Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Tips Membeli iPhone Bekas Supaya Aman

Membeli iPhone bekas menjadi alternatif terbaik buat anda yang ingin memiliki smartphone iOS dari Apple itu. Harga iPhone 6 yang sekarang adalah versi terbaru iPhone masih terbilang mahal. Buat yang dananya tidak terbatas, itu memang bukan masalah, tapi buat orang kebanyakan yang harus menabung dulu untuk bisa memiliki gadget idaman mereka, harga iPhone 6 itu termasuk dalam tataran tidak terjangkau. Untuk itulah, membeli iPhone bekas adalah pilihan terbaik.

Sama saja seperti smartphone Android, ketika Apple merilis iPhone terbaru, maka versi yang lama akan mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Ok-lah, kita tidak memiliki iPhone terbaru. Toh, iPhone versi lama juga masih dapat update iOS terbaru. Jadi kita tidak akan kehilangan fitur-fitur pokok yang hadir di iOS terbaru tadi. Tidak perlu khawatir membeli iPhone bekas akan membuat anda ketinggalan jaman.

Salah satu alasan memilih iPhone dibanding Android adalah usia-nya sebelum menjadi benar-benar kedaluwarsa. Yang saya maksud di sini bukan soal masa pakai-nya, tapi masa rentang waktu atau siklus rilis produk iPhone itu sendiri. Bandingkan dengan Android yang rata-rata produsennya merilis versi baru dalam rentang beberapa bulan saja.

Apalagi Samsung yang terkesan ngicrit-icrit perilisan produknya dalam rentang waktu sangat pendek. Barusan meliris Galaxy S6, ada varian S6 Edge, eh…, barusan ada lagi S6 Edge Plus. Kalau iPhone, anda tidak akan menemukan begitu banyak varian. Untuk satu versi, paling-paling hanya akan ada dua atau tiga varian dengan rentang rilis yang agak lama. Jadi meskipun anda membeli iPhone bekas, tidak akan merasa ‘keliru’ beli karena barusan beli, eh, sudah muncul versi baru lagi.

Yang harus dicermati adalah bahwa meskipun berstatus barang ‘bekas’, iPhone versi lama ini tetap banyak peminatnya, alias ramai. Jika pasarnya besar, maka besar kemungkinan ada banyak orang yang bermain-main di sana untuk memperoleh keuntungan lebih dari jual beli iPhone bekas. Kalau membeli iPhone baru dari toko, kita bisa yakin bahwa garansi yang diberikan toko itu beneran.

Tapi jika kita beli iPhone bekas, agak susah untuk melakukan klaim jika nanti ada masalah. hNah, supaya anda aman dari penipuan dan terhindar dari masalah saat membeli iPhone bekas, ada baiknya baca yang berikut ini deh…

Tips Membeli iPhone Bekas

Tips Aman Membeli iPhone Bekas

Pastikan nomor IMEI pada body dan software-nya sesuai

IMEI pada body dan software-nya harus sesuai. Bisa saja anda melihat body iPhone bekas incaran anda itu terlihat mulus tanpa cela. Tapi jika nomor IMEI-nya tidak sama, bisa jadi iPhone bekas tadi sudah mengalami pergantian body. Dan itu artinya bisa buruk. Sebaiknya, cari yang lain saja. Tidak usah mendebat penjualnya. Segera pindah cari iPhone bekas yang lain yang IMEI-nya cocok saja.

Bagaimana cara melihat nomor IMEI iPhone?

Mudah kog, pertama lihat bagian belakang iPhone tadi. Catat nomor IMEI-nya. Sekarang untuk melihat IMEI yang di dalam, pergi ke Settings > General > About. Nomor IMEI-nya akan muncul di situ. Mudah kan?

Pastikan fitur Activation Lock tidak terhubung dengan Apple ID pemilik sebelumnya

Sejak iOS 7 dirilis, ada fitur keamanan baru yang disematkan di iPhone, yaitu fitur Activation Lock. Fitur ini membuat iPhone menjadi tidak menarik untuk dicuri. Karena tidak akan bisa digunakan dengan nyaman oleh pengguna barunya.

Jika anda beli iPhone bekas, pastikan fitur Find My iPhone sudah tidak aktif. Jika masih aktif dan terhubung dengan akun Apple ID pemilik sebelumnya, ya mintalah dia untuk mereset iPhone tersebut. Jika tidak bisa. Cari yang lain saja. Karena jika tidak direset dengan password pemilik awal, anda tidak akan bisa memasukkan Apple ID anda sendiri. Kalau penjual-nya tidak bisa melakukan itu, maka bisa jadi itu iPhone curian.


Coba periksa Settings > iCloud dan matikan “Find my iPhone.” Kalau tidak bisa, coba pergi ke situs Activation Lock Apple lalu masukkan nomor IMEI-nya. Dengan begitu anda bisa mengetahui jika fitur Find my iPhone pada iPhone bekas tersebut aktif atau tidak.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 1,389 kali, hari ini 1 kali)
Loading...