dee-nesia
mencari dan berbagi

www.anneahira.com Tidak Bisa Diakses Lagi Sebuah Refleksi

Cukup terkejut ketika dee-nesia menemukan ada broken link di salah satu posting. Kalau yang broken itu link yang menuju ke blog atau situs biasa, ya saya tidak akan ragu untuk langsung di unlink saja. Tapi karena link ini menuju situs Anne Ahira yang saya jadikan rujukan di informasi pada posting tersebut, jadilah dia memicu sesuatu yang lain.

Awalnya, saya rechek lagi. Siapa tahu plugin Broken Link Checker lagi ngaco. Dan hasilnya domain Anne Ahira itu tetap berstatus Server Not Found. Karena penasaran, saya lalu coba buka link tersebut di tab baru. Dan begitulah, memang tidak bisa diakses.

Bagi blogger angkatan akhir 2000an, nama Anne Ahira sama sekali bukan sesuatu yang asing. Kalau dilihat isinya, kita bisa kategorikan ini adalah blog gado-gado. Mulai dari resep masakan, tips fotografi, sampai istilah-istilah kedokteran, semua ada.

Saya tidak tahu pasti berapa kategori dan berapa jumlah postingnya. Yang jelas banyak sekali.

Dan saya banyak sekali belajar tentang blogging dari sana. Harus jujur juga mengaku, kalau banyak tulisan awal-awal di dee-nesia ini cuman saduran dari beberapa posting populer di sana.

Loading...
Anne Ahira Tidak Bisa Diakses Lagi
Anne Ahira Tidak Bisa Diakses Lagi

Kelihatannya memang akhir-akhir ini anneahira.com tidak diupdate lagi. Saya sudah jarang menemukan artikel anneahira yang muncul di hasil pencarian Google. Padahal, saya yakin, di sana ada artikel tentang yang saya cari itu.

Mungkin karena semakin jarang di update itu tadi, Google tidak lagi sayang, hehe…. Seperti yang pernah saya tuliskan di posting Ini Akibatnya Kalau Blog Jarang di Update.

Salah satu hal yang muncul di kepala saya setelah melihat bahwa Anne Ahira, blog yang (pernah) sangat besar itu mati adalah kemungkinan bahwa suatu saat nanti, blog dee-nesia ini juga bisa saja mati.

Suatu saat, bisa saja, saya sama sekali kehilangan semangat untuk berbagi melalui dee-nesia. Dan kemudian memutuskan untuk mematikannya. Mulai dari keengganan untuk menulis posting baru, kemudian tidak memperpanjang sewa domain dan hosting, dan akhirnya membiarkan dee-nesia ini benar-benar terbengkalai.

Sebenarnya godaan untuk berhenti nge-blog itu sering sekali datang. Utamanya ketika CPC Adsense semakin hari semakin kecil saja. Rasanya seperti percuma semua ide, usaha, dan waktu yang dicurahkan selama ini.

Belum lagi ketika mendapat surat cinta alias teguran dari Google karena kesalahan yang sepertinya sudah sekuat tenaga dihindari. Dan dari setiap surat cinta itu, biasanya diikuti oleh penurunan jumlah pengunjung, karena posting yang dipentung itu biasanya yang paling populer.

Tapi ada juga yang selalu berhasil menghentikan godaan berhenti itu tadi.

Buat dee-nesia itu adalah komentar dari pembaca dan traffic yang fluktuatif.

Komentar dari pembaca, entah itu berupa ucapan terima kasih, pertanyaan, masukan informasi tambahan untuk posting tertentu, kadang juga cacian…, bisa mengembalikan semangat saya untuk berbagi tentang hal-hal yang saya sukai.

Silahkan baca juga Tips dan Cara Menulis Posting Yang Ramai Pengunjung.

Toh, pada awalnya dee-nesia ini saya buat, tujuan utamanya memang bukan untuk cari uang. Karena waktu itu saya memang belum tahu kalau bisa mendapat penghasilan tambahan dari blog. Masih lugu dan apa adanya. Jadi, kalaupun CPC Adsense tidak bagus, selama hasilnya bisa untuk beli kuota internet, kopi, dan rokok, cukuplah menjadi alasan untuk meneruskannya.

Dan untuk Anne Ahira, saya ucapkan terima kasih atas inspirasinya. Harapannya sih, Anne Ahira ini cuman mati suri, bukan hilang selamanya. Eman dengan reputasi domain yang sudah punya otoritas tinggi itu. Saya kira, kalau memang mau dihidupkan lagi, tidak akan sulit bagi Anne Ahira untuk kembali sering muncul di SERP-nya Google atau mesin pencari yang lain. #ayonulislagi

(Visited 764 times, 1 visits today)
You might also like