Cara Membuat Kamera Android Lebih Jernih

Cara membuat kamera Android lebih jernih | Kamera Android kamu buram atau cenderung menghasilkan foto yang kabur atau berpendar? Coba ikuti tips membuat kamera Android lebih jernih berikut ini. Tidak ada jaminan bahwa setelah mengikutinya terus foto dari Android kamu jadi akan sekualitas hasil jepretan DSLR sih, hehe….

Sebelum kita teruskan tentang mengatasi foto kamera Android yang buram, sebaiknya kita tahu dulu mengapa hasil foto kamera Android kita buruk, sulit atau lama banget dapat fokus, tampak kabur dan pecah. Jadi nanti kita bisa lebih tepat dalam mengikuti tips cara membuat kamera Android lebih jernih ini.

Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab mengapa foto kamera Android jelek sampai kamu malu untuk upload ke Facebook atau akun medsos kamu yang lain. Kira-kira seperti ini:

Penyebab Foto Kamera Android Tidak Jernih

Karena memang kualitas kamera Android kamu buruk

Ini bisa terjadi pada beberapa Android berharga murah meriah yang lebih mementingkan fitur dasar sebuah handphone, yaitu untuk berkomunikasi dan mengakses internet. Sehingga fitur kamera-nya dibuat serendah yang mungkin. Dengan sensor kecil dan buruk yang membuat kamu malas banget menggunakan kameranya.

Untuk yang seperti ini, hampir tidak ada yang bisa kita lakukan. Cuman bisa mengupayakan obyek yang akan difoto mendapat cahaya yang baik. Itu saja. Diapa-apain kameranya memang jelek, jadi ya pasrah saja.

Aplikasi kamera bawaan yang kurang bagus

Ada loh merk Android tertentu yang kurang memerhatikan software atau aplikasi kameranya. Hampir tidak ada yang bisa diatur di dalam aplikasi kameranya itu. Biasanya sih ini untuk Android kelas bawah yang sebenarnya punya hardware kamera lumayan, tapi pembuatnya lebih memilih untuk segera merilisnya daripada menghabiskan tenaga untuk membangun aplikasi kamera yang lebih mumpuni. Toh, harganya murah kan? Hehe…

Terkadang, custom ROM yang kamu pakai juga membawa aplikasi kamera yang kurang bagus dibandingkan aplikasi kamera bawaan stock ROM. Kalau sudah begini, mau tidak mau ya musti cari aplikasi kamera yang lebih mumpuni. Ada banyak kog di luar sana. dee-nesia sih menyarankan Open Camera atau kalau bisa Google Camera.

Memotret dalam keadaan yang tidak optimal

Ini jadi nyrempet-nyrempet teknik fotografi sederhana. Tips mudahnya begini nih:

  • hindari cahaya kuat di belakang objek
  • usahakan kamera yang membelakangi cahaya, bukan objeknya
  • kalau terpaksa seperti itu, gunakan fitur HDR (kalau ada)
  • tidak usah gunakan zoom, mendekatlah pada objek
  • ndak usah takut mengambil banyak foto. Nanti bisa dipilih mana yang bagus dan hapus yang buruk
  • tenanglah, usahakan tangan atau objek kamu bisa diam ketika mengambil foto
  • kalau ada fitur manual, gunakan
Karena lensa atau kaca penutup lensa kotor / baret

Kamu heran, karena foto hasil kamera Android kamu sekarang jadi jelek, kabur, pecah, dan berkabut. Padahal dulu, ketika Android kamu itu masih baru, fotonya bagus dan jernih. Eh, kog sekarang jadi bikin mual begitu ya?

Biasanya, masalahnya terletak pada kaca penutup lensa yang kotor, buram atau bahkan baret ada luka goresan. Kalau Android kamu pernah terjatuh atau mungkin masuk ke air, bisa jadi ada jamur di daerah sekitar lensa kameranya. Intinya, lensa dan atau kaca penutup lensa tersebut kotor.

