AMD Radeon RX Vega 6 APU bawaan Ryzen 5 4500U Sanggup Untuk Main Game Berat?

AMD Radeon RX Vega 6 adalah modul pengolah grafis terintegrasi bawaan processor Ryzen 5 APU dari generasi Renoir (Ryzen 4000 mobile series) yang dirilis pada awal 2020. Modul grafis ini dibangun berdasarkan arsitektur Vega (GCN generasi ke 5) yang memiliki 6 CUs, yang berarti membawa 384 shaders dari 704. Frekuensi kerjanya sendiri bisa sampai 1500 MHz. Jika dibandingkan dengan Vega 6 yang terpasang pada generasi sebelumnya – Raven Ridge (Ryzen 2000 mobile), ada peningkatan frekuensi lumayan lebih tinggi: 1500 vs 1100 MHz).

Secara umum kinerja grafis AMD Radeon RX Vega 6 versi ini tergantung dengan konfigurasi TDP dari pabrikan laptop yang menggunakannya. Karena memang setiap vendor memiliki akses untuk mengatur TDP mulai dari 12 sampai 54 watt. Selain setting TDP dari vendor pembuat laptop, kinerjanya juga dipengaruhi oleh limitasi kecepatan processor yang diikutinya, sistem pendingin pada laptop, dan juga konfigurasi modul RAM yang digunakan.

Logo AMD Radeon RX Vega 6

Pengolah grafis ini akan mendapatkan kinerja maksimal dengan penggunaan konfigurasi RAM dual-channel DDR4-3200 yang didukungnya. Meskipun juga masih bisa dengan konfigurasi single-channel DDR4-2133.

Dukungan atas DirectX 12 Feautre Level 12_1 juga sedikit banyak membantu kinerja Radeon RX Vega 6 versi Renoir ini untuk menjalankan aplikasi berbasis 3D dengan lebih baik lagi.

Meskipun processor AMD Ryzen dengan APU Radeon RX Vega 6 ini bukan ditujukan untuk pasar laptop gaming kelas high-end, tetapi ada banyak judul game AAA yang bisa Anda mainkan dengan lancar – tentu saja dengan melakukan kompromi pada beberapa setting grafisnya.

Benchmark AMD Radeon RX Vega 6 pada Ryzen 5 4500U



Jika mengacu pada benchmark sintentik, Vega 6 versi ini kira-kira setara dengan GeForce MX150. Untuk kinerja gamingnya, kira-kira posisinya berada di antara GeForce MX230 dan MX150.

Selain pada AMD Ryzen 5 4500U, RX Vega 6 juga terpasang pada Ryzen seri 4000 yang lain, seperti AMD Ryzen 3 3400U (5-core) dan Ryzen 7 4700U (7-core). Anda bisa menemukan mereka digunakan pada laptop tipis, ringan, dan harga terjangkau tetapi tetap menawarkan kinerja yang cukup tangguh di kelasnya.

Radeon RX Vega 6 yang menjadi bagian dari AMD Ryzen 5 4500U ternyata lebih unggul, cepat, dan efisien jika dibandingkan dengan pengolah grafis integrated dari Intel yang kita bisa temukan pada seri UHD mereka.

Semua kinerja bagus ini, tidak terlepas dari proses manufaktur 7nm yang telah disempurnakan dan juga fitur power-saving yang semakin optimal. Sehingga, Anda bisa menemukan AMD Ryzen 5 Renoir series dengan RX Vega 6 pada laptop yang lebih tipis, lebih enteng, tetapi tetap bertenaga, baik untuk pekerjaan yang berhubungan dengan grafis, rendering 3D, maupun multimedia dan content creation.

Disclaimer:

Artikel ini adalah terjemahan dengan perubahan dari artikel asli yang bisa Anda baca di: www.notebookcheck.net/ dan laptoping.com

Spesifikasi AMD Radeon RX Vega 6 pada Ryzen 5 4500U

GPU Name AMD Radeon RX Vega 6 “Renoir”
GPU Type Integrated graphics (uses laptop’s RAM as video memory)
Execution Units, Cores, Shaders 6
Core Clock Speed 1500 MHz
Video Memory Size Shared main memory, depends on system
Memory Type DDR4 shared system memory
Video Memory Speed Depends on system
Production Technology 7-nanometer
Year of Release 2020
Codename Vega Renoir
Architecture Vega
Pipelines 384 – unified
Core Speed 1500 (Boost) MHz
Shared Memory no
DirectX DirectX 12_1
technology 7 nm
Features Tiled Rasterization, Shared Memory (up to Dual-Channel DDR4-2400)

Today's Best Deals!!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.