Tutorial Photoshop CS6 Bahasa Indonesia Untuk Pemula

Bingung mencari tutorial Photoshop CS6 bahasa Indonesia untuk pemula? Ya memang rada susah mencari tutorial menggunakan Adobe Photoshop CS 6 dengan bahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dipahami. Yang banyak tersedia ya berbahasa Inggris. Dan itulah yang menjadi kesulitan utama kita yang hendak belajar Photoshop. Kendala bahasa.

Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan tutorial Photoshop CS6 berbahasa Indonesia yang mudah dipahami dan dipraktikan untuk pemula?

Sebelumnya, kita lihat dulu sumber dan bentuk tutorialnya. Lalu nanti, silahkan lihat mana yang lebih anda sukai.

Sumber tutorial Photoshop CS6

Ada beberapa sumber yang bisa kita peroleh untuk mendapatkan tutorial Photoshop CS6. Pertama, dari buku yang bisa kita beli di toko buku atau cari buku bekas di situs-situs jualan buku. Dan kedua, dari internet. Yang dari internet ini, bisa berupa postingan di blog atau website. Bisa juga berupa file pdf atau epub yang bisa kita download dan baca kemudian. Lebih mudah sih, dicetak dalam bentuk buku, meski artinya kita harus keluar biaya tambahan untuk mencetaknya.

Tutorial Photoshop CS6 Bahasa Indonesia
Tutorial Photoshop CS6 Bahasa Indonesia
Loading...

Kalau dari buku, kita bisa sekali beli dan menggunakannya sampai mahir. Masalahnya, buku itu relatif statis dan sulit mengejar perkembangan versi Photoshop terbaru berikut dengan segala fitur-fitur teranyarnya. Begitu ada versi Photoshop baru, maka buku lama kita akan menjadi terlihat jadul. Sebenarnya tidak juga sih. Karena fitur baru biasanya masih berdasarkan fitur yang sebelumnya sudah ada.

Bentuk tutorial Photoshop CS6

Soal bentuknya, juga bisa macam-macam. Ada yang berbentuk teks yang dicetak dalam bentuk buku tradisional, dan juga buku elektronik atau e-book. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Kalau berbentuk buku cetak, berarti kita bisa mengaksesnya sewaktu-waktu tanpa perlu alat lain dan tidak tergantung listrik. Sementara kalau berbentuk e-book, ya kita harus membukanya dengan smartphone, tablet, PC, atau laptop.

Yang kedua, berbentuk video. Ini bisa kita akses dengan smartphone, tablet, PC, atau laptop.

Soal bagaimana kita mendapatkannya, itu bisa dari mana saja. Tapi beda dengan bentuknya. Jika tutorial tersebut berbentuk teks, maka kita mau tidak mau harus membaca, memahaminya, baru kemudian mencobanya di Photoshop. Buat kebanyakan orang ini tidak praktis dan relatif sulit dilakukan. Terlebih buat pemula.

Jika tutorial tersebut berbentuk video, maka kita bisa melihat secara langsung bagaimana langkah-langkah editing foto dalam Photoshop tersebut dilakukan. Sehingga dengan cepat kita bisa langsung melakukannya sendiri. Jadi jangan heran kalau viewer video tutorial editing video di youtube itu bisa berjuta-juta. Karena memang sifatnya yang praktis dan bisa kita coba langsung.

hNah, sulitnya adalah rata-rata video tutorial Photoshop yang bagus di youtube itu bikinan orang bule. Bisa sih dimengerti buat yang bahasa Inggrisnya lumayan familiar dengan beberapa istilah teknis yang digunakan, buat pemula seperti kita, itu rasanya berat banget. Ujung-ujungnya malah kuota kita terpakai sementara kita tetap bingung, haha….

Tutorial Photoshop CS6 Bahasa Indonesia Untuk Pemula

hNah, jika kamu berniat belajar menggunakan Photoshop CS6 tapi:

  • ogah baca buku tutorial
  • matanya mudah pedes baca pdf atau e-book
  • lebih suka nonton video
  • pingin cepat-cepat mahir menggunakan Photoshop

maka yang berikut ini adalah tutorial yang pas buat kamu.

Belajar Photoshop CS6 secara online

Jangan samakan ini dengan streaming tutorial Photoshop di youtube. Bentuknya memang sama, video. Tapi tutorial yang satu ini berbahasa Indonesia. Isinya lengkap banget dan pas buat pemula. Anda akan mendapatkan tutorial dari sangat dasar sampai mahir. Mau? Silahkan kunjungi Belajar Desain Photoshop For Windows & Android

Selain anda akan mendapat materi tentang penggunaan Photoshop for Windows, anda juga akan mendapatkan banyak sekali tips dan cara mudah menggunakan Photoshop for Android. Bukan sekadar mengandalkan laptop atau PC, anda juga akan mahir menggunakan versi Android-nya dan segera menciptakan foto dan karya desain yang bagus.

Buat anda yang masih ragu, dan hanya ingin lihat-lihat fitur-fitur serta video tutorial Photoshop apa saja yang akan anda dapatkan, silahkan baca di Daftar Video Tutorial Desain Photoshop (for Windows & Android).

(Visited 150 times, 2 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....