dee-nesia
mencari dan berbagi

AMD FX-9830P APU Generasi 7 Yang Semakin Tangguh Untuk Gaming

AMD FX-9830P adalah processor SoC untuk laptop menengah dari seri Bristol-Ridge APU (APU generasi 7) yang diumumkan pada pertengahan 2016 lalu. Untuk saat ini, AMD FX-9830P masih menjadi APU Bristol-Ridge tergegas dengan TDP 45 Watt. Secara khusus dia menggantikan posisi AMD FX-8800P dari generasi Carrizo yang TDPnya 15 sampai 35 Watt.

AMD FX-9830P ini adalah processor quad-core yang terbagi menjadi dua modul excavator yang masing-masingnya terdiri dari 4 unit integer dan 2 unit Floating Point.

Sebagai processor berjenis APU, FX-9830P ini membawa GPU berupa Radeon R7 dan juga kontroler memory dual channel DDR4-1866. Demikian juga handle atas semua I/O ports juga ditangani oleh chipset yang terintegrasi di dalamnya.

Tentang arsitektur Bristol Ridge

Sebagai penerus Carrizo, Bristol Ridge membawa sejumlah peningkatan yang signifikan meskipun secara desain, mereka berdua hampir identik. Peningkatan yang dihasilkan ini bisa terwujud berkat optimasi pada proses manufaktur dan juga Boost Behavior yang lebih agresif. Cukup lumayan, sehingga dia bisa menghasilkan frekuensi kerja yang lebih tinggi pada tingkat konsumsi daya yang sama.

Loading...