AMD FX-9830P APU Generasi 7 Yang Semakin Tangguh Untuk Gaming

AMD FX-9830P adalah processor SoC untuk laptop menengah dari seri Bristol-Ridge APU (APU generasi 7) yang diumumkan pada pertengahan 2016 lalu. Untuk saat ini, AMD FX-9830P masih menjadi APU Bristol-Ridge tergegas dengan TDP 45 Watt. Secara khusus dia menggantikan posisi AMD FX-8800P dari generasi Carrizo yang TDPnya 15 sampai 35 Watt.

AMD FX-9830P ini adalah processor quad-core yang terbagi menjadi dua modul excavator yang masing-masingnya terdiri dari 4 unit integer dan 2 unit Floating Point.

Sebagai processor berjenis APU, FX-9830P ini membawa GPU berupa Radeon R7 dan juga kontroler memory dual channel DDR4-1866. Demikian juga handle atas semua I/O ports juga ditangani oleh chipset yang terintegrasi di dalamnya.

Tentang arsitektur Bristol Ridge

Sebagai penerus Carrizo, Bristol Ridge membawa sejumlah peningkatan yang signifikan meskipun secara desain, mereka berdua hampir identik. Peningkatan yang dihasilkan ini bisa terwujud berkat optimasi pada proses manufaktur dan juga Boost Behavior yang lebih agresif. Cukup lumayan, sehingga dia bisa menghasilkan frekuensi kerja yang lebih tinggi pada tingkat konsumsi daya yang sama.

Kontroler memori-nya juga sekarang mendukung modul RAM DDR4, sampai 2400 MHz.

AMD FX-9830P
AMD FX-9830P

Kinerja AMD FX-9830P

Dengan peningkatan sedikit di sisi frekuensi kerja, performa AMD FX-9830P lebih bagus dari model sebelumnya AMD FX-8800P dan bisa dengan mudah bersaing dengan processor Intel dari generasi Sky Lake dan Kaby Lake.

Loading...

Secara umum, jika dibandingkan dengan processor dari Intel, chip AMD rata-rata lebih bagus dalam skenario multi-thread, tetapi agak ketinggalan ketika di single atau dual-thread.

GPU AMD Radeon R7

GPU Radeon R7 (Bristol Ridge) membawa 512 active shader unit – dengan 8 computing cores – bekerja dengan frekuensi sampai 900 MHz (AMD FX-9800P hanya sampai 758 MHz).

Peningkatan ini bisa diraih berkat efisiensi penggunaan frekuensi kerja yang lebih tinggi dan juga tentu saja dukungan modul RAM DDR4. Kinerja grafis-nya bisa meningkat lebih tinggi dari Radeon R7 Carrizo dan kurang lebih sama dengan GPU diskrit NVIDIA GeForce 920MX. Jika digunakan dengan dual-channel memory, banyak judul game yang dirilis pada 2015-2016 akan bisa dijalankan dengan mulus, meski sebaiknya dijalankan pada setting low.

Konsumsi daya AMD FX-9830P

TDP AMD FX-9830P ini lumayan tinggi, yaitu sebesar 25-45 Watt, yang kurang lebih sama dengan TDP rata-rata processor dari Intel H-series. Ini artinya, AMD APU FX-9830P ini dibuat untuk laptop dengan layar 15 inci keatas yang tidak takut dengan desain agak tebal dan lumayan berat.

Disclaimer:

artikel ini adalah terjemahan dari https://www.notebookcheck.net/…. dee-nesia berupaya untuk memberikan informasi yang tepat dan benar. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada kekeliruan di sana-sini, dan tidak menyarankan penggunaan artikel ini sebagai rujukan teknis yang sahih….

(Visited 602 times, 1 visits today)
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.