Tips Pengaturan Iklan Adsense Responsive di Blog

Pengaturan iklan adsense responsive supaya tampil maksimal dan membuat pendapatan dari Adsense meningkat itu perlu sekali dilakukan. Sayangnya, tidak ada jaminan bahwa satu pengaturan akan mempunyai efek yang sama jika diterapkan di blog yang isinya berbeda. Jadi masih ada pengaruh niche yang kita ambil sebagai bahan isi umum postingan dan jenis iklan yang kita pasang.

Pada awalnya, ketika kita memilih iklan Adsense responsive, yang kita dapatkan adalah iklan auto alias otomatis. Jadi tampilannya akan menyesuaikan dengan tempat yang tersedia dan juga tampilan layar yang digunakan pengunjung. Ini saja sebenarnya sudah cukup bagus. Iklan yang muncul bisa terlihat manis dan pas baik di layar desktop dengan resolusi besar diatas 1024 x 768 piksel, maupun pada layar smartphone Android atau iOS yang kecil. Sepintas kita akan merasa pengaturan iklan adsense responsive itu tidak perlu dilakukan. Toh, dengan mengandalkan pengaturan otomatis bawaannya saja iklan sudah bagus.

Masalahnya, terkadang iklan responsive tadi kinerjanya kurang bagus dari sisi CTR. Jadi meskipun iklan sudah muncul dan terlihat bagus bagi kita, tapi ternyata jumlah klik iklan malah tidak bagus. CTR-nya kecil. Belum lagi ketika kita jadi merasa CPC-nya juga sangat kecil. Saya sudah menuliskannya di Kinerja Iklan Adsense Responsive Ternyata Kurang Bagus. Jangan terpengaruh ya, itu yang saya alami. Belum tentu akan sama hasilnya dengan blog anda.pengaturan adsense responsive

Loading...

Dari yang saya alami, iklan adsense responsive memang meningkatkan CTR pengunjung mobile tapi justru buruk bagi pengunjung via desktop atau laptop. Tergantung anda sih, mau bagaimana.

Pengaturan Iklan Adsense Responsive

Nah, sekarang bagaimana supaya kita bisa memasang iklan Adsense responsive yang juga akan bagus untuk meningkatkan CTR dari pengunjung desktop?

Sebenarnya kita bisa mengatur tampilan iklan responsive supaya lebih pas dengan tampilan blog kita. Pengaturan yang tersedia adalah auto, rectangle, horizontal, dan vertical. Ok, sekarang kita coba lihat apa saja pengaruhnya.

Seperti namanya, pengaruh masing-masing pengaturan iklan responsive itu akan seperti ini:

  • auto: iklan akan tampil sesuai ukuran layar kita. Kalau di layar desktop atau laptop pada umumnya 1366 x 768 piksel maka iklan yang sering muncul adalah iklan horizontal dengan panjang menyesuaikan.
  • rectangle: iklan yang muncul akan berupa kotak dengan tinggi minimal 200 piksel. Biasanya jika anda menggunakan pengaturan rectangle ini maka yang keluar adalah iklan image atau flash berukuran 336 x 280 piksel atau 300 x 200 piksel.
  • horizontal: anda akan lebih banyak melihat iklan berbentuk kotak memanjang horizontal dengan ukuran menyesuaikan. Yang paling sering muncul ya 468 x 60 piksel. Kalau tampil di layar smartphone yang keluar tampil bagus banget karena biasanya sangat pas dengan lebar layar dengan tinggi yang pas juga. Sumpah, kalau saya yang melihat iklan seperti itu pasti tertarik untuk melihat isinya. Sayangnya, jika saya pasang yang seperti itu ternyata malah buruk banget. Apa saya yang aneh ya? Haha…
  • vertical: seperti namanya, anda akan mendapat iklan berbentuk vertikal seperti ukuran 160 x 600 piksel dan 300 x 600 piksel. Banyak bisa kita lihat di pasang para blogger di sidebar.

Pengaturan Iklan Adsense Responsive Yang Terbaik

Saya cenderung untuk memakai pengaturan rectangle. Alasanya? Karena jika kita atur dengan rectangle ini, maka jenis iklan yang bisa terpasang lebih banyak. Seperti yang anda tahu, frame iklan Adsense yang lebih besar bisa secara otomatis terpasangi ukuran iklan yang lebih kecil, baik yang berupa teks maupun banner image / flash. Harapannya, akan lebih banyak yang nge-bid slot kita itu. Jadi ‘mungkin’ selain CTR lebih baik, CPC-nya juga akan meningkat. Sekali lagi, itu harapannya. Tidak ada jaminan ini akan bekerja maksimal pada blog anda. Silahkan dicoba dan silahkan juga di sharingkan di sini hasilnya.

Cara Mengatur Iklan Adsense Responsive

Jika anda selesai membentuk iklan Adsense responsive, maka script yang anda terima kurang lebih akan seperti ini:

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<!– nama channel iklan anda –>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block”
data-ad-client=”ca-pub-nomor kode ad-client”
data-ad-slot=”kode ad-slot”
data-ad-format=”auto“></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Nah, kalau anda mau mengubah tampilan iklan responsive tadi, cukup ganti kata auto dengan rectangle, horizontal, atau vertical gitu saja. Ingat ya, jangan coba-coba mengganti bagian lain dari iklan Adsense anda. Atau nasib buruk sedang menanti di surat cinta Google yang akan segera datang.

Bagaimana? Jika ada yang belum jelas atau ingin sharing pengalamannya memakai iklan Adsense responsive, monggo…. Saya tunggu komentarnya. Salam.

(Visited 22 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....