Bagaimana Memilih Kata Yang Tepat Untuk Posting Blog Anda

Memilih kata. Pernahkah anda terpikir bahwa apa yang anda tuliskan di blog anda, atau tepatnya pilihan kata yang anda pakai untuk mengungkapkan ide anda di postingan anda akan sangat berpengaruh pada keberhasilan blog anda? Blog yang berhasil? Maksudnya? Maksud saya adalah seberapa besar peran suatu postingan anda bagi traffic yang diterima blog anda.

Saya kira anda setuju bahwa salah satu tujuan kita menulis di blog adalah supaya tulisan atau ide yang kita sampaikan di postingan kita itu bisa dibaca oleh sebanyak mungkin orang. Perkara bahwa pengunjung blog kita itu akan menge-klik iklan yang kita tebarkan di halaman blog, itu urusan lain. Kecuali kalau tujuan utama anda adalah cari uang dari blog anda itu.

Saya tidak akan membahas mengapa kita membuat blog pada postingan Bagaimana Memilih Kata Yang Tepat Untuk Posting Blog Anda ini, tetapi saya akan membahas bagaimana memilih kata yang tepat untuk postingan anda supaya bisa membuat blog anda berhasil menarik lebih banyak pengunjung.

Tentu saja hal ini akan berkait langsung dengan yang sering dibahas para suhu blogger itu, keyword.
Saya menemukan sebuah postingan bagus yang membahas bagaimana mendapatkan keyword yang tepat untuk blog anda. Silahkan dikunjungi.

Kata atau keyword yang tepat untuk blog anda akan mempermudah optimasi SEO yang anda lakukan.
Mari kita mulai saja.

Bagaimana Memilih Kata Yang Tepat Untuk Posting Blog Anda
Loading...

Anda tentu pernah mendengar bahwa memilih kata-kata dan menyusun mereka menjadi kalimat yang bagus adalah prasarat untuk menulis dengan baik. Menulis bukanlah proses sekali jadi. Setiap kata yang anda pilih untuk dirangkai menjadi kalimat bisa membawa pengaruh bagi tulisan anda secara keseluruhan. Benar juga kiranya jika anda berpendapat bahwa perkara ‘diksi’ atau pilihan kata bersifat subjektif yang menjadi hak prerogatif masing-masing penulis, tetapi ada baiknya jika kita melihat proses bagaimana kita memutuskan untuk memakai kata tertentu dan bukan kata atau frase yang lain untuk mengungkapkan ide.

Pentingnya membaca ulang dan mengedit postingan sebelum benar-benar mempostingnya
Sangat penting untuk diingat bahwa dengan membaca ulang dan melakukan editing, anda akan semakin memperkuat tulisan anda itu supaya menjadi lebih bagus, komprehensif, mudah dicerna, dan menarik. Saya sendiri merasa terlalu sering menggunakan kata ‘yang’ secara berulang-ulang, sampai ketika saya cek di Google Webmaster, blog dee-nesia ini sangat kuat posisinya untuk kata ‘yang’. Sama sekali tidak saya inginkan. Sangat baik jika kita bisa ‘menemukan’ kata atau frase lain untuk mengungkapkan suatu hal. Kalau anda hobi membaca novel, anda akan mendapati bahwa ide dasar para penulis besar itu sebenarnya bukanlah sesuatu yang besar, tetapi hal yang sangat sederhana. Cara mereka memilih kata dan memilinnya menjadi kalimat yang utuh demi rangkaian cerita penuh-padat-pejal itulah yang membuat novel atau cerpen mereka dikenal dan dikagumi banyak orang.

Terkadang kita memerlukan jeda, membaca ulang suatu kalimat begitu kalimat itu tertulis. Kadang beberapa kalimat perlu di parafrase-kan ulang. Terkadang malah seluruh isi paragraph perlu ditata ulang atau bahkan diganti supaya ide anda terlihat lebih jelas. Jelasnya, kita perlu mencari jalan lain, kalimat lain untuk mengungkapkan satu ide.

Jika anda merasa mentok dengan suatu kalimat, paragraph, atau bahkan seisi postingan anda, coba tinggalkan netbook anda, lalu kembalilah setelah sepuluh menit, anda akan menemukan kata atau kalimat yang lebih ramah dan tepat untuk ide anda itu.

Jika anda masih merasa mandeg juga, silahkan gunakan fasilitas gratis dari program pengolah kata yang anda pakai. Klik kanan pada kata dimana anda merasa ‘habis’, lalu cari synonymnya. Ini akan memaksa otak anda untuk membuka terhadap kemungkinan cara pengungkapan ‘lain’ dari ide anda itu. Terutama jika anda tidak mau terbaca terlalu teknis atau selalu memakai jargon yang itu-itu saja.

Bagaimana? Saya sungguh mengharapkan masukan dari anda. Jika anda mempunyai hal-hal lain tentang Bagaimana Memilih Kata Yang Tepat Untuk Posting Blog Anda ini, saya undang anda untuk berkomentar.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....