Upgrade Xperia Ray ke ICS

Meski masih berumur 3 hari, saya sudah geregetan pingin upgrade Ginger Bread ke ICS. Versi resminya sudah beredar sejak bulan April lalu. Mencobai hal baru adalah keharusan yang membikin gatal jari dan otak, wkwk…. Tapi apa ya harus secepat ini? Resiko upgrade Xperia Ray ke ICS apa? baca: Akhirnya Ku Pilih Ray.

Ternyata banyak yang mengalami masalah sesudah upgrade Ray ke ICS. Di berbagai forum sudah banyak yang berbagi mengenai hal ini. Kebanyakan masalah yang muncul adalah seputar koneksi WiFi yang selalu gagal menyambung. Kemudian juga ada masalah dengan jeda waktu ketika membuka kontak. Tidak lama sih, cuman 1 detik-an, tapi bisa membuat stress ketika kita sedang terburu-buru. (baca: fariable).

Belum lagi masalah dengan Flash Player yang di situsnya Ray sendiri disebutkan akan bermasalah. Disarankan untuk mendownload lagi aplikasi Flash Player di Android Market. Tapi beberapa orang di forum pemakai Xperia Ray yang saya baca menulis bahwa itu tidak menyelsaikan masalah. Hmmmm, pingin tapi takut, wkwkwk….

Ini untungnya atau kelebihan ICS dibanding Ginger Bread di Xperia Ray:

  • Quick Dial: membantumu menemukan nomor telepon yang kamu cari
  • Recent Apps: memudahkan kita melihat secara umum semua aplikasi terinstall
  • Respon lebih cepat untuk panggilan telepon yang masuk
  • Aplikasi email yang sudah di optimasi untuk menangani multiple accounts
  • Kendali yang lebih baik untuk mobile data consumption

Itu keuntungannya, seperti yang di tulis di situs resminya. Kalau kerugian atau kelemahannya?
Sony juga menjelaskan kalau ICS membutuhkan resource yang lebih banyak dibanding Ginger Bread, jadi Memory si Xperia Ray yang cuman 512 MB akan kedodoran. Inilah yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa setelah upgrade ke ICS, Xperia Ray justru bermasalah. Waduh, jadi di upgrade ke ICS tidak ya? Mas Fariel (di fariable) memberi alternatif keluar, yaitu dengan menginstall Link2SD (perlu root) untuk men-disable beberapa aplikasi pelengkap yang berjalan di background sehingga kita bisa memperoleh ruangan RAM sisa lebih lega.

Kalau sekarang kamu pergi ke situs resminya Xperia Ray, kamu akan baca bahwa sudah tersedia ICS versi 4.1.B.0.587, yang dirilis sejak 16 Agustus 2012 lalu. Pertanyaannya, apakah update ICS terbaru untuk Xperia Ray ini terbukti menjamin masalah yang muncul di versi ICS pada bulan-bulan Maret – April lalu?
Sumpah, galau! Upgrade ke ICS ga’ ya? Kalau kamu juga pakai Xperia Ray, kasih saran dunk, mesti bagaimana ini… Terima kasih sebelumnya….

Loading...