Tips Mengamankan Kartu Kredit Dari Kejahatan dan Penipuan

Bagaimana cara mengamankan kartu kredit supaya aman tidak sampai menjadi korban kejahatan atau penipuan yang akhir-akhir ini semakin marak terjadi? Apa mending tidak usah pakai kartu kredit saja sekalian?

Fungsi kartu kredit adalah sebagai sarana bagi pelanggan untuk memudahkan mereka melakukan transaksi jual beli. Dan memang semua kartu kredit, terlepas bank manapun yang mengeluarkannya memberi layanan kemudahan bertransaksi yang luar biasa. Jika anda memang hobi belanja, tentu paham benar betapa repotnya harus membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sudah bawa-nya beresiko, repot, harus secara manual menghitung uang yang kita bayarkan berikut dengan resiko salah hitungnya. Dibandingkan dengan bertransaksi dengan uang tunai, kartu kredit jelas menawarkan banyak sekali kemudahan.

Apakah kartu kredit tidak ada fitur keamanannya?

Jelas ada. Sebagai saranan bertransaksi, kartu kredit sudah dibekali dengan beragam fitur keamanan seperti password atau PIN khusus. Dari sisi kartu kreditnya, anda boleh yakin kalau dia itu aman. Lalu kenapa ada banyak kasus kartu kredit bermasalah?

Jawabnya, mohon maaf, lebih banyak karena kekeliruan pengguna sendiri. Keliru bagaimana? Ok, jika anda pernah mengalami masalah dengan kartu kredit anda, silahkan cermati hal-hal dibawah ini, siapa tahu anda pernah melakukan satu atau malah beberapa diantaranya. Kita sih berharap anda senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan tidak pernah lalai untuk berbagi rejeki dengan yang membutuhkan, hehe….

Mengamankan Kartu Kredit dari Kejahatan dan Penipuan

Mengamankan Kartu Kredit dari Kejahatan dan Penipuan


Tips Mengamankan Kartu Kredit dari Kejahatan atau Penipuan

  1. Jangan pernah sekalipun memberikan nomor kartu kredit kepada orang lain. Ini utamanya melalui telepon. Dari beberapa kasus penipuan kartu kredit akhir-akhir ini, kita bisa melihat kalau sang penipu menggunakan telepon untuk mempengaruhi korbannya.
  2. Pastikan anda menghubungi nomor yang benar jika mengalami masalah dengan kartu kredit anda. Ada banyak jebakan diluar sana. Jika anda menemukan brosur, stiker, atau apapun yang berisi panduan mengatasi masalah dengan kartu kredit, maka sebaiknya konfirmasikan dulu dengan pihak bank penerbit kartu kredit tentang kebenarannya.
  3. Kalau anda ingin membuat akun kartu kredit baru, pastikan ada fitur keamanan tambahan seperti adanya photo ID. Jadi jika kartu kredit anda digunakan orang lain, penjaga counter tempat anda bertransaksi akan lebih waspada.
  4. Jangan pernah menuliskan PIN atau nomor kartu kredit di manapun. Jika anda perlu catatan tentang PIN, nomor kartu kredit, atau password apapun, lebih aman kalau anda menggunakan aplikasi khusus untuk itu yang untuk membukanya butuh otentifikasi lebih rumit.
  5. Jangan membuang nota pembayaran untuk setiap transaksi yang anda lakukan dengan kartu kredit anda. Periksa apakah jumlah pembayaran pada nota sama dengan uang yang harus anda bayarkan ke bank. Jika anda yang meragukan, segera laporkan ke bank penerbit kartu kredit tadi.
  6. Catat nomor kartu kredit yang anda pakai berikut dengan tanggal kedaluarsanya. Anda bisa menggunakannya untuk melapor jika kartu kredit anda hilang atau dicuri.
  7. Jangan pernah menandatangani slip kosong kecuali benar-benar dibutuhkan.
  8. Jika anda punya lebih dari satu kartu kredit, ya tidak usah dibawa semuanya ketika bepergian. Bawa yang paling nyaman digunakan saja.
  9. Jangan meminjamkan kartu kredit ke orang lain, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya, dalam hal ini, keluarga dan teman masuk dalam kategori orang lain, hehe ….
  10. Amankan kartu kredit dan semua bukti transaksi di tempat yang aman. Sehingga, ketika ada masalah seperti penipuan, anda punya bukti yang kuat di depan bank.

Jadi bagaimana?

Loading...

Dari sekian banyak tips tadi, sebenarnya yang sering membuat kita mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya adalah kita sendiri. Penipuan iya, itu bisa terjadi. Demikian juga banyak jenis kejahatan lain yang terkait dengan kartu kredit. Namun, yang sering kita tidak mau akui adalah kita sendiri yang tidak bisa menahan diri begitu membawa kata diskon. Sehingga, pengeluaran setiap bulan melalui kartu kredit jadi besar. Mau aman? Jangan pakai kartu kredit, hehe…. Jangan lupa untuk baca juga Tips Belanja Online Dengan Kartu Kredit Yang Aman.

Tips Mengamankan Kartu Kredit Dari Kejahatan dan Penipuan
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 122 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.