Tips Memberikan Komentar Yang Baik

Sebelum anda membaca lebih lanjut, sebaiknya kita samakan persepsi dulu mengenai seperti apa sih komentar yang baik itu? Sehingga tips memberikan komentar yang baik ini nantinya tidak malah menjadi batasan yang mengurangi kreativitas kita untuk berkomentar. Ini kan cuman tips, bukan hukum. Kalau berhasil ya silahkan diikuti, kalau tidak atau kurang ya saya minta kritikan dan saran. Jangan ragu memberikan komentar atas postingan ini. Komentar adalah promosi gratis blog kita anda, kan? Silahkan berkomentar sebebas-bebasnya, asal tidak nye-PAM.

Nah, ukuran baik dan tidaknya komentar paling tidak bisa dipecah menjadi dua. Pertama, bagi yang memberi komentar. Kedua, bagi yang diberi komentar. Coba kita lihat satu per satu.

Bagi yang memberikan komentar, komentar yang baik haruslah memberikan tambahan reputasi kepadanya. Kalau komentar kita mampu menambahkan sesuatu bagi postingan yang kita beri komentar, maka pengunjung lain bisa jadi merujuk pada komentar yang kita berikan sebagai informasi tambahan yang bernilai lebih atas informasi tersebut. Selain itu, karena komentarnya bagus, ada kemungkinan pengunjung lain akan tertarik untuk berkunjung ke blog pemberi komentar. Ini sisi baik kedua.

comment-me

Loading...
Ketiga, dengan berkomentar, kita dipaksa untuk ikut berpikir atas diskusi yang terjadi, berarti juga kita belajar menganalisa masalah, mencari jalan keluar, dan yang terpenting mensharingkan pemikiran kita atas hal yang dibahas postingan itu. Pendek kata, berkomentar juga baiknya menambah wawasan pemberi komentar itu sendiri.

Bagi blog yang diberi komentar, sisi baiknya adalah berarti tulisan kita tidak percuma, baik itu jika dikomentari positif maupun negatif, baik jika dikritik atau disanjung. Semuanya memberi nilai lebih pada postingan itu. Intinya postingan kita populer. Asal tidak kena komentar yang cuman SPAM saja, hehe …

Nah, sekarang ini dia tips memberikan komentar yang baik supaya komentar kita disenangi pemilik blog dan membawa efek baik buat kita.

  • Pertama, komentar haruslah personal. Gunakan sapaan yang ramah dan casual dengan ditambahi guyonan sedikit tanpa meninggalkan kesan bahwa kita bersungguh-sunguh.
  • Kedua, sebisa mungkin kita berusaha menambahkan sesuatu pada postingan yang kita beri komentar. Bisa fakta tambahan, opini pribadi kita, atau pemecahan lain dari hal yang sedang dibahas. Ini bisa menambah reputasi anda.
  • Ketiga, kalau kita tidak setuju dengan isi postingan tersebut, sampaikanlah dengan sopan dan ramah. Sampaikan juga hal yang bisa memperkuat atau memperbaiki pendapat pemilik blog itu sebagai tambahan. Tidak perlu menggunakan kata-kata yang kasar dan kotor. Mulutmu – harimaumu, kan? Ingatlah, bahwa kita memberi komentar untuk membangun hubungan baik, bukan malah mencari permusuhan.
  • Ke-empat, gunakanlah kata dan kalimat yang sederhana, supaya semudah mungkin bisa dimengerti.
  • Kelima, sampaikan bahwa anda tertarik dan merasa terinspirasi dengan postingan itu. Mintalah penjelasan dan ‘pencerahan’ dengan sopan. Mungkin pemilik blog atau pengunjung lain akan bisa memberi petunjuk bagi masalah yang anda sampaikan sehubungan dengan hal yang dibahas.

Selain memberikan komentar yang baik, kita juga perlu tahu seperti apa komentar yang disenangi pemilik blog dan juga mesti komentar apa kalau postingan itu sudah sempurna?

(Visited 179 times, 1 visits today)
Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....