Tips Membeli HP Bekas Supaya Aman Terhindar Dari Penipuan

Membeli HP atau ponsel bekas bisa menjadi pilihan ketika kita membutuhkan ponsel sementara uang yang bisa kita anggarkan terbatas. Saya sendiri membeli hp bekas karena karena kebetulan saya membutuhkan sebuah hp lagi karena hp utama saya pakai sebagai modem. HP kedua ini lebih banyak saya pakai untuk bertelepon dan sms supaya HP utama yang menjadi modem itu tidak terganggu.

Membeli HP bekas tidak segampang membeli barang bekas yang lain. Kebanyakan penjual tidak mengijinkan kita untuk membuka jeroan dari ponsel. Jadi yang bisa kita lakukan hanya melihat fisiknya dari luar saja. Nah, terus bagaimana supaya aman dan tidak salah pilih ketika membeli hp bekas? Tips membeli hp bekas dibawah ini bisa membantu kita.

Tips membeli HP bekas supaya aman terhindar dari penipuan

tips membeli hp bekas
Membeli HP bekas itu kadang untung-untungan. Kalau bagus ya bagus, kalau sial ya sial saja dapat HP bekas yang ancurnya ga’ ketulungan
Loading...
  1. Mintalah garansi selama mungkin. Garansi adalah hal pertama yang harus anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli hp bekas tadi. Kebanyakan hp bekas, baru akan terlihat masalahnya ketika sudah dipakai beberapa waktu. Kalau penjualnya hanya berani memberi garansi kurang dari seminggu, baiknya pikirkan untuk mencari hp yang lain atau pindah counter saja. Mintalah garansi selama mungkin, bernegosiasilah!
  2. Ujilah kemampuan dasar hp bekas anda. Kemampuan untuk menerima sinyal adalah kemampuan paling mendasar untuk anda uji. Baru kemudian coba uji tombolnya, layar, kamera, video recorder, radio, mp3 player, fitur 3G/HSDPA, dll. Selanjutnya periksa lagi ketika ponsel dalam keadaan dipakai alias telepon. Gunakan kartu dengan sinyal terlemah. Cobalah telepon selama mungkin. Supaya tidak rugi, ya telp pacar atau selingkuhan, atau kalau mau gratis ya telepon operator saja. Ponsel dengan masalah sinyal akan bermasalah bila dipakai untuk telepon dengan durasi yang lama. Juga perhatikan apakah ponsel suka hang bila dipencet tombolnya.
  3. Pakai kode rahasia untuk melihat kemampuan hp. Kalau mungkin gunakan kode rahasia tertentu untuk melihat lebih dalam fitur-fitur tersembunyi hp yang tidak bisa di uji dalam keadaan standar.
  4. Usahakan membeli hp bekas di toko langganan anda. Tapi ada hal hal yang tidak bisa langsung terdeteksi langsung  seperti  batere yang masih layak atau tidak atau mungkin  ponselnya yang bermasalah sehingga batere ponsel tidak tahan lama. Itulah kenapa perlunya meminta garansi dari toko.  Usahakan beli di toko langganan anda. Sebab semakin dekat hubungan anda, semakin kecil pula kemungkinan mereka menjual barang yang tidak bagus kepada pelanggan setianya.

Nah, semoga tips membeli hp bekas diatas bisa meminimalisir kemungkinan anda keblubuk-kapusan-tertipu ketika membeli hp bekas. Selamat berburu! source: selular

Loading...
Tags:,