dee-nesia
mencari dan berbagi

Tips Menggunakan BBM untuk Berbisnis Online

Tips menggunakan BBM untuk berbisnis online | Pengguna BlackBerry di dunia dan juga Indonesia memang menurun. Tapi tidak dengan jumlah pengguna BBM. Langkah BlackBerry yang melepas BBM menjadi aplikasi di Android dan juga mobile OS yang lain beberapa tahun lalu adalah langkah yang sangat tepat untuk mempertahankan nama BlackBerry di kancah mobile. Jadi, meskipun sekarang RIM sudah menghentikan produksi smartphone BlackBerry-nya, BBM sebagai platform aplikasi chatting tetap menjadi yang nomor satu di Indonesia dan sebagian besar Asia.

Keunggulan utama BBM dibandingkan dengan aplikasi chatting yang lain seperti Whatsapp, Line, Kakaotalk, Telegram, dan yang lain-lainnya ada pada jumlah penggunanya. Sangat banyak. Bisa dibilang semua orang punya BBM. Terlepas apapun mobile OS yang mereka gunakan. Sampai-sampai semua toko online pasti mencantumkan PIN BBM sebagai alat utama untuk menghubungi mereka selain dengan nomor telepon.

Karena sudah terlanjur banyak itu tadi, BBM jadi sangat sulit digeser oleh aplikasi chatting lainnya. Dan anda, sebagai seorang pelaku bisnis online, dee-nesia yakin sudah memiliki dan menggunakan BBM sebagai sarana komunikasi utama dengan pelanggan.

hNah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara terbaik dan paling efektif menggunakan BBM untuk bisnis online?

Tips Menggunakan BBM Untuk Berbisnis Online

Loading...
Tips Menggunakan BBM untuk Berbisnis Online
Tips Menggunakan BBM untuk Berbisnis Online
1. Pisahkan smartphone untuk bisnis online dan smartphone untuk keperluan pribadi

Ini memang perlu sedikit modal. Untuk awalnya, memang kita bisa saja menggunakan satu smartphone dan satu akun BBM untuk semua keperluan kita. Mulai dari jualan sampai bertanya kabar pada teman dan saudara dilakukan dari akun BBM dan HP yang sama. Bisa saja.

Tapi ada saatnya, ketika bisnis online anda sudah mulai membesar, dengan jumlah pelanggan yang bertambah, dan tentu intensitas chatting dengan pelanggan yang jauh melebihi percakapan anda dengan teman dan saudara, maka anda akan merasa lebih nyaman untuk menggunakan setidaknya dua smartphone dan dua atau bahkan lebih akun BBM.

Tidak nyaman banget kan kalau anda sedang menelepon saudara, teman, atau bahkan orang tua dan terganggu dengan notifikasi dari BBM terus menerus?

Selain itu, ada yang menyarankan bahwa sebagus-bagusnya BBM di Android atau OS yang lain, performa BBM akan lebih baik jika berada dalam smartphone BlackBerry. Jadi, sebaiknya mulai dipikirkan untuk menggunakan BBM untuk bisnis di sebuah BB, dan BBM untuk keluarga dan teman diinstall di Android atau Windows Phone anda. Ini tidak mutlak, tapi sangat disarankan.

2. Buatkan Grup khusus untuk pelanggan

Seperti halnya grup pada media sosial atau aplikasi chatting yang lain, anda juga bisa membuat dan memanfaatkan grup untuk bisa lebih pasti merangkul pelanggan. Anda bisa melakukan update atau promosi produk baru dengan mudah. Yang pasti adalah jangan memaksa mereka untuk masuk ke dalam grup yang anda buat. Sekali mereka merasa dimanfaatkan, akan sulit untuk menarik mereka lagi ke dalam lingkaran pertemanan anda. Jadi, pilihkan kontak yang benar-benar mau bergabung.

