Cara Menyembunyikan File dan Folder Di Windows Plus Password

Cara menyembunyikan file dan folder di Windows bukanlah perkara sulit. Windows sendiri, sejak versi awal-awal dahulu sudah menyertakan kemampuan untuk membuat file dan folder tidak terlihat atau berstatus hidden. Windows juga menggunakan cara yang sama untuk membuat file system yang penting dan rentan bermasalah jika secara tidak sengaja (atau sengaja) berubah atau terhapus.

Masalahnya adalah, cara melihat file atau folder ter-hidden di Windows itu sama mudahnya dengan cara menyembunyikannya. Cukup dengan beberapa klik maka semua yang anda ingin orang lain tidak melihatnya itu sudah akan terpapar dengan jelas di layar monitor. Jadi fitur untuk menyembunyikan file dan folder bawaan Windows itu praktis tidak ada gunanya ditangan orang yang usil.

Yang dilakukan Windows adalah dengan mengubah attribute dari file atau folder. Kamu bisa melakukannya melalui Folder Option di Windows Explorer. Tidak lebih dari satu menit, kamu sudah bisa menyembunyikan atau menampilkan file dan folder tersembunyi.

Buat kebanyakan orang, fitur bawaan Windows ini memang sudah cukup. Tapi buat kita yang merasa perlu privasi ekstra, tentu tidak cukup. File atau folder yang berisi data sensitif yang rawan dicuri tentu perlu pengamanan ekstra. Paling tidak, file atau folder tersebut tidak dengan mudah dilihat orang lain, kalau perlu, ada password yang memberi perlindungan tambahan supaya data di dalamnya tidak dengan mudah diakses orang lain.

Orang-orang tertentu dan perusahaan yang ingin datanya terlindungi jelas membutuhkan software untuk menyembunyikan file dan folder dengan password.

Masih ingat betapa cerobohnya Sony dalam hal mengamankan data di server mereka beberapa waktu lalu sehinggan data ratusan giga byte bisa dibobol dan disebar di internet itu?

Memang kamu bukan Sony yang datanya sangat-sangat berharga itu. Tapi dee-nesia yakin kalau kamu punya ‘sesuatu’ yang perlu disembunyikan. Karena kalau dilihat orang lain akan mengganggu stabilitas keamanan ‘nasional’ kamu, hehe….

Cara Menyembunyikan File dan Folder di Windows Lengkap Dengan Password

Kalau dengan hanya memanfaatkan fitur bawaan dari Windows memang terlalu sulit. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan software pihak ketiga yang punya kemampuan seperti itu. Ada?

Banyak. Masalahnya, kebanyakan software untuk menyembunyikan file dan folder itu berbayar – dan – mahal. Maklumlah, ini tentang keamanan data yang nilainya bisa sangat besar. Membuatnya juga tidak mudah. Jadi wajar kalau harganya tidak bisa dibilang lumayan. Langsung saja, mahal.

Emmmm, kalau tidak punya uang untuk membeli software sakti seperti itu, ada alternatif yang gratis kah? Untungnya ada, hehe….

Software Untuk Menyembunyikan File dan Folder di Windows Lengkap Dengan Password

Namanya Easy File Locker. Fitur-nya bisa dibilang lengkap. Kemampuan dasarnya sudah sanggup memberi kamu rasa aman karena bisa membuat file dan folder tidak terlihat di Explorer. Ukurannya juga super kecil, untuk versi terbarunya cuman sebesar 366,3 Kb. Pastinya tidak membuat kamu takut kehabisan kuota untuk mengunduhnya.

Bagaimana cara menggunakan Easy File Locker?

Sebelumnya, silahkan download dulu software gratis untuk menyembunyikan file dan folder di Windows ini. Kamu bisa download Easy File Locker di sini.

Kalau sudah silahkan di install. Mudah kog, tinggal klik dobel di file installernya, lalu ikuti petunjuk di layar. Jangan malas baca ya, hehe….

Easy File Locker

Begini caranya:

Untuk menambahkan file atau folder yang akan disembunyikan, silahkan klik pada tombol + (untuk file), atau tombol [+] (untuk folder).

Kamu akan disodori pop-up window untuk menemukan file atau folder yang kamu inginkan.

Kalau sudah menentukan file atau folder-nya, atur settingnya seperti ini:

Setting Easy File Locker

  • Accessible artinya file itu nanti masih bisa diakses.
  • Writeable berarti masih bisa diubah.
  • Deletable artinya bisa di delete.
  • Visible berarti masih bisa dilihat di Explorer. Karena kita maunya menyembunyikan file atau folder, ya jangan dicentang.
  • tekan tombol OK.

Untuk membuat file atau folder tersembunyi, coba tekan pada tombol yang mirip tombol play di bawah menu System itu. Kalau kamu klik pada menu System, kamu juga bisa mengaktifkan protection atau menghentikannya.

Bagaimana untuk menambahkan password?

Silahkan cari dan klik tombol anak kunci di deretan ikon menu. Kamu tinggal mengisikan password yang kamu mau.

Bagaimana cara membebaskan file atau folder supaya tidak terpengaruh lagi dengan setting Easy File Locker?

Mudah saja. Ketika file atau folder yang sudah kita lindungi dengan Easy File Locker tadi ingin kita lepaskan, kita tinggal menghapus file atau folder tadi dari daftar di dalam Easy File Locker. Aman kog, karena ini cuman menghapus dari daftar saja. Bukan beneran menghapus file atau folder tadi dari hard disk.

Kelemahan Easy File Locker

Meskipun sakti dan mudah digunakan, tapi menurut saya ada beberapa hal yang kurang dari software untuk menyembunyikan file dan folder di Windows ini. Antaranya seperti ini:

  • kita tidak bisa memilih beberapa file sekaligus untuk masuk ke dalam daftar yang akan dilindungi. Jadi kalau mau beberapa file, ya harus memasukkan satu per satu, demikian juga dengan folder.
  • password berlaku untuk membuka software Easy File Locker ini sendiri, bukan memberi password untuk setiap file. Memudahkan memang, tapi terasa kurang aman.

Untuk sebuah software gratisan, Easy File Locker sudah sangat bagus. Toh, kalau mau yang lebih sakti, harganya juga mahal, hehe…. Jangan lupa untuk membaca juga Cara Membuat Password Yang Sulit Ditebak dan mungkin juga kamu perlu jika suatu saat nanti mengalaminya, Mengatasi Lupa Password Facebook Dengan Mudah.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 477 kali, hari ini 1 kali)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *