Seagate Backup Plus Slim: Hard Disk Eksternal Tipis yang Bisa Backup Data Smartphone

Hard Disk Eksternal yang bisa backup data dari smartphone? Adakah? Biasanya kan flash disk OTG? Ternyata ada loh. Pilihan salah satunya adalah Seagate Backup Plus. Inilah salah satu pilihan hard disk eksternal yang bagus, terutama buat anda yang tak bisa lepas dari smartphone.

Saat ini, penghasil foto dan video digital bukan lagi kamera digital, DSLR atau kamera khusus video, tetapi perangkat mobile. Mengambil foto menjadi sangat mudah, sederhana, dan hasilnya bagus. Begitu juga dengan video. Dengan smartphone yang kian hari harganya kian murah, anda sudah bisa merekam video dalam resolusi HD atau full HD sekalipun. Untuk kualitas 4K masih mahal.

Karena kemudahan dan hasil yang cukup bagus tadi, maka jumlah dan besar file foto dan video hasil dari smartphone itu menjadi kian besar saja. Dan mendadak hard disk anda yang pada saat beli memberi rasa bangga sekaligus bingung mau diisi apa itu menjadi penuh. Bagus sih, karena itu pertanda anda semakin sering memanfaatkan gadget anda, tapi soal storage yang kian penuh itu adalah masalah.

SD Card di smartphone juga kian besar ukurannya. Angka 32 GB di HP itu kian hari kian terasa normal. Memang kita bisa saja memindahkan foto dan video tadi ke laptop. Tapi itu juga akan memakan tempat di hard disk internal-nya. Ada juga solusi lain, semisal menggunakan layanan cloud. Bisa dengan Google Drive, Flickr, dll. Tapi itu artinya kita butuh layanan internet yang cepat, stabil, dan murah. Kan tidak semua tempat tersedia akses internet melalui WiFi. Kalau ada sih, bukan masalah.

Nah, karena kesulitan semacam ini, muncullah pilihan yang lebih murah dan reliable. Pindahkan saja ke hard disk eksternal. Hmmm, butuh laptop lagi dunk? Tidak juga. Selama smartphone kamu mendukung penggunaan USB OTG dan kamu memakai hard disk eksternal Seagate Backup Plus Slim generasi kedua. Hard Disk Eksternal yang bisa backup data dari smartphone ini tipis banget, hanya 12,1mm. Sudah support standar USB 3.0 jadi proses transfernya cepat.

Seagate Backup Plus Slim
Seagate Backup Plus Slim

Hmmm, itu kan sama saja dengan hard disk eksternal yang lain?

Ternyata tidak. Beda. Seagate Backup Plus ini dilengkapi aplikasi untuk mem-backup data dari perangkat mobile. Kamu cukup meng-instal aplikasi Seagate Mobile Backup (tersedia gratis untuk iOS dan Android) jika mau kemudahan backup seluruh foto dan video ke perangkat ini atau ke layanan penyimpanan cloud. Kamu juga bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi. Kalau sedang di perjalanan dan terhubung ke Internet, kamu bisa backup ke layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

Untuk keperluan backup,  Seagate menyediakan software Seagate Dashboard. Melaluinya, kamu bisa melakukan backup satu-klik, dan menjadwalkan waktu backup. Kamu juga bisa mem-backup foto dan video di akun Facebook dan Flickr dengan fitur Save dan Share.  Foto yang bisa di-backup ini termasuk foto-foto yang sudah di-tag teman jejaring sosialmu. Akan sangat mempermudah pengguna dalam mem-backup album di sosial media dan konten di komputer.

Macamnya?

Seagate Backup Plus Slim Portable tersedia dalam berbagai kapasitas. Yang paling kecil berkapasitas 500GB (sekitar 750 ribuan), kemudian 1TB (satu juta lebih sedikit), 2TB (satu juta lima ratusan). Untuk detail pilihannya, silahkan baca: Pilihan Hard Disk Eksternal Bagus: Seagate BackUp Plus Slim

Terus sebaiknya beli yang kapasitas berapa?

Hmm…, ini kembali ke kebutuhan anda dan dana yang tersedia. Tetapi asal tahu saja, beli yang kapasitasnya kecil itu harganya malah lebih mahal. Kalau anggaran anda longgar, mending beli yang kapasitasnya paling besar saja. Kalau dihitung perbandingan kapasitas dan harganya, akan lebih murah, dan anda lebih leluasa menyimpan file foto dan video serta file lainnya tanpa perlu khawatir akan cepat penuh. Setidaknya untuk 6 bulan atau satu tahun lagi. Hehe….

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 1,873 kali, hari ini 6 kali)
Loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *