AMD FX-8800P Carrizo Processor Laptop Kasta Tertinggi Dari AMD

AMD FX-8800P adalah processor dari seri Carrizo terbaru yang menjadi seri tertinggi line-up processor AMD untuk laptop. Pihak AMD mengklaim bahwa AMD FX-8800P sebagai true SoC dimana sebuah processor membawa semua perangkat yang dibutuhkan dan bisa bekerja tanpa bergantung keberadaan periferal lain.

Carrizo adalah processor AMD APU generasi ke 6. APU itu apa sih? APU adalah istilah yang dipakai AMD untuk menyebut seri processornya yang di dalamnya sudah ada GPU dan CPU yang digabungkan. Sama seperti Intel yang di dalam processornya juga sudah ada GPU berupa Intel HD Graphics. Kecuali beberapa seri Intel Xeon.

AMD FX-8800P membawa dua modul Excavator CPU (dengan 4 unit integer dan 2 unit FP yang membentuk 4 core). Sebagai tandem GPU-nya, ada kartu grafis Radeon R7 dengan 8 inti (512 shaders), sebuah memory controller DDR3-2133 dengan TDP 35 watt dan juga sebuah video engine dengan UVD 6 yang menjadi penanggung jawab decoding video HEVC/H.265. Ini membuatnya secara native sudah bisa memutar video 4K dengan lancar.

Yang unik dari AMD FX-8800P adalah performa CPU dan GPU-nya bisa diatur sesuai dengan konfigurasi TDP dari laptop yang memakainya. Jadi performanya bisa bervariasi sesuai dengan setting TDP dari laptop tersebut.

Carrizo

Loading...

Hemat Energi

Sebuah laptop bisa mengatur dan menyesuaikan TDP-nya mulai dari mulai 12 watt sampai 35 watt. Yang mempengaruhi besaran TDP ini adalah sistem pendinginan dan ukuran fisik si laptop. Semakin tipis laptop, maka kemungkinannya akan semakin rendah juga TDP-nya. Semakin tebal laptop itu, maka dia punya ruang lebih luas untuk memasang sistem pendingin yang lebih kuat, maka TDP-nya bisa diatur tinggi.

Jadi, jangan heran kalau menemui si AMD FX-8800P ini skor CPU dan GPU-nya bisa variatif, mulai dari 1992 (15 watt) sampai 2753 (35 watt). Atau ada perbedaan sampai 38% lebih tinggi. Tinggal lihat kebutuhan komputasi kita saja.

Menurut klaim AMD, FX-8800P yang berjalan pada TDP 35 watt memiliki skor 12% lebih tinggi pada Cinebench single-thread, dan sampai 15% lebih tinggi pada Cinebench Multi-threaded, dibandingkan dengan AMD FX-7600P. Ketika berjalan pada TDP rendah – 15 watt – kira-kira dia bisa 40% sampai 55% lebih tinggi dari Kaveri FX-7500 APU yang dijalankan pada TDP 19 watt.

Peningkatan kinerja pada TDP yang sama atau bahkan lebih rendah dari versi sebelumnya ini membuktikan komitmen AMD untuk penghematan energi yang besar.

Dalam proses perancangan dan pembuatan AMD FX-8800P atau seri Carrizo pada umumnya, AMD fokus pada peningkatan efisiensi daya. Secara khusus mereka ingin skor yang bagus pada TDP rendah, pada kisaran 15 watt.

Ini membuat AMD harus menggunakan desain processor yang full SoC, inti processor yang menggunakan model Excavator yang memungkinkan tingkat kepadatan transistor di dalamnya supaya bisa lebih efisien dari sisi energi. Yang diharapkan adalah sebuah processor yang bisa bekerja dengan lebih baik dengan konsumsi daya yang serendah-rendahnya. Dibandingkan dengan seri Kaveri, AMD mengklaim Carrizo bisa lebih hemat dari 4.5 menjadi hanya 2.7 watt.

Carrizo

Dukungan terhadap HEVC

Fitur video pada AMD FX-8800P juga menarik. Ada UVD 6 (Universal Video Decoder) yang mendukung decoding HEVC/H.265 sampai resolusi 4K, H.264 dan MJPEG 4K sekarang bisa di akselerasi dengan hardware.

Selain itu, dukungan terhadap 1080p VC-1/WMV profile D, MPEG-2, Multi-View Codec (MVC) dan MPEG4/DivX juga masih ada. Ini artinya, processor Carrizo APU adalah processor untuk laptop pertama yang mendukung HEVC.

Processor Intel versi Broadwell, hanya memberi dukungan model hybrid, dimana CPU dan GPU bekerja sama. Jadi kita akan butuh Intel Core i7 yang kuat kalau berharap menikmati sajian video kualitas tinggi yang halus tergantung pada bitrate dari masing-masing video. Baru-baru ini Intel juga merilis seri Cherry Trail Atoms yang mendukung HEVC, tapi ternyata hasil test videonya tidak terlalu bagus di Microsoft Surface 3.

Satu lagi keunggulan UVD 6, masih terpusat pada konsumsi energi yang hemat, Video resolusi 1080p tidak lagi memerlukan dedicated graphics card untuk di decode. UVD ini juga bisa meng-idle-kan diri ketika melakukan decoding dari dua frame (Power Gate). Penghematan energi dari kemampuan ini cukup besar efeknya, sekitar 5 watt pada Kaveri, dan 2 watt pada Carrizo. Artinya, untuk memutar video, Carrizo bisa membuat baterai laptop sampai 2 kali lebih awet.

Laptop yang memakai AMD FX-8800P

Processor AMD FX-8800P ini memang tangguh, sehingga tidak mengherankan kalau segera kita bisa temui laptop yang memakai AMD FX-8800P sebagai processornya. Yang paling jelas diincar adalah Asus X555DG-XX165D. Silahkan baca review dan spesifikasi Asus X555DG-XX165D. Selain itu, masih ada banyak lagi. Silahkan baca dan cari pilihan kamu di  Daftar Laptop dengan Processor AMD FX-8800P Terbaik Untuk Gaming.

Fitur Keamanan

Setelah versi Kabini dan Carrizo-L, Carrizo menggunakan sistem keamanan yang terintegrasi di dalamnya, berupa processor ARM Cortez-A5. Processor ARM ini punya ROM terisolasi dan SRAM sebagai co-processor pengolah kriptografi yang mendukung RSA, Sha, ECC, AES, Zlib, dan TRNG.

(Visited 537 times, 1 visits today)
You might also like

Leave A Reply