Tips Memilih Susu Untuk Lansia yang Aman

Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Perbedaannya bisa didasarkan pada rentang usia, jika Anda pria atau wanita, keadaan khusus yang menyertai, dan juga aktivitas harian seseorang. Demikian juga dengan pilihan susu untuk lansia. Mana yang terbaik, itu tidak bisa disamaratakan begitu saja.

Susu adalah bahan pangan hewani yang kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, lemak dan laktosa. Secara umum, asupan susu bisa menjadi sumber gizi yang bagus dan aman untuk dikonsumsi semua kategori usia.

Saat ini, hampir semua produk susu untuk konsumsi sudah mengalami pengolahan. Sampai-sampai orang kurang lagi familiar untuk mengkonsumsi susu murni yang langsung berasal dari peternakan sapi perah.

Yang beredar di pasaran adalah produk susu yang sudah diformulasikan sedemikian rupa, diolah sedemikian rupa untuk menjangkau pasar atau konsumen yang berbeda-beda. Mulai dari susu formula untuk bayi – sampai susu untuk lansia, ada produk susu-nya sendiri-sendiri.

Susu untuk lansia sendiri masih dibedakan lagi dengan konsentrasi pada kemungkinan kebutuhan khusus yang ada pada konsumen. Semisal susu untuk lansia dengan penambahan kandungan tertentu, protein tertentu untuk menjaga massa otot, vitamin D dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, serat untuk pencernaan yang lebih baik, dan masih banyak lagi.

Memilih Susu Untuk Lansia yang Aman

Manfaat minum susu untuk lansia

Selain rasanya yang enak, meminum susu juga memberikan banyak sekali manfaat untuk lansia.

Dengan memilih susu yang tepat untuk lansia, mereka akan mendapatkan beragam manfaat – mulai dari memperlambat proses pengeroposan tulang – osteoporosis, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga massa otot – tetapi tidak bikin gemuk.

Mengonsumsi susu secara rutin juga dapat membantu menyehatkan otak. Susu untuk lansia pada umumnya memiliki kandungan gluthatiotine atau antioksidan. Untuk manula, mengonsumsi susu juga bisa mencegah pikun.

Masalahnya, di pasaran, ada banyak sekali merk susu khusus untuk lansia, semua memberi klaim menjadi yang terbaik dan paling tepat. Dan ini, ujung-ujungnya membuat konsumen rada bingung memilih mana yang paling pas dikonsumsi. Alih-alih baik untuk kesehatan, susu yang tidak cocok malah beresiko membuat kondisi tubuh menjadi kurang baik.

Tips Memilih Susu Untuk Lansia yang Aman

Pahami formula yang dikandung produk susu

Ini adalah tips paling penting pada saat memilih produk susu untuk lansia. Anda bisa mendapatkan daftar kandungan vitamin, mineral, atau bahan lain di label pada kemasan susu.

Berikut ini adalah kandungan yang biasanya ada dalam produk susu khusus bagi lansia.

Susu tinggi protein: bermanfaat untuk menjaga massa otot. Paduan antara olah raga yang baik dan asupan susu tinggi protein akan membantu lansia menjaga kondisi ototnya supaya lebih lama bugar. Protein juga bisa membantu lansia lebih cepat pulih ketika mengalami sakit.

Susu dengan kandungan kalsium: bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Biasanya, kandungan kalsium akan dibarengi dengan tambahan vitamin D. Kehadiran vitamin D dalam susu ini berfungsi untuk mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Sehingga lansia bisa memeroleh manfaatnya secara penuh.

Produk susu khusus untuk lansia juga tinggi serat: ini berfungsi supaya lansia tidak mengalami sembelit dan melancarkan pencernaannya.

hNah, yang sebaiknya tidak ada atau rendah kandungannya adalah gula atau laktosa. Ini memang akan membuat rasa susunya menjadi kurang enak bagi kebanyakan orang Indonesia. Untungnya, ada banyak varian susu bagi orang tua yang memiliki perasa lain untuk mengkompensasi rasa manis dari gula ini, sehingga rasanya masih tetap enak.

Susu tanpa gula tambahan ini relatif aman untuk penderita kencing manis dan tidak bikin gemuk. Jadi, kalau susunya sudah tanpa gula, ya jangan ditambahi gula sendiri.

Alternatifnya, Anda bisa pilih susu yang memakai pemanis buatan yang aman bagi penderita diabetes.

Selain formula di atas, hadir pula susu khusus untuk lansia yang mengandung nutrisi lengkap. Produk susu seperti ini bisa dipilih untuk mengganti makanan.

Pada saat-saat tertentu – semisal sedang sakit – cukup banyak lansia yang tidak mau atau sulit sekali untuk makan makanan harian. Susu dengan nutrisi lengkap ini bisa diminum untuk tetap mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Produk susu yang ini biasanya punya kandungan cukup karbohidrat, protein, lemat, dan mikronutrien lainnya. Sementara kalorinya juga lumayan tinggi.

Pahami kebutuhan lansia

Setelah sebelumnya kita perhatikan kandungan yang biasa ada pada produk susu untuk orang tua, supaya tidak salah pilih, kita juga musti paham dengan hal-hal khusus yang mungkin mempengaruhi pilihan produk susu untuk mereka.

Perhatikan jika lansia berada dalam kondisi khusus. Semisal mereka mengalami diabetes, tentu sebaiknya pilih produk susu yang khusus bagi mereka. Atau setidaknya pilih produk yang kadar gula-nya aman. Ini juga berlaku jika ternyata mereka punya lactose-intolerrant.

Kalau tidak cocok, malah bisa berakibat diare, sembelit, atau mual.

Selain laktosa, cari tahu juga jika lansia tidak bisa mengkonsumsi gluten. Oleh karena itu, ada baiknya memilih susu yang bebas gluten untuk menghindari intoleransi terhadap gluten pada lansia terutama yang disebabkan akibat mengkonsumsi susu.

Cermati tanggal kedaluwarsanya

Sebagai produk yang dikonsumsi – terlebih oleh lansia – selalu periksa tanggal kadaluarsa produk susu yang dibeli. Jika sudah kurang dari 3 bulan akan kadaluarsa, sebaiknya cari yang tanggal kadaluarsanya lebih lama.

Selain itu, jaga juga supaya produk susunya habis diminum tidak lebih dari seminggu setelah dibuka. Penyimpanan yang benar juga sangat mempengaruhi kualitas dan kesehatan susu.

Intinya sih, karena ini untuk lansia, yang mana Anda sadar bahwa batas toleransi tubuh mereka terhadap kualitas makanan dan minuman sudah tidak seperti ketika mereka masih muda, maka beli produk susu yang terbaik, sajikan dengan baik, dan simpan dengan aman.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.