Antivirus Lokal Yang Bagus Selain Smadav

Antivirus Lokal Yang Bagus Selain Smadav (dulu…) | Saya tidak tahu pasti data statistik pengguna antivirus lokal di Indonesia, tapi dari orang-orang yang saya kenal, kebanyakan memakai Smadav. Saya sendiri juga. Nyaman saja. Minimal memberi rasa aman ketika terpaksa mencolokkan flash disk orang lain atau punya sendiri setelah dipasang di komputer lain. Dan selama ini saya belum mengalami masalah berarti karena penggunaan Smadav.

Nah, iseng-punya-iseng, saya penasaran, apakah di Indonesia ini cuman ada Smadav sebagai antivirus lokal? Kebetulan pula saya kecantol dengan salah satu posting di portal paseban yang membahas antivirus lokal Indonesia.

ARTAV

Saat pertama dirilis beberapa tahun lalu, Artav sempat menjadi perbincangan yang ramai, karena pembuatnya masih sangat muda. Masih SMP. Arrival Dwi Sentosa namanya. Dia membangun Artav dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6 dengan C++. Beberapa fitur utamanya adalah ART Hybscan teknologi Hybrid Scan, sebuah proses scan file yang cukup cepat, detail serta tentunya dengan tingkat keakuratan yang sangat tinggi.

Juga ada fitur ART Repair untuk melakukan restorasi data atau file  yang hilang akibat virus. Fitur ini juga bisa melakukan perbaikan pada Registry Windows yang rusak oleh virus. Tidak hanya sebagai antivirus saja, ARTAV juga menyediakan internet filtering untuk pemblokiran situs yang tidak diinginkan seperti pornografi, perjudian dan lain-lain.

Anda bisa mengunduh ARTAV secara gratis di sini dengan ukuran file hanya 1.6 MB. Sayangnya, sekarang Artav mati. Semoga hanya mati suri, mengingat kemampuan yang dimiliki pembuatnya terhitung luar biasa.

Download Smadav Terbaru

Loading...

PCMAV

Kalau yang ini beda, antivirus lokal yang dibuat oleh tim khusus dari PCMedia, sebuah majalah teknologi dan komputer besar di Indonesia. Masih tetap berjalan sampai sekarang, rata-rata tetap mendapat update setiap bulannya.

Fitur PCMAV juga bagus. Antara lain:

  • Real time protection yang mampu mencegah malware aktif pada memori
  • Link Protector memungkinkan Anda lebih aman dalam menjelajahi dunia maya karena fitur ini dapat mencegat website berbahaya yang sering menyebarkan malware
  • AntiKeystroke yang sangat handal dalam mencegat perekaman tekanan tombol keyboard oleh program keylogger.  Membuat pengguna lebih merasa nyaman tanpa adanya “penyadapan” dari oknum tidak bertanggung jawab
  • mendeteksi virus yang ada dalam file terkompresi

PCMAV dapar Anda unduh secara gratis di sini dengan ukuran hanya 85 MB. Tapi jangan terkejut ya, meskipun masih aktif, tapi situs resminya lambat banget dibuka.

ANSAV

Ini salah satu antivirus lokal favorit saya, dulu. Karena sekarang dia juga mati. Situsnya sudah tidak bisa diakses. Eman banget sebenarnya. Setahu saya, update terakhirnya tahun 2009 lalu. Mungkin pengembangnya sudah sibuk dengan proyek lain. Semoga berhasil, hehe….

ANSAV dikembangkan oleh developer AnLab Software. Dengan ukuran file cukup kecil, hanya mencapai 721 Kb, masih mau mencoba? Barangkali saja sekarang sudah kembali aktif, hehe…. Anda bisa unduh di sini.

N-Shield Antivirus

Sayangnya juga, antivirus lokal yang ini juga sudah mati. Lahir pada tahun 2009, update terakhirnya adalah pada Agustus 2011 lalu. Sebenarnya N-Shield cukup bagus, dia bisa mendeteksi virus dengan teknologi rootkit dan melihat virus yang tidak terlihat pada memory maupun hidden process.

N-Shield dapat Anda unduh secara gratis di sini dengan ukuran file hanya 13 MB untuk sistem operasi Windows.

Tidak tahu mengapa kebanyakan antivirus lokal mati tidak melanjutkan updatenya. Mungkin karena hampir tidak ada profit yang didapat pembuatnya. Semua suka gratisan. Giliran ada versi berbayar maka orang mencari versi bajakannya. Dan itu membuat mereka memutuskan untuk berhenti. Kalau tidak mau bayar ya pakailah versi gratisnya saja, tidak perlu pakai versi bajakannya. Toh, sama bagusnya juga. Kalau ada rejeki, baiklah kita memberi donasi sebagai bentuk penghargaan dan ungkapan terima kasih atas usahanya buat kita sebagai pengguna. Jangan lupa untuk Download Smadav Terbaru [Latest Update].

Loading...