YouTube Slideshow Creator Sudah Tidak Ada Lagi. Apa Gantinya?

Buat yang sebelumnya biasa menggunakan Youtobe Slideshow Creator untuk membuat video slideshow dari foto dengan mudah secara langsung di Youtube, bisa jadi sekarang merasa kecewa. Tool ini sangat mudah digunakan dan sederhana, banyak orang – termasuk dee-nesia – merasa sangat terbantu dengan keberadaannya.

Tidak perlu pengetahuan khusus, semua orang bisa dengan mudah dan cepat membuat video slideshow dari foto, lengkap dengan musik sebagai background, dan juga beberapa efek transisi yang bagus.

Jika kebutuhan kita hanyalah membuat slideshow dari foto liburan bersama keluarga atau teman-teman, Youtube Slideshow Creator bisa membuat anda segera melakukannya di Youtube tanpa perlu download dan install aplikasi editor video yang lain.

hNah, tadi malam, ada teman yang menanyakan melalui Facebook Messenger bagaimana cara share foto ke Youtube dalam bentuk slideshow dengan mudah. Tentu saja yang saya tidak ragu memberitahunya tentang tool YouTube Slideshow Creator ini.

Dengan penuh semangat saya ceritakan betapa mudah dan cepat menggunakannya.

Plus, tentu saja merujukannya pada artikel Cara Upload Foto Menjadi Video Slideshow Langsung di Youtube yang saya tuliskan pada 2013 lalu.

Selang beberapa menit, teman saya ini mengungkapkan kebingungannya. Katanya, foto yang diuploadnya ditolak, karena tidak berbentuk video. Hmmm…, kog gitu?

Akhirnya, saya coba sendiri. Dan memang ternyata tidak ada lagi pilihan upload foto jadi slideshow di interface Youtube.

Setelah cari tahu sana-sini, kabar buruk yang saya temukan, bahwa tool Youtube Slideshow Creator memang sudah dihentikan layanannya sejak 20 September lalu. Hadew….

Mengapa Youtube Slideshow Creator dihentikan layanannya?

Di halaman pemberitahuan yang dirilis Google, kita bisa temukan bahwa alasan mengapa Youtube Slideshow Creator tidak dilanjutkan adalah karena penggunanya relatif sedikit.

Para konten kreator untuk Youtube, kebanyakan menggunakan aplikasi editor foto menjadi video yang lebih kompleks dan canggih untuk mengubah foto menjadi slideshow. Banyak yang menggunakan aplikasi mahal, seperti Adobe Premiere, After Effect, Vegas, atau yang lain.

Karena penggunanya yang hanya sedikit, maka Google lebih memilih untuk mengoptimalkan resource mereka untuk meningkatkan layanan Creator Studio-nya, daripada Slideshow Creator yang dianggap sudah ketinggalan jaman.

Banyak pihak yang menyesalkan keputusan ini, dan menyebutnya sebagai salah satu contoh tool atau aplikasi bagus yang dihentikan pengembangannya lebih karena tidak banyak orang tahu, bukan karena tool atau aplikasi tersebut tidak bagus.

Contoh lainnya adalah Windows Live Writer yang dihentikan pengembangannya oleh Microsoft. Untung sekarang ada alternatif terbaiknya, Open Live Writer.

Terpaksa, kemudian saya sarankan untuk menggunakan beberapa aplikasi editor video yang saya perkirakan sudah terinstall di laptopnya. Paling tidak, untuk sementara, teman saya itu tidak perlu download dan install aplikasi lagi. Itu bisa membuatnya kehilangan mood untuk nge-share banyak koleksi foto bagus yang selama ini tersimpan di hard disk laptopnya.

Alternatif Youtube Slideshow Creator Yang Gratis

Setidaknya, ada beberapa aplikasi editor video yang relatif mudah digunakan dan tentu saja gratis. Ini beberapa aplikasi gratisan yang bisa anda coba….

  • Photos App
  • Power Point
  • Layanan Online Slideshow Maker
  • Windows Movie Maker

Membuat slideshow di Photos App

Sebagai bagian dari aplikasi bawaan Windows 10, sebenarnya Photos App ini cukup sakti. Ada banyak hal bagus yang dibawanya. Memang sih, untuk sementara waktu, pengguna tidak bisa melupakan Paint yang sederhana, terbatas, tapi cepat dan mencukupi untuk keperluan dasar olah foto rata-rata pengguna itu.

Salah satu yang belum banyak dimanfaatkan orang dari Photos App adalah kemampuannya untuk membuat slideshow dari foto-foto kita dengan sangat mudah.

Kita bisa menambahkan musik sebagai latarbelakang, dan juga bisa mengatur animasi foto sesuai dengan beat dari lagu. Sangat menyenangkan menggunakannya. Silahkan di eksplor sendiri kemampuannya.

Menyimpan Slideshow Menjadi Video di Microsoft Power Point

Memang bisa? Bisa banget.

Saya yakin, di laptop anda sudah ada Microsoft Office. Entah itu asli atau bajakan. Dan tentu saja, ada Microsoft Power Point.

Cara Membuat Slideshow PowerPoint Menjadi Video
Cara Membuat Slideshow PowerPoint Menjadi Video
Loading...

Dan, belum banyak orang yang tahu, bahwa ada fasilitas untuk secara langsung menyimpan file presentasi anda menjadi file video berekstensi mp4. Itu artinya, video yang tersimpan bisa anda upload ke Youtube.

Layanan Online Slideshow Maker

Ini pilihannya banyak sekali. Anda cukup googling atau binging dengan kata kunci ‘free online slideshow maker’ begitu. Anda tinggal pilih mana yang menurut anda bagus, lalu mencoba memulai membuat slideshow secara online.

Prosesnya juga mudah dan menyenangkan. Kekurangan utamanya cuman anda butuh koneksi internet yang agak cepat dan stabil. Beberapa aplikasi online ini juga meninggalkan watermark di video hasil editan anda.

Membuat Slideshow di Windows Movie Maker

Windows Movie Maker ini populer banget – dulu – sebelum banyak orang berpindah ke aplikasi editor video yang lebih kompleks.

Anda bisa dengan mudah menggunakan Windows Movie Maker untuk membuat slideshow dari foto-foto anda, menambahkan musik, efek, dan transisi ketika perpindahan foto. Format penyimpanan yang digunakan memang .wmv, tapi itu juga masih bisa diterima Youtube tanpa anda perlu melakukan konversi kog. Langsung upload saja kalau sudah selesai.

Setelah sempat menjadi aplikasi bawaan Windows, WMM ini kemudian menjadi bagian dari Windows Live Essentials, dan sekarang, bisa anda download versi standalone-nya.

Jika di laptop anda belum ada, silahkan download di https://www.windows-movie-maker.org/.

Tips

Anda bisa saja menggunakan aplikasi editor video gratisan yang banyak tersedia di internet. Hanya saja, anda harus benar-benar ekstra hati-hati ketika download dan install aplikasi gratisan itu.

Kalau anda lihat ada banyak iklan tidak jelas di situsnya, dengan banyak sekali link yang juga rancu, hmmm…, sebaiknya anda waspada. Jika ragu, tanyakan dulu pada teman atau orang yang anda yakin paham hal-hal beginian.

Dan untuk Lik Adjie, jangan berhenti berkarya Lik….

(Visited 311 times, 1 visits today)
You might also like