dee-nesia
mencari dan berbagi

Tips Memberikan Komentar Yang Baik

Sebelum anda membaca lebih lanjut, sebaiknya kita samakan persepsi dulu mengenai seperti apa sih komentar yang baik itu? Sehingga tips memberikan komentar yang baik ini nantinya tidak malah menjadi batasan yang mengurangi kreativitas kita untuk berkomentar. Ini kan cuman tips, bukan hukum. Kalau berhasil ya silahkan diikuti, kalau tidak atau kurang ya saya minta kritikan dan saran. Jangan ragu memberikan komentar atas postingan ini. Komentar adalah promosi gratis blog kita anda, kan? Silahkan berkomentar sebebas-bebasnya, asal tidak nye-PAM.

Nah, ukuran baik dan tidaknya komentar paling tidak bisa dipecah menjadi dua. Pertama, bagi yang memberi komentar. Kedua, bagi yang diberi komentar. Coba kita lihat satu per satu.

Bagi yang memberikan komentar, komentar yang baik haruslah memberikan tambahan reputasi kepadanya. Kalau komentar kita mampu menambahkan sesuatu bagi postingan yang kita beri komentar, maka pengunjung lain bisa jadi merujuk pada komentar yang kita berikan sebagai informasi tambahan yang bernilai lebih atas informasi tersebut. Selain itu, karena komentarnya bagus, ada kemungkinan pengunjung lain akan tertarik untuk berkunjung ke blog pemberi komentar. Ini sisi baik kedua.

comment-me

Ketiga, dengan berkomentar, kita dipaksa untuk ikut berpikir atas diskusi yang terjadi, berarti juga kita belajar menganalisa masalah, mencari jalan keluar, dan yang terpenting mensharingkan pemikiran