Akhirnya My Ray Rooted!

Cara root Xperia Ray ICS – Cara Tips Rooting ICS – Kalau mau jujur sebenarnya bukan karena sibuk juga sih, baru sekarang si Ray akhirnya jadi rooted juga. Tapi karena kebanyakan main game. Haha… Libur Natal, Tahun Baru, yang digabung dengan libur semester, malah sibuk main game, mumpung bisa juga sih. Pada hari normal kan tidak bisa.

Sebenarnya sudah sejak pertama beli dulu, (akhir Oktober 2012), sudah gatal pingin nge-root ini Ray. Tapi waktu itu masih ingin berasyik masyuk dengan Ginger Bread yang rasanya ‘masih legit’. Setelah kemudian saya upgrade ke ICS via PC Companion, baru terasa dech butuh ruang lebih longgar untuk pasang aplikasi. ICS menyita ruang terlalu besar. Maka godaan untuk melakukan rooting semakin kuat saja. Nah, kemudian kesibukan off-line menunda segalanya. Hehe…
Xperia Ray

Awalnya, saya pergi ke kaskus.co.id dulu, cari Xperia Ray di forumnya. Di situ ada semua. Buat teman-teman yang pakai Ray dan pingin nge-root atau ngutak-atik, silahkan mampir ke situ. Sip banget pokoknya.

Kesulitan Rooting Xperia Ray yang sudah di upgrade ke ICS:
Sampai sekarang, sepertinya belum ada langkah yang bisa langsung nge-root ICS. Di beberapa blog memang ada yang menawarkan cara rooting Xperia Ray dengan ICS, tapi kebanyakan agak meragukan, karena link yang mati, atau file yang diperlukan sudah di delete oleh layanan file sharingnya.
Sementara ini, langkah yang dianjurkan adalah:

  1. downgrade Xperia Ray ke GingerBread
  2. Root GingerBread
  3. mempersiapkan root ICS
  4. upgrade ke ICS
  5. menyelesaikan rooting ICS

Ribet juga sih. Tapi kalau berhasil lega banget.

Yang membutuhkan waktu agak lama adalah ketika menginstall FlashTool. Saya memakai flashtool-0.9.0.0-windows.exe. Dasar belum pernah, ketika install Flash Tool Driver, tidak semua pilihan saya centang, hlah, proses nge-flash jadi gagal melulu. Supaya tidak salah baca Cara Install FlashTool. (Ini blognya mas Yopi Hasopa)

Untuk langkah-langkah lengkap cara root Xperia Ray yang sudah terlanjur upgrade ke ICS, saya memakai caranya mas Heriyanto Hermawan. Lengkap banget di situ.

Pertamanya ragu, karena ROM GB yang disediakan linknya di situ adalah versi Xperia Ray (ST18i)_4.0.2.A.0.42_CE. Karena pingin yang 62, saya pakai-lah ST18i_Xperia_Ray_4.0.2.A.0.62_Indonesia. Ternyata yang 62 ini tidak bisa di-root pakai cara di blog tersebut. Pasang ulang lagi si 42. Lalu saya ikuti lagi caranya sampai Ginger Beadnya sudah rooted.

Giliran mau pasang ICS, ragu lagi, link yang ada di situ ke ICS versi ST18i_4.1.B.0.431_tw. Yang versi terakhir kan 587, tapi akhirnya saya putuskan ikuti saja dulu, dari pada pasang-pasang lagi. Dan ketika sudah di upgrade ke ICS sampai selesai, kalau mau upgrade ke 587, cukup update langsung dari Xperia Ray sebesar kurang lebih 14 MB saja.

Begitulah, ada yang mau mencoba nge-root Xperia Ray lagi? Monggo….


Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 2,383 kali, hari ini 1 kali)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *