Yang Harus Diperhatikan Sebelum Install Windows 8

Ok, anda sudah punya file ISO Windows 8, entah dari download atau membeli DVD Installer Windows 8, dan keinginan untuk segera merasakan sensasi menyeret-nyeret di OS terbaru dari Microsoft itu semakin tak terbendung. Anda bersiap menginstallnya. Lalu terbit sedikit keraguan dan beberapa pertanyaan. baca: Beberapa Pertanyaan Seputar Windows 8. Hmmm, sebelum semua langkah anda ambil, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, untuk memastikan tidak akan muncul masalah setelah anda mengganti OS.
Persyaratan minimum sistem Windows 8
Ini agak melegakan. Kalau sebelumnya PC atau laptop anda bisa menjalankan Windows 7 dengan baik, berarti juga akan mampu menjalankan Windows 8. Minimal laptop atau PC anda mempunyai RAM 1 GB, 16 GB sisa ruang kosong di hard disk, dan processor dengan kecepatan 1 Ghz sudah cukup. Kalau mau install Windows 8 64-bit, maka RAM minimalnya cukup 2 GB. Tapi ini semua persyaratan minimal loh. Kalau mau aman, lipat duakan saja semuanya, hehe…
Mana yang harus di download? File Windows 8 Setup atau file ISO-nya?
Kalau anda berkunjung ke halaman download Windows 8, anda akan menemui petunjuk bahwa installasi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mendownload file Windows 8 Setup, atau dengan mendownload file ISOnya. Apa bedanya?
Tampilan Windows 8
Loading...
Kalau kita download file Windows 8 Setup dan menjalankannya, maka nanti dia akan menginstall dengan mengunduh keseluruhan file installasi Windows 8 sepanjang prosesnya. Tanpa koneksi internet yang cepat dan stabil, anda akan lebih banyak tersiksanya dari pada merasa nyaman dengan cara ini.
Sementara jika anda mendownload file ISO Windows 8 terlebih dahulu, maka keseluruhan file installernya sudah berada di komputer anda ketika proses instalasi berjalan. Memang besar sih file ISO-nya. Tapi jika koneksi internet kita terbatas kecepatannya, pilihan ini jelas lebih aman. Bisa ditinggal nonton TV, ngobrol, atau bersih-bersih rumah, hehe…
Bagaimana nasib software yang sudah terinstall di Windows versi sebelumnya?
Windows 8 akan menjaga mereka tetap bisa digunakan, tapi ada syaratnya, yaitu kalau anda melakukan upgrade dari Windows 7. Kalau sebelumnya anda memakai Windows XP atau Vista, maka hanya file data anda yang aman. Software terinstall akan hilang. Anda bisa menginstall lagi mereka kemudian.
File ISO Windows 8 akan lebih berguna jika situasinya seperti ini:
  • Komputer anda mempunyai processor dengan arsitektur x64, tapi sekarang anda menjalan Windows versi 32-bit. Akan lebih baik kalau anda mendownload ISO yang versi 64-bit juga.
  • Anda ingin melakukan install Windows 8 di komputer Mac (bisa iMac atau MacBook) dengan memanfaatkan Boot Camp)
  • Anda ingin menginstall Windows 8 di banyak komputer. Anda cukup download file ISO Windows 8 sekali saja, membuat DVD Installer Windows 8, dan anda sudah siap untuk menginstall di banyak komputer.
  • Anda berencana untuk menjalankan Windows 8 di dalam virtual machine di dalam Windows anda yang sekarang.
  • Saat ini anda memakai Windows XP
Apakah semua software terinstall saya akan bisa berjalan normal di Windows 8?
Kalau anda ragu, sebaiknya download dan jalankan dulu setup utility yang ada di sini. Di situ terdapat list software dan driver hardware di sistem anda yang compatible dengan Windows 8. Atau bisa juga kunjungi halaman ini untuk melihat daftar semua software dan hardware yang bisa berjalan dengan Windows 8.
Bagaimana? Sudah siap install Windows 8?
Loading...
3 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....