Xperia E4 Harga dan Spesifikasi

Harga dan spesifikasi Sony Xperia E4 di Indonesia | Ini salah satu jawaban Sony atas maraknya kehadiran smartphone Android berspesifikasi mumpuni namun dibanderol dengan harga murah dari para pesaingnya macam Asus, Lenovo, Xiaomi, Meizu, dan sederet nama lain dari negeri China. Supaya tidak kalah di pasar, Sony mencoba pasar smartphone kelas menengah dengan Xperia E4 ini. Dijual dengan kisaran harga sekitar 2 jutaan, kemungkinan Xperia E4 akan mampu bersaing dan mendapat sambutan lumayan. Setidaknya masih cukup banyak fans Xperia yang menunggunya setelah lumayan kecewa karena ternyata versi Xperia E3 yang dijual resmi di Indonesia kemarin itu tidak ada versi 4G-nya.

Apa yang diandalkan Sony Xperia E4? Layar 5 inchi dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel.

Ini agak mengecewakan sebenarnya. Mengingat di rentang harga segitu, merk lain banyak yang berani memberi resolusi lebih tinggi. Sebenarnya resolusi qHD sudah cukup. Selama anda tidak mengamati gambar atau foto sedetail-detailnya. Untungnya layar yang dipakai Xperia E4 ini berpanel IPS dengan kaca scratch-resistant dan dukungan multitouch 4 titik.

Sony Xperia E4

Loading...
credit foto: http://www.sonymobile.com

Processor Quad Core 1.3 GHz Cortex-A7 dari chipset Mediatek MT6582. Bukan processor istimewa tapi cukuplah untuk memenuhi kebutuhan anda menjalankan aplikasi Android sehari-hari. Beberapa orang berpendapat kalau processor ini akan bermasalah kalau dipakai memainkan game 3D kelas berat. RAM 1 GB dan GPU Mali-400MP2 masih cukuplah untuk saat ini.

OS Android 4.4.4 KitKat dengan Xperia UI. Dengan kabar bahwa Sony tidak akan menghadirkan Lolipop selain untuk Xperia seri Z, maka mungkin si E4 dan juga saudaranya E4g, tidak mendapatkan update Lolipop. Ini bisa jadi sisi ‘gelap’ yang susah ditawar. Tapi jangan khawatir, selalu ada orang-orang baik yang dengan keahliannya membagikan porting atau build custom ROM yang bagus untuk Xperia anda.

Kamera belakang 5MP dengan LED Flash dan autofocus, kamera depan 2MP. Saya tidak mudeng dengan strategi Sony dari sisi ini. Dari dulu Sony dikenal dengan kamera-nya yang bagus. Bahkan modul kameranya dipakai produsen lain. Tapi untuk produknya sendiri, Sony terlihat pelit, kecuali untuk flagship-nya. Bukan berarti kamera 5MP Xperia E4 ini jelek loh. Tapi mau tidak mau jadi kebayang Xperia Ray yang mungil tapi kameranya tangguh itu. Untuk yang harganya diatas 3 juta, baru Sony kasih kamera yang lebih.

Lalu apakah Sony Xperia E4 ini tidak layak beli? Tetap layak beli sih. Dengan harga 2 jutaan, Xperia E4 masih cukup diperhitungkan di kelas menengah. Kita tunggu saja setelah dirilis nanti. Apakah sambutan pasar cukup positif atau cenderung negatif. Perkiraan saya sih akan lumayan, meski tidak istimewa. Jika anda berada di wilayah yang sudah terjangkau jaringan 4G LTE, maka pertimbangkan untuk beli Sony Xperia E4g saja. Ukuran layarnya lebih kecil sedikit, 4.7 inchi, dengan processor yang lebih tangguh.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....