva menyiapkan file gambar kartu ucapan selamat Idul Fitri untuk di download

Jika Anda belum pernah download file hasil editing di Canva, maka Canva akan meminta ijin akses ke foto, media, dan file di smartphone yang kita gunakan. Tentu saja Anda harus memberinya ijin. Kalau tidak ya filenya tidak akan bisa di download.

Beri ijin Canva untuk mengakses foto, media, dan file

Sekarang, kartu ucapan selamat Idul Fitri sudah tersimpan di gallery smartphone Anda dan siap dibagikan.

Download sudah berhasil, file tersimpan di gallery

Meskipun tadi itu pilihannya cuman mendownload sebagai draft, tetapi ternyata kualitas gambar yang kita dapatkan masih cukup bagus, dengan resolusi HD 1080 x 1920 piksel, sehingga masih sangat cukup untuk di share di WA maupun IG.

Ukuran file yang di download

Kalau mau lebih personal lagi, Anda bisa menambahkan teks “nama Anda dan keluarga mengucapkan” atau semacamnya.

Bagaimana? Mudah banget kan?

Selamat, Anda telah berhasil membuat kartu ucapan Idul Fitri pakai HP sendiri!!!

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.