Tips Menggunakan WhatsApp di Laptop Supaya Lebih Nyaman

By | Mei 2, 2019

Beberapa tips menggunakan WhatsApp di laptop yang akan dee-nesia bagikan kali ini bisa membuat kamu semakin nyaman. Bisa jadi beberapa tips berikut ini sudah pernah kamu baca atau tahu sebelumnya. Tetapi sangat mungkin juga tips memakai WhatsApp di laptop ini sama sekali belum kamu ketahui.

Tidak semua orang itu geek dan uthek sampai mentok kan?

Sebelum mengetahui tips WA di laptop ini, saya tidak pernah berpikir WhatsApp memiliki banyak fitur asik untuk membuat pesan chat lebih menarik.

Harus saya akui, bahwa salah satu keuntungan menggunakan WhatsApp di laptop adalah saya tidak lagi harus memegang HP untuk mengirim, membaca, ataupun membalas chat dari keluarga, teman, atau rekan kerja. Sehingga pekerjaan tidak terlalu banyak terganggu. Lebih cepat dan praktis gitu.

Meskipun ada efek buruknya juga sih…, beberapa orang – terutama anggota keluarga – mengeluh bahwa sejak saya memakai WA di laptop, saya jadi lebih lambat responnya ketika di chat. hehe…. ya maaf… Saya bekerja.

hNah, supaya kamu tidak seperti saya – jadi lambat balas chat, kita mulai saja membahas tips menggunakan WhatsApp di laptop berikut ini….

Tips Menggunakan WhatsApp di Laptop

Tips menggunakan WhatsApp di laptop ini pasti akan membuat anda lebih nyaman.

Tips Menggunakan WhatsApp di Laptop Supaya Lebih Nyaman

  • atur notifikasi
  • pakai emoji dunk
  • manfaatkan tombol tab
  • format teks chatting
  • gunakan tombol short-cut
  • paste screenshot

Atur notifikasi

Karena saya bukan orang yang bisa multitasking alias sangat gampang terganggu konsentrasinya dan susah banget membagi perhatian dan berpindah objek ketika bekerja, maka notifikasi WhatsApp di laptop saya benar-benar saya matikan.

Jadi, ya hanya ketika saya merasa perlu memeriksa jika ada chat masuk, atau menunggu konfirmasi saja saya buka WhatsApp di laptop, hehe….

Sebenarnya bukan chat dari teman dan keluarga sih yang mengganggu, tetapi chat dari grup yang bikin jengkel dan tidak produktif.

Tips Menggunakan WhatsApp di Laptop Matikan notifikasi

Ini tidak wajib, tergantung seberapa gampang anda ter-distract oleh notifikasi.

Kalau kamu seperti saya – yang easily distracted begitu, silahkan coba matikan notifikasi WhatsApp di laptop dengan menekan tiga titik di aplikasi WhatsApp di laptop, pilih pengaturan, klik pada pilihan Pemberitahuan, lalu hilangkan centang pada pilihan Suara dan Desktop Alerts.

Dengan begitu, WhatsApp di laptop kamu sudah tidak akan membunyikan nada atau pemberitahuan ketika ada pesan masuk.

Tentu saja, ini sifatnya sesuai kebutuhan. Ketika kamu tidak sedang sibuk, silahkan dihidupkan lagi notifikasi suara dan Desktop Alerts tadi dengan mengembalikan centang-nya.

Jangan seperti saya ya…., nanti di cap anti sosial, hehe….

Pakai Emoji pada WhatsApp di laptop

Salah satu yang bikin malas memakai emoji pada WhatsApp di laptop adalah ketika kita harus menggunakan mouse. Terasa lama dan tidak praktis, tidak senyaman ketika kita memakai WhatsApp di smartphone.

hNah, ternyata, kita bisa menggunakan emoji di WhatsApp web ini tanpa mouse, jadi langsung dengan mengetikkan di keyboard.

Silahkan coba dengan menekan tombol titik dua, lalu sambung dengan kata yang menggambarkan emoji. (ribet juga sih, karena harus menekan tombol Shift + :/; itu, wkwkwk….)

Memakai emoticon lucu di WhatsApp web di laptop

Lucu kan….?

