Apa Perbedaan Xeon dengan Core i7/i5?

Perbedaan Xeon dan Core i7/i5 | Keduanya punya spesifikasi yang bisa dibilang mirip di setiap varian mereka. Dan tentu saja ada yang bertanya apa perbedaan Xeon dan Core i7/i5? Anda juga kan? Pertanyaan ini umum dan biasa muncul ketika anda akan merakit atau membeli komputer gaming atau PC untuk kerja super berat. Dan yang paling umum diketahui orang tentang perbedaan Xeon dengan Core i7/i5 adalah bahwa Xeon itu untuk komputer server, sementara Core i7/i5 itu lebih untuk komputer biasa yang difungsikan sebagai komputer untuk pekerjaan berat.

Apakah Xeon cocok untuk main game? Atau sebaliknya, apakah Core i7/i5 bisa dan efektif digunakan sebagai processor komputer server?

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, marilah kita lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing processor kelas atas dari Intel ini.

Kelebihan Intel Core i7/i5 Pro

Overclocking – Processor Core i7 dan i5 memang didesain untuk bisa di overclock. Artinya mereka dirancang untuk mampu bekerja pada clock cpeed yang lebih tinggi dari kualifikasi yang dicantumkan. Tentu ini ada urusannya dengan tegangan kerja dan setting BIOS yang tepat. Dengan begitu, karena bekerja pada clock speed yang lebih tinggi, membuat mereka bekerja lebih gegas. Sementara Xeon tidak dirancang untuk melakukan overclock.

Kecepatan dibanding harga – Jika anda tertarik menghitung perbandingan clock speed yang ditawarkan, maka anda akan melihat kalau harga Intel Core i7/i5 itu lebih murah dari seri Xeon. Rata-rata, untuk clock speed yang sama, harga Xeon lebih mahal $50.Xeon vs Core i7/i5

Loading...
On board graphics – Inilah penyebab utama mengapa processor Intel Core i7/i5 itu lebih cocok digunakan pada komputer normal, bukan server, yaitu karena semua varian Core i7 dan i5 (dan juga semua Intel Core) itu sudah integrated dengan GPU-nya. Sebaliknya, tidak semua seri Xeon datang dengan GPU yang menyatu. Yang membawa GPU justru Xeon seri bawah. Itu artinya, hampir tidak mungkin membangun PC dengan Xeon tanpa memasang discreet video card tersendiri.

Jika tujuan anda membangun atau merakit PC adalah untuk gaming, maka bisa jadi integrated GPU tidak akan cukup untuk anda, sehingga Xeon sebenarnya adalah pilihan bagus.

Untuk penggunaan komputer rumahan, biasanya, GPU bawaan i7/i5 itu sudah cukup.

Kelebihan Processor Xeon

L3 cache – Cache CPU itu bisa menjaga processor bekerja lebih optimal dengan mempercepat aplikasi tertentu. Kebanyakan processor Xeon memiliki antara 15-30MB L3 Cache, tergantung dari tipe-nya. Ini kurang lebih 2 kali lebih besar dari yang dimiliki Core i7. Keberadaan L3 cache inilah yang menjadi penyebab mengapa Xeon bisa bekerja lebih cepat dan efektif ketika menjalankan aplikasi super berat dibandingkan dengan i7/i5.

Dukungan terhadap ECC RAM – Error Checking and Correction (ECC) RAM akan mendeteksi dan memperbaiki data corruption yang sering terjadi bahkan sebelum terjadi. Sehingga, dengan kemampuan ini, Xeon bisa menghilangkan banyak sekali kemungkinan terjadinya crash dan membuat sistem berjalan lebih stabil tanpa mengorbankan kinerjanya. Intel hanya menerapkan dukungan atas ECC RAM pada seri Xeon.

Jumlah inti yang lebih banyak – Jika anda memerlukan untuk menjalankan aplikasi yang mensyaratkan jumlah core sebanyak mungkin, maka Xeon adalah yang anda butuhkan. Processor Xeon v3 memiliki 12 core, yang artinya, dengan menggunakan Hyperthreading, anda akan memiliki 24 core. Pada processor Haswell-E i7-5960X, anda hanya akan punya 8 core.

Daya tahan lebih untuk kerja berat dan lama – Xeon dirancang untuk menangani pekerjaan berat terus menerus dalam waktu yang lama. Itu sebabnya dia cocok sebagai processor komputer server. Jika anda membutuhkan komputer yang bisa diajak kerja keras berhari-hari, Xeon adalah pilihan yang lebih baik.

Hyperthreading dengan harga lebih murah – Semua kelebihan Xeon harus ditebus dengan harga yang relatif lebih mahal dibanding Core i7 atau i5. Tapi tidak dengan fitur Hyperthreading-nya. Semua seri Xeon diberi fitur Hyperthreading. Sementara processor i5 tidak. Jika anda menjalankan aplikasi yang butuh spesifikasi semacam ini, maka Xeon bisa jadi lebih murah.

Jadi?

Mana yang anda pilih? Jawabannya sangat tergantung dengan akan dipakai untuk apa komputer anda nanti.

baca juga:

Jika anda ingin komputer gaming rumahan dan kerjaan seputar Office, dimana clock speed lebih penting dari pada jumlah core, dan harga masih menjadi perhatian utama anda, maka Intel Core i7/i5 masih menjadi pilihan terbaik anda.

Namun, jika anda seringkali bekerja misalnya berkaitan dengan CAD design, 4K video, 3D render yang akan sangat diuntungkan dengan dukungan pada ECC RAM, cache yang lebih besar, maka jangan berpaling dari Xeon, meski artinya anda harus bayar lebih mahal.

Sekedar gambaran, inilah beberapa workstation desktop intel xeon yang bisa anda beli. Buat yang masih pertama kali melihat harga workstation PC pakai Xeon, jangan kaget ya…

(Visited 2,408 times, 30 visits today)
Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....