Tips Cara Supaya Hemat Kuota Internet 1GB Untuk 1 Bulan

Tips Cara Supaya Hemat Kuota Internet 1GB Untuk 1 Bulan | Bagaimana caranya? Memang kuota internet 1GB bisa cukup untuk 1 bulan? Serius? Sebenarnya soal cukup atau tidak kuota internet 1GB untuk satu bulan itu lebih dipengaruhi oleh kebiasaan kita dalam menggunakan internet. Taruhlah kita punya paket data internet 4G sampai puluhan giga untuk satu bulan, kalau kita sering download atau streaming video ya pasti masih kurang teruslah.

Lalu bagaimana cara supaya hemat kuota internet 1GB untuk 1 bulan tapi tetap beraktifitas internet seperti biasa?

Kalau mau sama normalnya dengan ketika kita punya kuota internet yang besar atau unlimited ya jelas tidak bisa. Tapi, setidaknya dengan mengikuti beberapa tips yang akan kita uraikan nanti, kuota 1GB untuk 1 bulan itu sebenarnya masih masuk akal loh…

Kita nanti juga akan menggunakan beberapa aplikasi Android yang berfungsi untuk menghemat data. Dan jangan kaget kalau di akhir nanti, kamu akan sadar selama ini sudah membuang-buang kuota internet tapi tidak sadar, hehe….

Aplikasi yang paling boros menghabiskan kuota internet

Semua aplikasi Android berpotensi memboroskan kuota internet kita. Dan repotnya, beberapa aplikasi tadi baru akan berjalan sempurna ketika kita beri ijin untuk berboros-boros ria.

dee-nesia tidak memasukkan aplikasi bawaan Android yang memang sangat diperlukan supaya Android kita berfungsi dengan normal, seperti Google Play Service. Barulah, ketika memang kita sudah sangat kepepet kehabisan kuota dia kita matikan. Tapi secara umum, saya tidak melakukannya.

Saya hanya akan menyebutkan tiga aplikasi yang paling boros menghabiskan kuota internet.

Facebook Apps. Hmmmm…. Menurut saya, aplikasi Facebook ini paling kurang ajar soal pemborosan kuota. Aplikasi lain itu mau nurut ketika kita mengaturnya supaya lebih irit. Facebook Aps tidak mau. Kita baru bisa mengiritkan pemakaian kuota internet melalui aplikasi Facebook sendiri dengan mengaktifkan Data Saver langsung dari dalam aplikasi.

baca juga: Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Facebook Kita Dengan Aman.

Youtube dan aplikasi streaming video lainnya. Kalau ini sih, cukup wajar. Karena streaming video itu artinya kita mendownload file gambar berikut suara yang tersinkron. Ya boros-lah. Tapi tenang, ada tips-nya kog supaya bisa streaming video di Youtube lebih lama dengan kuota terbatas.

Instagram. Memang boros ya? Iya. Tahukan, kalau Instagram itu isinya foto? hNah, yang namanya foto itu ukurannya jauh lebih besar dari pada text. Dan berbeda dengan Facebook yang bisa kita akses tanpa foto, Instagram tidak bisa. Karena memang kontennya berupa foto, bukan teks. Jadilah Instagram ini menjadi aplikasi Android yang lumayan rakus kuota.

Tentu ada banyak aplikasi Android lainnya yang juga boros kuota. Tapi menurut saya 3 itulah aplikasi Android umum yang paling boros.

Intinya sih, kalau aplikasi itu kontennya bukan teks, melainkan foto, video, atau audio, maka kita bisa pastikan dia akan menghabiskan kuota internet lebih cepat. Kecuali aplikasi radio analog yang tidak pakai kuota itu, hehe….

Tips Cara Supaya Hemat Kuota Internet 1GB Untuk 1 Bulan

Cara Supaya Hemat Kuota Internet 1GB Untuk 1 Bulan
Cara Supaya Hemat Kuota Internet 1GB Untuk 1 Bulan
Loading...

Ok, sekarang kita akan lihat apa saja yang bisa atau sebaiknya kita lakukan supaya kuota internet 1GB bisa cukup untuk 1 bulan, hehe….

Pakai WiFi.

Ya iyalah. Ini pasti akan membuat kuota internet kita tidak berkurang sama sekali. Jika anda bekerja formal, maka kemungkinannya kantor anda juga menyediakan akses internet gratis melalui WiFi. Meskipun terkadang akses internet dengan WiFi di kantor atau tempat kerja anda itu kadang tidak stabil dan kurang cepat, tapi tetap saja ini sebenarnya keberuntungan buat kita yang ‘miskin’ kuota, wkwkwk…

Jadi, dalam rangka supaya hemat kuota internet 1GB untuk 1 bulan ini, gunakanlah akses internet melalui WiFi jika mungkin. Asal anda hati-hati dan tidak rakus kuota, dijamin deh, kantor anda tidak akan keberatan. Jangan terus gunakan untuk setiap kali download film atau installer game besar-besar, hehe…. Kembali lagi, bijaklah….

baca juga: Aplikasi Untuk Mempercepat Akses Internet Supaya Tidak Lemot.