Coba yang ini:

  • :smile
  • :apple
  • :car
  • :angry
  • :fist
  • dll

Kalau muncul beberapa pilihan emoji, gunakan tombol arah panah, lalu tekan Enter.

Emoticon umum yang biasa kita pakai di SMS juga masih bisa digunakan loh…. Masih ingat emoticon :-), 🙁 dan juga 🙂 kan?

Sering menggunakan emoji, tapi merasa malas bila harus mengklik mouse. Ada cara mudah menggunakan emoji langsung dari keyboard.

Cukup ketikan awalan titik dua lalu kata yang menggambarkan emoji. Contoh :senyum, :marah, :kue, :apel dan :mobil. Bila ada beberapa emoji yang tampil, kita bisa memilih menggunakan tombol panah, lalu tekan Enter untuk memilihnya.

Kalau ternyata tidak bisa, mungkin karena bahasa default di laptop kamu bukan bahasa Indonesia. Coba ketik lagi dan gunakan bahasa Inggris.

Kita bisa menggunakan emoticon seperti di SMS untuk menampilkan emoji. Misalnya :-), 🙁 dan :-).

Gunakan tombol tab

Kalau di smartphone Android atau iOS, navigasi menu di WhatsApp itu nyaman banget, karena cukup pakai ujung jari kita.

Kalau di laptop, apalagi yang bukan layar sentuh, ya kita menggunakan mouse. Bukan tidak nyaman, tapi jadi terasa lambat saja dibandingkan kalau pakai smartphone.

Meskipun memakai laptop dengan layar sentuh, navigasinya juga tidak senyaman di smartphone, karena ukuran layar yang besar, dengan bidang navigasi yang jadi terlalu sempit untuk bisa disentuh tanpa ragu.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mulai membiasakan diri menggunakan tombol Tab di keyboard laptop kamu. Itu loh, yang letaknya di atas tombol Caps Lock.

Tekan tombol Tab pertama, kamu akan diantar ke bagian pencarian. Tekan kedua, ke daftar chat. Tekan ketiga, ke ikon emoji, dan keempat, kamu akan sampai di baris untuk mengetik chat.

Dan tombol Tab ini fungsinya sama di semua aplikasi Windows, memudahkan kita berpindah menu dengan cepat.

Format Teks

Kita juga bisa melakukan format teks pada chat WhatsApp di laptop sama dengan yang biasa kita lakukan di HP.

Misalnya seperti ini:

  • *Hi*
  • _Hi_ untuk Hi
  • “`Hi“` untuk Hi
  • ~Hi~ untuk Hi

Pakai Shortcut dunk…. biar terlihat kayak pro

Supaya lebih cepat dan produktif menggunakan WhatsApp di laptop, sebaiknya mulai menghapalkan beberapa shortcut tombol keyboard WhatsApp di laptop ini.

  • Ctrl dan N untuk membuat chat baru
  • Ctrl, Shift dan N membuat grup baru
  • Ctrl, Shift, / berpindah antar chat
  • Ctrl dan E menyimpan chat
  • Ctrl, Shift dan M me-mute chat
  • Ctrl, Shift dan U mengubah status
  • Ctrl dan Backspace/Del menghapus pesan
  • Ctrl dan P membuka profil

Paste Screenshot

mengirim screenshot laptop via WhatsApp

Sumpah! Ini nyaman sekali….

Kalau kamu cukup sering ditanya bagaimana melakukan sesuatu oleh teman-teman kamu sehingga perlu menyertakan screen shot dari layar laptop kamu, maka kamu bisa melakukannya dengan mudah tanpa perlu aplikasi lain. Alias cukup dengan menekan tombol Print Screen lalu langsung paste di baris penulisan pesan chat.

baca ini dulu gih: Cara dan Tips Membuat Screen Shot di Laptop Windows.

Jadi tidak perlu menyimpan screen shot di laptop kamu sebagai file gambar dengan menggunakan Paint atau Photoshop, langsung saja paste di WhatsApp di laptop dan screen shot kamu sudah siap dikirimkan. Tentu saja itu kalau kamu tidak perlu mengeditnya terlebih dahulu.

(Visited 63 times, 1 visits today)
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.