3. Update Produk dan Promo Secara Berkala

Supaya efektif promo produk melalui BBM, lakukanlah update secara berkala. Jika perlu, anda bisa memakai satu produk yang sama sebagai bahan update secara berulang. Tapi jangan lupa untuk menyampaikannya secara berbeda setiap kali. Pertama kali, anda bisa sekadar mengumumkan saja tentang keberadaan produk baru itu. Kedua, sampaikan kalau ada perubahan harga. Entah naik atau turun, tidak soal. Silahkan dicoba mana yang paling berhasil. Produk dan anggota grup yang berbeda bisa membuat perbedaan hasil. Ketiga, anda bisa menyampaikan kalau produk sudah habis dan akan tersedia dalam beberapa hari kedepan. Keempat, anda bisa menyampaikan kalau ada diskon atau fitur baru yang ditambahkan dengan syarat tertentu. Dan lain-lain. Intinya jangan sampai grup anda menjadi sepi.

Kalau produk sudah jalan dan stabil, anda juga bisa membuat pelanggan anda tidak lupa dengan update status, mengganti Display Picture, atau yang lain.

Asal tidak terlalu sering dan disampaikan pada saat yang tepat, maka dengan relatif mudah anda akan memiliki pelanggan yang loyal dan percaya dengan produk anda.

4. Perhatikan Waktu Terbaik Melakukan Update Produk

Kapan waktu terbaik untuk melakukan update produk dan promosi melalui BBM? Jawabannya tidak terlalu pasti sih. Karena itu semua masih terpengaruh dengan jenis produk yang anda jual, dan juga aktivitas rata-rata anggota grup atau konsumen anda.

Jadi, lakukanlah beberapa kali update status atau broadcast pada waktu yang berbeda dan catat hasilnya. Perhatikan juga kebiasaan pelanggan untuk menghabiskan waktu. Pada dasarnya cuman gunakan waktu kira-kira kapan pelanggan punya cukup waktu untuk membaca broadcast anda dengan nyaman. Biasanya pada waktu istirahat siang, atau waktu lain dimana mereka hanya bisa diam menunggu. Pada jam-jam sibuk, orang akan cenderung mengabaikan pesan apapun termasuk jika awalnya mereka tertarik. Jadi?

5. Belajar Copy Writing Untuk Meraih Penjualan Maksimal

Dalam hal ini, copy writing adalah cara menulis kalimat yang menjual. Ada banyak tips di luar sana yang mengajari kita bagaimana membuat kalimat yang tepat, enak dibaca, mengena dengan kebutuhan pelanggan, dan sekaligus mampu membius pelanggan untuk membeli produk anda.

Batas antara membujuk, memberi pemahaman, dan merayu itu tipis. Dan bukan hal yang mudah untuk menuliskan kalimat yang efektif dan pas untuk membuat orang secara sukarela merasa perlu dengan produk yang kita jual dan tidak bisa menunggu untuk segera membeli.

Dimana belajarnya? Terserah anda sih. Kalau punya modal silahkan ikut seminar atau workshop copy writing yang sekarang sedang marak di kota-kota besar itu. Atau amati, tiru, dan kembangkan cara orang lain melakukannya. Mudah kan? Emmmm….

6. Jangan Melulu Promosi

Memang tujuan utama memakai BBM untuk bisnis adalah untuk menjual produk. Tapi anda tidak boleh lupa, bahwa ada yang lebih penting. Yaitu mendapatkan pelanggan yang loyal. Dan ketika yang mereka lihat di status kita hanya jualan saja, tidak akan lama itu akan membuat mereka merasa mudah keluar dari grup atau bahkan antipati dengan update status yang kita buat.

Sangat penting juga untuk membuat mereka merasa anda punya nilai lebih. Lebih dari sekadar jualan anda. Jadi jangan hanya melulu promosi. Ada kalanya anda bisa update status yang menyegarkan seperti cerita lucu, atau tips menarik seputar produk yang anda jual. Grup – atau lebih santun anda sebut ‘komunitas’ – yang anda bentuk haruslah memberi manfaat lebih bagi anggotanya. Dengan begitu, anda tidak hanya akan mendapat pelanggan, tapi juga komunitas yang keberadaannya memberi manfaat pada banyak orang, bukan hanya memberi anda uang. Jangan lupa baca juga Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat Lewat Internet.

(Visited 44 times, 1 visits today)