Access Point Murah Fitur Lengkap: TP-LINK TL-WA901ND

Sedang mencari access point murah tapi punya fitur yang lengkap? Jaringan berbasis WiFi itu memang memberi banyak keuntungan, seperti kemudahan setup dan pengaturan lanjutannya serta harga perangkatnya yang murah. Nah, supaya jaringan WiFi anda bisa menangani koneksi ke banyak perangkat dengan lengkap dengan fitur yang bagus, sebuah perangkat access point merupakan pilihan yang paling masuk akal. Ada yang murah dan bagus tidak? Itulah, ada TP-LINK TL-WA901ND yang bisa menjadi pilihan pertama. Apakah ada yang lain? Tentu saja ada. Silahkan lihat di sini: Rekomendasi Access Point Murah Tapi Bagus.

Sedari dulu saya selalu pilih TP-LINK untuk urusan beginian. Bukan berarti yang lain tidak bagus loh. Mungkin gara-gara waktu itu yang direkomendasikan teman memang access point dari TP-LINK dan saya kadung biasa dan nyaman memakainya. Dari beberapa kali beli dan menggunakannya, baik untuk di rumah, kantor atau pesanan teman-teman yang lain, belum ada masalah berarti dari penggunaan produk access point dari TP-LINK baik yang harganya terbilang murah sampai menengah. Belum pernah beli yang harganya paling mahal, haha….)

Apa kelebihan TP-LINK TL-WA901ND?

Soal harga, jelas dia bukan yang paling murah. Anda bisa mendapatkan TP-LINK TL-WA901ND di toko-toko komputer di kota anda di kisaran Rp. 399-500 ribu. Bisa naik atau turun sedikit.
TP-LINK TL-WA901ND

Loading...

Pertama adalah desainnya. TP-LINK TL-WA901ND terlihat manis tapi tetap futuristik. Jauh dari kesan kotak. Desain yang bagus ini memang tidak akan punya banyak nilai kalau anda menempatkan access point murah ini di pojokan ruangan dengan posisi agak tinggi, tapi dia bisa juga berfungsi mempermanis meja kerja anda ketika ditempatkan di atas CPU atau di posisi yang mudah dilihat. Aksen lubang-lubang di sisi atas casingnya yang membulat halus semakin membuatnya layak dilirik dua kali atau bahkan lebih.

Kedua, ada tiga buah antena eksternal untuk memperkuat daya pancar sinyal WiFi. Untuk versi yang lebih murah (WA801, WA 701) antenanya menjadi dua dan satu saja. TP-LINK TL-WA901ND ini punya tiga. Jika anda merasa ketiga antena eksternal ini kinerjanya kurang bagus, anda masih bisa melepas mereka dan menggantinya dengan antena eksternal lain yang memiliki kemampuan lebih baik.

Ketiga, mendukung koneksi WiFi sampai 802.11n, otomatis dia juga mendukung koneksi yang lain macam tipe b atau g. Teorinya sih, dia bisa membuat jaringan berada di kecepatan hingga 300 Mbps. Yang mungkin menjadi kelemahan adalah TP-LINK TL-WA901ND hanya berjalan di frekuensi 2,4 GHz. Tidak terlalu masalah juga sebenarnya.

Keempat, TP-LINK TL-WA901ND ini mendukung fitur Power Over Ethernet (PoE), jadi anda tidak perlu bingung dengan colokan listrik sebagai sumber daya listriknya, karena bisa menggunakan sumber daya dari kabel ethernet-nya. Dalam paket penjualannya, sudah ada disertakan injector-nya.

Kelima, bisa difungsikan sebagai range extender dan bridge jika anda hanya ingin memperluas jangkauan access point utama atau semisal anda sudah memakai wireless router lainnya. Fitur ini tidak terlalu istimewa sebenarnya. Access point yang lebih murah pun banyak yang punya fitur ini.

Keenam, ada fitur Multi-SSID dan VLAN. Untuk apa fitur ini? Dengan memakai fitur Multi-SSID dan VLAN berarti anda bisa mengatur dan memisahkan setiap pengguna jaringan anda berdasarkan SSID yang anda buat, tentu dengan pengaturan yang berbeda. Ini fitur yang bagus karena merupakan fitur built-in di dalam access point sendiri. Lebih murah dan ketat dibanding misalnya anda memakai aplikasi pembagi bandwidth WiFi seperti p2pover atau yang lain. Tidak perlu lagi bingung mengatasi client yang suka menyerobot bandwidth internet, hehe….

Bagaimana? Bagus kan? Ini spesifikasinya …

Spesifikasi TP-LINK TL-WA901ND
Standar    802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor    1 x LAN 100Mbps (PoE)
Modus operasi    Access point; Repeater; Bridge; Client router
Kecepatan transfer data    Maksimal 300 Mbps
Feature    DHCP Server; MAC Address Filter; Multi SSID
Bobot    248 gram
Kelengkapan    Antena; Power adapter; PoE injector; Manual
Garansi    18 bulan
Situs web    www.tp-link.com
Harga    Rp. 500.000
Kontak    TP-LINK Indonesia, (021) 6386-1936
Jika anda berminat, anda bisa mendapatkan TP-LINK TL-WA901ND di Lazada. Di sana ada yang jual TP-LINK TL-WA901ND dengan harga Rp. 399.900,00. Browse saja, amati yang lain, siapa tahu ada yang menawarkan harga lebih murah, karena di Lazada itu kan sebenarnya ada banyak penjual. Semoga beruntung.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....