Cara Membuat Start Menu di Windows 8

Cara Membuat Start Menu di Windows 8 | Ini memang salah satu kehilangan terbesar pengguna Windows 7 dan versi sebelumnya jika beralih ke Windows 8. Meskipun kemudian Microsoft mengembalikannya pada Windows 8.1 tapi tetap berbeda. Masih banyak orang yang tetap enggan meninggalkan kenyamanan menggunakan mouse untuk menavigasi Windows 8 dan tidak adanya Start Menu membuat semua terasa lambat. Padahal jika kita mau pakai shortcut keyboard pada Windows 8, wow, kita bisa bekerja dengan lebih cepat dan efisien loh.

Ok, tapi kali ini kita tidak bicara tentang keyboard shortcut, tapi tentang cara membuat Windows 8 punya Start Menu lagi.

Menyadari kekurangan Windows 8 tadi, ada banyak pihak ketiga yang menyediakan alternatif Start Menu yang bisa berjalan seolah native dalam desktop Windows 8. Tapi, untuk yang pertama, kita coba yang tanpa bantuan aplikasi lain. Aplikasi tambahan itu kan biasanya bayar, dan makan RAM, tentu akan membebani system, meski tidak signifikan.

membuat Start Menu Windows 8

Membuat Tiruan Start Menu dengan Taskbar Windows 8

Ini sebenarnya cuman akal-akalan saja. Karena Taskbar Windows 8 memang tidak menyertakan Start Menu. Ada fitur tray yang bisa diatur sehingga kamu bisa membuatnya langsung mengakses folder tertentu. Jika kita arahkan ke folder Start, jadilah dia semacam Start Menu.

Jelasnya begini:

Klik kanan pada Taskbar, pilih Toolbars dan pilih New Toolbar. Kamu akan diminta untuk memilih sebuah folder. Lalu ketikkan pada kolom, seperti ini: %ProgramData%MicrosoftWindowsStart MenuPrograms.

Sekarang, setiap kali kamu membuka folder tersebut, kamu akan melihat sebuah entri baru pada taskbar yang disebut Program.

Klik kanan lagi pada taskbar dan hilangkan tanda centang pada pilihan Lock The Taskbar. Kemudian klik pada entri New Programs dan tarik ke sisi kiri Taskbar. Ini membuat program Anda disematkan ke kanan, sehingga ukurannya kembali normal.

Sekarang, Anda memiliki Start Menu baru. Ini gratis dan tidak bergantung pada perangkat lunak pihak ketiga. Ini akan menunjukkan program yang diinstal tetapi tidak termasuk salah satu fitur umum lainnya untuk Start Menu Windows, seperti software yang sering digunakan. Beda sih, tapi lumayan, hehe….

Start Menu dengan Start8

Stardock, sebuah perusahaan yang terkenal untuk modifikasi Windows seperti Fences dan ObjectDock, telah merilis Start Menu Windows 8 yang sayangnya berbayar. Program ini dibanderol seharga $4.99, dan tersedia juga masa trial gratis selama 30 hari.

Tidak sulit untuk menggunakan Start8. Proses instalasinya tidak memakan waktu yang lama dan menampilkan interface yang sederhana. Ini adalah keutamaan dari program ini. Tidak hanya fungsional, namun juga mudah untuk digunakan.

Sebagian besar pilihan berhubungan dengan kostumisasi. Stardock tidak hanya termasuk Start Menu klasik, namun juga Start Menu bergaya metro dan ikon start menu Windows 8. Pengguna yang lebih tertarik dalam hal detail dapat menentukan warna, menambah atau menghapus tingkat transparan, mengubah ikon dan mengubah apa yang ditampilkan menu.

Membuat Start Menu dengan Pokki For Windows 8

Pokki bukanlah alternatif Start Menu tradisional. Program ini kira-kira meniru fungsi dari Start Menu dan dapat digunakan untuk membukan program atau mencari PC kamu. Namun ini juga menyertakan fitur-fitur baru, seperti konektivitas ke jejaring sosial, yang tidak ada pada Start Menu umumnya.

Yang agak merepotkan mungkin pada terlalu advance-nya pilihan. Memang kita diberi banyak pilihan pengaturan. Tapi jika kamu tidak suka berbelit-belit dan ingin yang standar saja, mungkin Pokki bukan yang terbaik.

Jika kamu mengingingkan aplikasi pengganti Start Menu di Windows 8 yang memberimu banyak pilihan pengaturan dan personalisasi, ini pilihan yang bagus. Pokki dapat mengubah Start Menu Anda menjadi portal online, pusat jejaring sosial, atau launch pad.

Start Menu Windows 8 dengan Classic Shell

Jika kamu terkadang merindukan Start Menu klasik dari Windows 95 atau 98, pilihlah Classic Shell. Kamu akan diberi banyak pilihan. Pengguna dapat mengubah kolom pada start menu, tampilan nama pengguna, ukuran ikon dan skin yang digunakan. Start8 memungkinkan kamu untuk menyesuaikan warna, namun Classic Shell memiliki pilihan warna yang lebih detail.

Classic Shell bisa digunakan juga untuk mengubah Explorer menjadi terlihat seperti yang biasa kamu pakai di versi Windows sebelumnya. Atau kamu dapat dengan mudah mengubah interface yang ada sehingga beberapa fitur dapat dinonaktifkan atau lebih ditonjolkan. Download di sini.

Bagaimana? Ingin membuat Start Menu dengan cara atau aplikasi yang mana? Terserah anda sih. Saya sih cukup dengan trik toolbar sederhana di atas. Meski terkadang juga tergoda untuk memakai Pokki atau Start 8. Atau mau beberapa sekaligus?

Bisa kog. Karena mereka itu pada dasarnya adalah aplikasi yang berjalan di dalam Windows 8, maka kamu dapat saja menjalankan Pokki bersama dengan Shell Classic.


Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 9,275 kali, hari ini 4 kali)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *