Tips Membangun Base CoC Supaya Defense Maksimal

Tips membangun base CoC supaya defense maksimal itu mutlak direncanakan dengan matang kalau kamu mau Town Hall dan terutama resource village kamu aman. Masih akan tetap kalah sih kalau kebetulan diserang pemain yang troop-nya jauh lebih kuat dari menara pertahanan yang kamu punya.

Tapi setidaknya, base CoC yang defense-nya maksimal sesuai dengan level Town Hall kamu akan membuat pemain lain mikir panjang sebelum mulai men-deploy troop mereka. Dan seandainya pun mereka jadi menyerang, mereka akan terkejut dan jengkel karena base CoC kuat dan menjebak yang kamu punya. Dan kamu akan tersenyum bangga melihat ada penyerang dengan pasukan yang jauh lebih kuat ternyata tidak berhasil mendapat loot yang besar dari village kamu.

Kalau kamu search di internet untuk mencari tips membangun base CoC supaya defense maksimal, maka kamu akan menemukan banyak sekali. Tidak terlalu rumit juga sebenarnya. Asal kamu terapkan beberapa tips untuk membangun base CoC yang kuat di bawah ini, kamu tidak akan mengalami kesulitan.

Base CoC Bunga


Tips Membangun Base CoC Supaya Defense Maksimal

1. Tempatkan menara pertahanan dengan efektif

Kita bisa kelompokkan senjata pertahanan di Clash of Clans menjadi beberapa kelas. Yang paling kuat adalah X-Bows dan Inferno. Dan yang baru-baru ini muncul ada Eagle Artillery yang baru bisa dibangun ketika Town Hall kamu mencapai level 11.

Kemudian ada Mortar dan Wizard Tower yang cocok untuk mengawasi dan menjaga area yang lebih luas.

Berikutnya, kita punya Tesla, Archer Tower, Air Defense, dan Canon. Mereka sebaiknya ditempatkan mengelilingi bangunan yang penting.

Tipsnya begini:

  • tempatkan senjata yang kuat di tengah atau mendekati bangunan terpenting, yaitu Town Hall.
  • tempatkan senjata dengan jangkauan tembakan bisa saling melindungi.
  • Tesla, Archer Tower, dan Cannon ditempatkan mengelilingi bangunan
  • Tempatkan Mortar dalam pola segitiga atau segi empat dalam jarak jangkauan tembakan
  • Wisard Tower bisa diletakkan dalam satu garis

2. Jangan pelit upgrade wall dan Gunakan Dengan Efektif

Wall yang levelnya tinggi mau tidak mau akan membuat pemain lawan mikir dulu. Belum lagi kalau mereka melihat kamu menggunakan tembok bukan cuman untuk melindungi bangunan tapi juga menggiring troop penyerang masuk ke dalam perangkat.

Jadi, pertama, jangan pelit untuk menggunakan gold dan elixir kamu untuk mengupgrade wall. Dan kedua, rancanglah penempatan wall yang bisa memaksa troop lawan untuk mengikuti path yang kamu buat berikut dengan penempatan bom dan traps.

Yang bisa kamu ingat adalah bahwa Giant cenderung menyerang Air Sweeper terlebih dahulu, baru kemudian Air Defense. Senjata yang lain akan diserang berikutnya dengan prioritas berdasarkan jarak terdekat.

Jadi, semisal kamu bisa membangun tembok yang penempatan senjatanya pas, berikut dengan traps-nya, Giant musuh bisa kamu kurangi sampai maksimal.

3. Perkirakan atau Rancang Tempat Yang Bakal Ramai

Kalau sudah bermain CoC lumayan lama, kamu tentu tahu ada pemain CoC yang membangun base-nya dengan membuat seolah-olah terbuka dan mudah diserang. Dan ternyata ketika kamu mulai deploy troops, jebakannya sangat efektif menghancurkan troop kamu.

Jadi, kamu juga bisa membangun yang seperti itu. Berdasarkan pengalaman kamu, perkirakan sisi mana yang mungkin akan terlihat sebagai sisi paling lemah dari base CoC kamu. Dan di situlah sebaiknya jebakan di tempatkan dengan tepat. Coba-cobalah sampai dapat yang paling optimal.

Bom bisa ditempatkan di dekat senjata yang kuat atau di dekat gudang Gold dan Elixirs. Efek bom untuk Giant itu tidak seberapa. Lebih efektif untuk menjebak Goblin dan Hog Rider.

4. Jangan Tempatkan Gudang Berdekatan

Kebanyakan pemain CoC yang masih baru, menempatkan gudang Gold dan Elixir berdekatan atau berada dalam satu lingkaran wall. Ini terlihat simple dan mudah dilakukan. Alasannya karena kita akan lebih mudah menempatkan senjata untuk melindungi mereka. Nyatanya ini bukan hal yang bagus.

Dengan gudang yang dibangun berdekatan atau dalam satu lingkaran wall, artinya sekali ada wall yang jebol maka troop lawan akan bisa masuk dan menghancurkan semuanya. Dan…, habislah…. Lagipula, kalau gudang terlalu berdekatan, simpanan Gold dan Elixir kamu bisa dicuri dengan serangan Petir.

Maka coba sebar penempatan gudang minimal menjadi 4 tempat dengan dilindungi senjata yang ada.

Khusus untuk gudang Dark Elixir, tempatkan di tengah, sendirian, dikelilingi wall. Dan lindungi dengan maksimal. Karena dia terlalu berharga. Hehe….

5. Pastikan Town Hall dan Clan Castle Terletak di Tengah

Beda dengan beberapa bulan yang lalu, dimana Clan Castle sebaiknya berada di tengah, sementara Town Hall ditaruh luar wall. Dengan harapan pemain lawan akan cukup puas ‘mengalahkan’ village kamu dan tidak berlanjut menyerang gudang kita.

Di update CoC terbaru, ini tidak lagi bisa kita terapkan. Sekarang, kalau TH hancur, tidak otomatis kita dapat perlindunga selama 12 jam lagi seperti dulu.

Jadi sebaiknya tempatkan Town Hall dan Clan Castle di tempat yang paling terlindung.

Tips lainnya:

  • usahakan satu gudang saja yang penuh. Misalnya, kalau Gold lagi banyak, minimalkan simpanan Elixir, dan sebaliknya. Kenapa? Supaya penyerang menjadi ilfil untuk menyerang, hehe…. Karena menang pun dapatnya sedikit.
  • karena lebih mudah mengumpulkan Gold dari pada Elixir, sementara fokuslah membangun senjata sampai maksimal dengan Gold, baru kemudian membangun resource.
Loading...

Bagaimana? Semoga beberapa tips membangun base CoC supaya defense maksimal diatas bisa berguna buat kamu. Jangan lupa untuk membaca juga Cara Mudah Mendapatkan Gems CoC Gratis.

Tips Membangun Base CoC Supaya Defense Maksimal
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 723 times, 1 visits today)
Tags:,

Komentar Terakhir

  1. Taufik
  2. agung

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.