dee-nesia
mencari dan berbagi

5 Tips Menggunakan Komputer Dengan Efisien

Baca 5 hal mudah untuk bekerja lebih efisien dengan komputer anda. 5 tips ini bisa kita manfaatkan baik di PC atau laptop. Semakin sering kita menggunakan komputer untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan, semakin juga kita merasa bahwa seharusnya ada cara yang lebih efisien, cepat, dan mudah untuk membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Nah, 5 tips di bawah ini akan membantu anda bekerja lebih cepat dengan komputer anda. Saya yakin anda akan lebih senang jika komputer anda bisa melakukan semua hal dengan mudah tanpa justru membuat kebingungan kita kan? Pada dasarnya, memang komputer kita bisa melakukan hampir semua yang bisa kita bayangkan. Masalahnya, lebih banyak hal dasar yang sepele, yang justru kita tahu bahwa itu bisa dilakukan. Hehe….

Mohon maaf, untuk para master, 5 tips berikut bukan untuk para master, jadi kalau anda sudah tahu, ya mungkin sekedar bisa mengingatkan saja. Buat yang belum tahu, selamat, anda sudah tahu sekarang. lol!

  1. Cara mudah mengcapture screen – layar.
    Ini tips lawas tapi masih sangat berguna. Tekanlah tombol Print Screen yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard PC, atau kanan atas untuk laptop. Biasanya tombol itu bertuliskan Prt Sc SysRq begitu. Tombol ini sakti sekali. Cukup dengan menekannya sekali, maka anda sudah mengcapture atau menangkap apapun yang saat itu tertampil di layar, bisa berupa halaman web, hasil ketikan anda, atau apapun. Hasil screen capture ini ditempatkan di clipboard, jadi anda tinggal melakukan paste ke aplikasi pengolah image yang anda suka. Paling mudah ya ke Paint. Kalau anda mau lebih kompleks ya paste ke Photoshop, bahkan ke Microsoft Word juga bisa. Kalau anda mau mengcopy foto dari blog yang tidak bisa dicopy fotonya, gunakan saja tombol Prt Sc ini. Sangat mudah, ringan, dan gratis – alias sudah menjadi aplikasi pengolah foto bawaan Windows semua versi.
  2. Gunakan short cut untuk zooming halaman web.
    Meskipun semua orang setuju bahwa halaman web itu seharusnya mudah dilihat dan dibaca isinya, namun ternyata standarisasi besar-kecilnya halaman web itu masih jauh dari harapan. Ada banyak situs web yang masih tampil dengan besar huruf yang terlalu kecil. Beberapa terlalu besar. Maka kita butuh short cut untuk zooming halaman web. Ternyata short cut-nya sama dengan yang dipakai di Adobe Photoshop, yaitu tombol Ctrl+(+/-). Jadi untuk membesarkan tampilan halaman web kita tekan saja tombol Ctrl dan + bersamaan. Dan sebaliknya, tombol Ctrl dan – untuk memperkecil tampilannya.
  3. Gunakan TV HD anda menjadi monitor (multiple display).
    Sudah menjadi trend saat ini, dimana semua alat bisa digunakan secara bersama-sama, alias saling terhubung. 10 tahun lalu, mustahil untuk menggunakan monitor TV menjadi monitor tambahan untuk laptop atau PC. Tapi sekarang sudah sangat mudah. Apalagi dengan kehadiran kon