dee-nesia
mencari dan berbagi

Toshiba NB200, Netbook Multifitur Bertampilan Memikat

Rupanya Toshiba juga geregetan dengan begitu banyaknya macam netbook yang kelusr di pasaran. Toshiba NB200 ini adalah salah satu jawaban Toshiba. Dengan casing atasnya berwarna coklat, bercorak garis-garis melintang, membuat NB200 tampak lain dari yang netbook yang lain. Cakep. Casing atas berbahan alumunium ini membuat NB200 bisa selalau tampak bersih dari noda kotoran karena jari tangan.
Di tengah casing, merek Toshiba dipasang dalam ukuran besar dan dalam huruf yang mengilap. Dari sisi tampilan luarnya, netbook Toshiba NB200 ini tampak menarik. Seluruh badan tampak terbuat dari satu kesatuan utuh tanpa sambungan.
Selain tampilan luar yang seperti barang premium, NB200 juga melengkapi dirinya dengan bermacam hal yang membuatnya layak dipertimbangkan.
Pertama, engselnya. 
Engselnya membulat, menyatu dengan bagian badan, menyiratkan kesan benar-benar kokoh. Bagian tengah engsel yang berlapis krom mengilap itu memamerkan sebuah gelang transparan. Inilah tombol on/off. Tombol ini bisa dilihat dari luar casing, maupun dari dalam. Jika ditekan, tombol akan menyala putih dengan pinggiran kecoklatan, amat serasi dengan engsel dan juga cover NB200 yang coklat. Meski letaknya diluar, yang biasanya rentan dengan tekanan tanpa sengaja, tapai pengguna tak perlu kuatir NB200 akan menyala tanpa sengaja. Penekanan tombol saat cover notebook dalam keadaan tertutup tidak akan menimbulkan efek apa pun.
Kedua, Webcam-nya.
Meski sebenarnya sama saja dengan produk lain yang berkekuatan 1.3 megapixel, tapi ada yang bebeda di sini. Ada tiga lubang kecil di bagian atas panel LCD-nya. Yang paling kanan adalah LED yang akan berwarna biru ketika Webcam di tengah diaktifkan. Yang paling kiri adalah lubang untuk mikrophone. Keberadaan LED ini membantu kita mengetahui status camera webcamnya, aktif atau tidak.

image

Ketiga, keyboard-nya.
Keyboard-nya benar-benar menyatu dengan casingnya. Tombol-tombol keyboard tampak menyembul keluar (raised) dari panel. Berbeda dengan mayoritas netbook, tombol Toshiba NB200 ini tidak saling menyentuh, alias terpisah oleh sebuah ‘gang.’ Tombol-tombolnya juga cukup lebar, dan nyaman diketuk. Mirip dengan Webcam-nya yang memiliki LED, tombol CAPS LOCK yang ada di sisi kiri juga dilengkapi dengan indikator LED. Indikator akan menyala hijau muda ketika CAPS LOCK diaktifkan. Tambahan ini jelas bermanfaat sekali untuk mengetahui apakah fitur huruf besar itu aktif. Pada netbook lain. fitur CAPS LOCK adakalanya ditandai dengan icon di sudut bawah kanan layar, yang musti diaktifkan melalui program tambahan.

Satu hal yang agak disayangkan adalah kurang tegasnya simbol yang menunjukkan fungsi shortcut pada deretan tombol paling atas (ESC, F1-F12, PRTSC, HOME, END), dan juga pada deretan angka yang memiliki fungsi rangkap. Akibat terbatasnya ruang pada tombol-tombol yang berukuran lebih kecil dari tombol utama, icon – antara lain untuk volume, kontras, Wi-Fi – ditampilkan lebih tipis sehingga agak sulit dilihat.
Juga penempatan LED indikator yang berjumlah delapan buah di sisi kanan depannya. Masing-masing menunjukkan (urut dari kiri ke kanan) status nirkabel, catudaya listrik, batere, menyalanya notebook, harddisk, slot kartu memori, panah kunci, dan numeric lock. Mereka berdelapan di tempatkan di sisi depan, ini mengharuskan kita sedikit mengangkatnya untuk melihat indikator-indikator itu.
Seperti layaknya Notebook Toshiba yang lain, NB200 juga dilengkapi dengan banyak aplikasi bawaan yang mantab. Mereka dikumpulkan dalam folder Toshiba. Contohnya ConfigFree untuk Networking. Ini untuk memudahkan pengaturan jaringan. Kemudian Camera Assistant Software. Ini untuk webcam-nya. Setelah diaktifkan, di tray akan tampak icon kamera, pertanda aplikasi sudah aktif. Nah, kini di aplikasi mana pun Anda bisa mengambil foto diri, klip video, maupun merekam suara, tanpa harus keluar dulu dari aplikasi tersebut.
SPESIFIKASI Toshiba NB200
Prosesor: Intel Atom N280 1,66GHz
RAM: 1GB DDR2 800 (maksimal 2GB)
Chipset: Intel Calistoga-GME i945GME
Kartu grafis: Intel GMA 950
Kartu Suara: Realtek High Definition Audio (ALC272)
Harddisk: Toshiba MK1655GSX 160GB
Optical drive: –
Fasilitas: LAN, Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth, 2-in-1 card reader (SD/SDHC/MMC, 3 USB 2.0 (satu tipe Sleep&Charge), kamera Web 1,3MP, port VGA, jack mike, jack headhone
One combo eSATA/USB Sleep-and-Charge port and two USB 2.0 ports
Layar: 10,1″ WSVGA 1024×600 pixel
Sistem Operasi: Win XP Home Edition SP3
Batere: Li-Ion 3-cell 10,8V 25Wh (up to 4 hours of productivity)
Dimensi: 26,3×19,23x (2,54 -3,225) cm
Bobot (termasuk batere 3-cell): 1,184kg
Garansi: 1 tahun (suku cadang dan ongkos)
Situs Web: www.pc-toshiba-asia.com
Harga kisaran*: Rp 5,99 juta

(Visited 76 times, 1 visits today)
You might also like