Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Tips Memilih Kartu VGA Terbaik dan Murah

Tips Memilih Kartu VGA Terbaik dan Murah | Buat gamer, kartu VGA yang bagus itu harga mati. Lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk membeli kartu VGA yang lebih bagus dari pada main game serba terbatas. Memang sih, kalau main game di laptop itu urusannya jadi lain. Karena kita tidak bisa sembarangan upgrade VGA laptop. Itu tidak mungkin. Yang paling bisa cuman mengoptimasi sistem supaya laptop bisa main game dengan lancar. Untuk laptop, beli saja yang memang spesifikasinya menunjang untuk main game berat. Beda lagi kalau kita main game di PC desktop. Kita bisa mengupgrade kartu VGA sampai mentok. Batasannya cuman anggaran yang kita alokasikan. Kadang gara-gara upgrade VGA, kita juga baiknya menyesuaikan dengan dukungan motherboard dan perangkat lain di PC yang kita gunakan. Tapi intinya, upgrade VGA di desktop PC itu sangat mungkin. Jadi pengalaman main game jelas beda, dengan pengeluaran yang lebih ringan.

Masalahnya sekarang, bagaimana cara memilih kartu VGA yang bagus dengan anggaran yang ya … agak-agak terbatas gitu. Minimal kita bisa dapat best-value-lah. Tidak mahal-mahal amat, tapi masih bisa kita ajak main game agak berat.

Tips Memilih Kartu VGA Terbaik dan Murah

asus amd radeon r7 240 vga card

Loading...
Apa saja sih yang harus kita perhatikan ketika memilih kartu VGA? Beberapa yang dibawah ini mungkin pernah anda dengar. Beberapa mungkin belum. Harapannya ya semoga anda bisa memakainya sebagai referensi ketika memilih kartu VGA terbaik untuk main game.

Pilih VGA dengan memory minimal 128 bit

Di pasaran, umum anda akan melihat kartu VGA dengan memory 64 bit dan 128 bit. Ada juga sih yang 512 bit, tapi itu harganya masih selangit. Kalau anggaran anda tidak benar-benar longgar, mending jangan dulu-lah. Teorinya begini, semakin besar jumlah bit memory pada sebuah kartu VGA, maka semakin besar juga kemampuan dia untuk mengalirkan data alias bandwidth-nya semakin lebar. Ini akan membuatnya mampu mengalirkan data lebih banyak dalam waktu yang sama. Maka jelas performanya akan lebih bagus. Faktor lain yang memengaruhi adalah jumlah GPU/shader core-nya. Tips gampangnya, pilih kartu VGA yang memiliki memory bit lebih tinggi, minimal 128 bit.

Kapasitas VRAM besar tidak sama dengan kinerja lebih baik

Kekuatan GPU-lah yang menentukan performa kartu grafis. Besaran atau kapasitas VRAM memang berpengaruh. Tapi tidak selalu kartu VGA yang dilabeli kapasitas lebih besar itu lebih cepat dari pada yang kapasitasnya lebih kecil. Misalnya begini, jika dibandingkan kinerja kartu VGA bertipe GDDR3 dengan kapasitas 2 GB dengan GDDR5 dengan kapasitas VRAM cuman 1 GB, maka bisa jadi yang kedua yang menang. Kog bisa?

Pada kartu VGA kelas bawah (GDDR3 tadi), kapasitas VRAM 2GB tadi tidak bisa digunakan sampai mentok. Pada resolusi 1920×1080, setting Ultra pada game tidak akan bisa berjalan. Sementara GDDR5 masih bisa berjalan meskipun VRAM-nya hanya 1GB. Semakin kuat GPU-nya, semakin cepat dia mengolah data, jadi kapasitas VRAM bisa dipakai lebih optimal.

Pilih VGA dengan GPU Generasi Terbaru

Semakin baru seri kartu VGA yang anda beli, maka anda akan mendapatkan teknologi terbaru juga. Meski anda memilih atau cuman mampu beli kartu VGA kelas bawah, tapi jika itu adalah generasi terbaru, maka sejumlah perbaikan dan peningkatan baik dari segi performa maupun efisiensi tenaga yang mempengaruhi kinerjanya juga akan anda dapatkan.

Mirip-mirip dengan processor, GPU juga berubah dengan cepat. Siklusnya memang tidak secepat processor sih. Ada baiknya anda cari sebanyak mungkin referensi seri terbaru kartu VGA. Tidak masalah jika nanti hanya beli yang versi bawah, paling tidak ini seri baru. Biasanya juga dukungan vendor terhadap update firmware-nya masih bagus.

Pilihan Kartu VGA Di Bawah 1 Juta

Kalau tertarik beli yang lain, silahkan baca juga Pilihan Kartu VGA 128 bit Di Bawah 1 Juta.

Bagaimana? Sudah siap memilih kartu VGA terbaik sesuai dengan budget yang anda siapkan? Kalau belum, ya nabung dulu lah. Hehe… Happy gaming….

Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....