Update Marshmallow Xperia Z5 Bermasalah

Update Marshmallow Xperia Z5 dikabarkan bermasalah. Bukan kabar yang menyenangkan untuk kamu yang memakai Xperia Z5 untuk sehari-hari. Buat yang sebelumnya biasa memakai Xperia, kabar semacam ini – update tertunda, update bermasalah, update minor dan major – tentu bukan sesuatu yang luar biasa. Yang luar biasa itu nunggunya, hehe…. Toh setelah dapat dan berhasil update, digunakan beberapa hari, sudah terbiasa, dan jadi biasa.

Akan menjadi tidak biasa ketika update tersebut membawa juga masalah, seperti yang terjadi pada update Marshmallow Xperia Z5.

Dikabarkan oleh Ubergizmo, update tersebut memang membawa banyak sekali peningkatan, baik dari sekadar UI yang lebih segar, atau peningkatan fungsi tertentu. Tapi, ada juga beberapa masalah cukup serius setelah Xperia Z5 berhasil update ke Marshmallow.

Masalah paling besarnya adalah layanan Google Play Store yang terhenti (Google Play Store has stopped). Akibatnya, pengguna tidak bisa update aplikasi ke versi terbaru, sinkronsisasi berbagai akun, dan tentu kesulitan download aplikasi dari sana.

Sony Xperia Z5 Marshmallow

Loading...

Saran dari pihak Sony adalah supaya pengguna melakukan factory reset yang ternyata tidak selalu berhasil. Masih ada beberapa pengguna yang masih tetap gagal fungsi Google Play Store nya meskipun sudah melakukan factory reset.

Asal tahu saja, update Marshmallow untuk Xperia Z5 membawa beberapa fitur terbaru andalah Android 6.0 tersebut. Diantaranya adalah fungsi Doze, pengaturan izin aplikasi, dan Google Now on Tap.

Supaya lebih aman dari kejahatan online, Sony juga sudah menyertakan security patch terbaru.

Di sisi UI, kamu juga akan mendapati lumayan banyak perubahan dengan launcher Xperia Home dan aplikasi kamera yang disesuaikan.

Yang mungkin tidak akan disukai pecinta Xperia adalah hilangnya Stamina Mode (fitur bagus Xperia untuk menghemat baterai sampai 3 kali lipat) dan juga belum adanya modus penyimpanan sistem operasi di microSD.

Beberapa waktu lalu, Sony mengumumkan bahwa seri Xperia Z5 adalah versi Xperia Z series yang terakhir. Sony menggantinya dengan X series. Sampai sejauh ini belum jelas seperti apa Sony akan menempatkan Xperia seri X. Apakah hanya sekadar penerus dari versi Xperia Z atau membuat yang sama sekali baru. Jika tertarik silahkan baca Perbandingan Xperia X vs Xperia X Performance.

(Visited 128 times, 1 visits today)
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.