Sebelum Pakai Autosol
Sebelum Pakai Autosol
Setelah pakai Autosol. Lebih jernih kan?
Setelah pakai Autosol. Lebih jernih kan?

Cara Membuat Kamera Android Lebih Jernih

Setelah melihat beberapa kemungkinan penyebab diatas, tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk membuat foto Android jadi bagus ketika masalahnya terletak pada kualitas kameranya dan cara kita yang kurang tepat ketika mengambil foto. Tapi kita masih bisa mengupayakan ketika masalahnya terletak pada penutup lensa atau lensa kameranya yang kotor. Pertanyaannya adalah bagaimana cara membersihkannya?

Silahkan amati dulu lensa dan kaca penutupnya. Kalau memang kotor, buram, baret, atau ada bintik-bintiknya, baru lanjutkan ke langkah selanjutnya. Kalau ternyata bersih dan jernih, berarti bukan ini masalahnya.

Pertama, coba bersihkan dulu kaca penutup lensa dengan kain bersih yang lembut. Jangan pakai kertas tisu kalau bukan dari jenis yang lembut. Bisa dibersihkan pakai jari jempol tidak? Boleh, asal kamu yakin jempol kamu bersih dan tidak berminyak. Coba untuk ambil foto. Kalau masih jelek dan tidak jernih, teruskan ke langkah berikutnya.

Kedua, bersihkan kaca penutup lensa dengan pasta gigi. Bisa menggunakan pasta gigi merk apapun. Gunakan sedikit saja pada kain halus, lalu usapkan perlahan tapi agak kuat pada permukaan kaca penutup lensa. Usahakan mengusap tidak bolak-balik, tapi searah. Kalau susah, bisa juga dengan gerakan memutar. Tapi hati-hati ya… Kalau sudah, silahkan coba foto lagi. Semoga ini sudah cukup untuk membuat kamera Android kamu lebih jernih. Tapi kalau belum bagus juga, gunakan bahan selanjutnya.

Ketiga, bersihkan kaca penutup lensa dengan Autosol. Ini tidak terlalu dee-nesia rekomendasikan sebenarnya. Karena Autosol ini bersifat sangat korosif. Biasanya Autosol digunakan untuk membersihkan karat yang membandel. Resiko silahkan ditanggung sendiri ya….

Cara menggunakan Autosol untuk membersihkan kaca penutup lensa ya sama saja dengan menggunakan pasta gigi di atas. Bedanya, kamu harus lebih hati-hati. Gunakan sedikit saja. Tidak perlu banak-banyak. Dan nanti, kalau ternyata berhasil, sebaiknya jangan terlalu sering mengulanginya. Karena Autosol ini akan membuat kaca penutup lensa kamu jadi tipis.

Keempat, lepas kaca penutup lensa kamera Android. Ini benar-benar tidak direkomendasikan. Lalu kenapa masih ditulis? Karena ini adalah jalan terakhir untuk membuat kamera Android kamu jadi jernih. Dengan catatan masalahnya memang pada pada kaca penutup lensa yang sudah rusak parah dan kamu yakin kalau kamera Android kamu memang bagus, bukan kamera abal-abal.


Kalau masih jelek juga, itu artinya kamu sebaiknya mulai berpikir untuk membeli Android yang kameranya bagus, beli kamera compact, atau beli DSLR sekalian. Untuk beberapa waktu terakhir ini, kebanyakan kamera HP Android sudah sangat lumayan. Untuk harga satu jutaan, minimal kameranya sudah 5 MP dengan fitur autofocus dan HDR. Jangan lupa baca juga Tips Memaksimalkan Kamera Android Untuk Foto Yang Lebih Bagus.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 20,824 kali, hari ini 96 kali)
Loading...
  • Terima kasih atas postingan yang sangat membantu saya. Kebetulan saya sedang membutuhkan kamera/handycamp baru.