Cara Masuk Safe Mode di Android (Samsung, Sony, Oppo, LG)

Cara masuk safe mode di Android itu sebenarnya mudah sekali. Namun karena tidak setiap hari kita perlu membuat Android reboot dalam safe mode, jadinya juga banyak yang tidak tahu. Terlebih biasanya yang perlu masuk safe mode di Android itu hanya pengguna tertentu.

Secara umum, cara masuk safe mode di Android itu cuman ada dua cara. Dan ini berlaku di semua merk dan tipe Android. Entah kamu pakai Samsung Galaxy, Sony Xperia, LG, Oppo, atau merk lain. Ada yang membutuhkan perlakuan khusus sih, misalnya pada merk HTC.

Sebenarnya, posting cara masuk safe mode di Android ini ada kaitannya dengan posting sebelumnya, yaitu Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Install Sendiri. Barangkali kamu juga mengalami masalah yang sama, silahkan baca lebih jelas di posting tadi.

Kapan perlu masuk safe mode di Android?

Sama seperti di Windows, ketika Android restart dan masuk ke safe mode, maka dia hanya akan menjalankan aplikasi bawaan alias system Android itu sendiri saja. Beberapa aplikasi dari pembuatnya juga masih bisa dijalankan.

Itu artinya, Android yang masuk safe mode akan berjalan secara minimalis. Tidak akan terganggu dengan aplikasi pihak ketiga yang di install (atau terinstall tidak sengaja) oleh pengguna.

Karena aplikasi lain-lain ini tidak berjalan, maka teorinya pengguna bisa mematikan atau uninstall aplikasi tersebut. Dari situlah, berbagai masalah pada Android bisa diselesaikan hanya ketika berada dalam safe mode ini.

Loading...
Cara Masuk Safe Mode di Android
Cara Masuk Safe Mode di Android

Beberapa masalah yang bisa diselesaikan ketika berada dalam safe mode diantaranya adalah:

  • aplikasi yang tanpa ijin terinstall sendiri
  • Android sering hang tidak responsif
  • Aplikasi sering berhenti mendadak atau force close
  • Indikator kapasitas baterai yang kacau atau tidak akurat
  • dll.

Cara masuk safe mode di Android

Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk masuk safe mode di Android (untuk versi Android 4.1 Jelly Bean dan yang lebih baru), seperti ini:

1. Matikan Android kamu, lalu nyalakan lagi. Setelah menekan tombol power, silahkan tekan tombol volume up dan volume down bersamaan sampai proses booting selesai. Ini akan butuh waktu agak lama jadi bersabarlah.

2. Tekan tombol power pada Android agak lama kamu sampai muncul pilihan. Tekan agak lama pada opsi Power Off. Ini akan memunculkan pilihan untuk reboot dan masuk ke safe mode.

Yang kedua ini lebih mudah, karena tidak harus beradu fisik dengan tombol volume up dan volume down, hehe…

Ow iya…, ada tambahan khusus untuk teman-teman yang memakai Android merk HTC.

Kamu harus mematikan fitur fast boot terlebih dahulu, baru bisa masuk safe mode. Emmm, caranya? Mudah kog. Masuk ke menu Setting, cari pilihan Power Option, hilangkan centang pada opsi fast boot. Sekarang, kamu bisa lakukan langkah masuk safe mode di Android seperti di atas itu.

Untuk kembali ke mode normal, ya tinggal matikan Android kamu dengan menekan tombol Power agak lama, tap pada pilihan Power Off. Setelah mati, lalu hidupkan lagi dengan menekan tombol power. Sudah gitu saja. Semoga masalah yang sampai membuatmu masuk safe mode di Android bisa selesai ya….

(Visited 2,551 times, 1 visits today)
You might also like
5 Comments