Tips dan Trik Menghadapi TOEFL dan IELTS

Ketika kamu memutuskan untuk mengikuti tes bahasa Inggris yaitu TOEFL atau pun IELTS, pertanyaan yang paling sering muncul adalah bagaimana cara dapat nilai tinggi tes TOEFL atau IELTS yang akan kamu hadapi? Kamu pasti bisa mendapatkannya! Tetapi kamu juga harus tau bagaimana tips dan triknya.

Banyak artikel yang menuliskan tentang macam-macam tips dan trik mengerjakan tes TOEFL dan IELTS. Tetapi jangan asal membaca dan langsung percaya. Pastikan kamu mendapatkan artikel tadi dari sumber yang terpercaya dan benar-benar kredibel, seperti misalnya tips dan trik dari English First yang memang dikenal sebagai salah satu lembaga tes bahasa Inggris terpercaya. Kamu bisa akses artikel tersebut disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/5-tips-mendapatkan-nilai-tinggi-saat-toefl-ibt/.

Pada dasarnya, tes TOEFL dan IELTS memiliki persamaan dan perbedaan yang menuntut kamu untuk melakukan strategi persiapan dan mengerjakan kedua macam tes bahasa Inggris ini.

Tips dan Trik Menghadapi TOEFL dan IELTS

Singkatnya, berikut ini adalah cara mengerjakan ujian IELTS atau TOEFL dan cara menaklukannya:

1. Mengenal Format Tes

Kamu perlu mengenal format TES TOEFL atau IELTS yang akan dikerjakan dengan baik sebelum tes sesungguhnya dilakukan. Pastikan kamu memahami apa saja bentuk tesnya, bagaimana soal akan disajikan, letak tombol dan fungsinya masing-masing, sampai data apa saja yang harus disiapkan.



Jangan ragu untuk mengunjungi situs web TOEFL resmi untuk menemukan informasi tentang format tes, temukan jawaban atas pertanyaanmu, dan untuk menemukan pusat pengujianmu.

2. Membagi Waktu

Membagi waktu saat pengerjaan TOEFL atau IELTS dapat membantu kamu dalam memaksimalkan waktu pengerjaan sehingga tidak ada soal yang tidak kamu kerjakan, atau jikalaupun terpaksa, jangan sampai soal ‘mudah’ kamu kerjakan dengan tidak maksimal atau malah tidak sempat dikerjakan.

Dengan prioritas dan pembagian waktu yang tepat, kamu bisa memastikan bahwa semua soal yang kamu bisa menjawab dengan benar – sudah kamu kerjakan dengan baik.

3. Memiliki Skor Minimum dalam Pikiran

Tujuan yang berbeda membutuhkan skor minimum yang berbeda. Pertama, pastikan kamu mengetahui skor minimum yang kamu perlukan untuk mencapai tujuanmu. Kemudian, pilih skor yang ingin kamu dapatkan. Ini adalah skor ideal (pilihan) kamu.

4. Ciptakan Ruang dan Waktu Belajar yang Ideal

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda satu sama lain. Tes TOEFL dan IELTS juga membutuhkan persiapan yang matang. Dan tentu saja, persiapan terbaik yang harus kamu lakukan adalah belajar.

Buatlah jadwal belajar yang bagus dan berusahalah benar-benar untuk mematuhinya. Jangan ragu untuk mengubah atau bahkan membangun kebiasaan belajar kamu sendiri.

Mintalah dukungan dan pengertian dari anggota keluarga serumah, bahwa sekarang kamu sedang mempersiapkan diri untuk melakukan tes dan membutuhkan suasana yang kondusif. Dan jangan sampai mengkhianati kepercayaan dan dukungan mereka.

Tata ruang belajar supaya kamu bisa mempersiapkan diri sebelum tes TOEFL atau IELTS dengan lebih optimal.

5. Dapatkan Panduan Belajar

Tidak semua orang punya kemampuan untuk belajar secara mandiri dengan optimal. Jika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan persiapan menghadapi tes TOEFL dan IELTS, tidak ada salahnya megikuti beragam panduan belajar optimal yang tersedia.

Kamu bisa menghubungi lembaga penyedia bantuan persiapan tes bahasa Inggris. Di sana, kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai tes-nya sendiri, tips belajar yang lebih komprehensif. Tidak jarang, kamu bahkan mendapatkan fasilitas pre-test untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu saat ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan testmu secara maksimal, sisanya kamu bisa mencari lebih banyak lagi tips pada artikel kami yang lainnya disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/mempersiapkan-diri-untuk-mengikuti-tes-ielts/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.