Gunakan Offline Mode (maps, youtube)

Ini juga sangat berpengaruh untuk menghemat kuota internet supaya 1GB cukup untuk 1 bulan. Beberapa aplikasi Android bisa menyimpan data supaya kita tetap menggunakan layanannya secara optimal ketika offline.

Semisal Google Maps dan Youtube. Untuk Google Maps, kita bisa atur untuk mendownload peta di area tertentu hanya ketika terhubung ke internet melalui WiFi. Demikian juga dengan Youtube, kita bisa loh mengijinkan Youtube mendownload video yang kita mau, kemudian memainkannya ketika tidak sedang terhubung internet.

Resikonya adalah memory internal Android kamu akan cepat penuh. Tapi jangan khawatir, file video tadi bisa dihapus sewaktu-waktu. Sayangnya lagi, kita tidak diberi pilihan untuk mengatur tempat penyimpanan sementara ini ke memory eksternal. Jadi agak menyusahkan buat kalian yang memakai Android dengan memory internal yang kecil.

Matikan automatic update dan sinkronisasi akun

Ini memang akan sedikit mengurangi pengalaman terbaik anda menggunakan Android. Tapi karena memang kita maunya menghemat kuota internet supaya kuota 1GB cukup untuk 1 bulan maka langkah ini tidak bisa ditawar.

Automatic update ini berlaku untuk untuk aplikasi dan juga firmware Android yang kita gunakan. Untuk aplikasi, pastikan anda hanya mengijinkan update jika terhubung dengan WiFi. Untuk firmware atau aplikasi bawaan OS, bisa juga atur supaya update hanya dilakukan jika anda menyetujuinya. Bisa juga supaya hanya aktif ketika terhubung dengan jaringan WiFi.

Automatic Update ini juga melibatkan pengaturan ijin bila perangkat kita membutuhkan akses lokasi untuk digunakan oleh apikasi ataupun service dari Google. Untuk lebih hemat kuota, silahkan dimatikan saja. Nanti kalau sewaktu-waktu dibutuhkan bisa diaktifkan lagi.

Selain Automatic Update, ada juga sinkronisasi akun yang juga akan butuh kuota internet. Saya sih tidak bisa mematikannya, karena menurut saya, Android tanpa email tersinkron itu sama saja dengan bohong. Tapi kalau kamu adalah tipe orang yang tidak terlalu mengandalkan email untuk berkomunikasi, rasanya pilihan untuk mematikan sinkronisasi akun ini bisa saja dilakukan. Saya sih tidak terlalu merekomendasikannya.

Untuk jelasnya, silahkan baca Cara Daftar Paket Internet 3G Simpati Terbaru Skema Tarif Everyday Discovery.

Set limit penggunaan data

Fitur limitasi atau pembatasan bandwidth kuota data internet ini sudah ada sejak versi awal-awal Android. Kita bisa dengan mudah mendapatkan peringatan ketika akses data Android sudah mendekati atau melampaui jumlah tertentu. Kita bahkan bisa membuat supaya Android kita menghentikan koneksi internet jika sudah melampaui jumlah yang kita tentukan.

Jadi, silahkan atur saja supaya kita diberi peringatan ketika kuota sudah terpakai sekitar 800MB. Supaya kita bisa memaksimalkan pemakaian sisa kuotanya hanya untuk yang benar-benar perlu saja.

Batasi Widget di Home Screen

Beberapa orang – termasuk saya, memanfaatkan home screen Android untuk mendapatkan informasi terkini secepat-cepatnya. Semisal informasi cuaca. Hmmmm…. Tidak penting-penting amat sih sebenarnya, karena saya jarang sekali melakukan perjalanan jauh. Rasanya seperti kewajiban saja untuk mengetahui apakah hari ini akan turun hujan, akan cerah berawan, atau akan ada hujan angin yang ada petirnya. Dan saya seperti pasti, memasang widget cuaca di home screen.

Yang pasti adalah, widget informasi cuaca terbaru yang akan selalu diupdate dalam rentang waktu tertentu seperti itu pasti akan memakai kuota data internet. Yang artinya bisa mengurangi program diet kuota 1GB untuk 1 bulan kita.

Jadi, kalau memang mau lebih hemat, silahkan amati widget apa saja yang terpasang di home screen Android kamu.

Yang pasti aman itu cuman widget jam. haha… Yang lain, seperti widget Facebook, WhatsApp, email, dan lainnya yang pasti akan selalu perlu update data itu lebih baik dibuang supaya program diet kuota kita berhasil.

Awasi aplikasi yang menggunakan data di background

Seperti yang kita ketahui, aplikasi Android itu ada – banyak bahkan – yang memerlukan akses internet ketika kita tidak sedang memakainya. Biasanya sih aplikasi medsos, chatting, dan game.

Supaya lebih pasti, silahkan diamati saja penggunaan data masing-masing aplikasi. Masih di menu pengaturan set data limit di atas itu kog. Kalau di Android versi 5 keatas, kita bahkan bisa mengatur bilamana sebuah aplikasi boleh atau tidak mengakses internet di background. Jadi kita bisa lebih ketat mengatur penggunaan kuota internet supaya 1GB cukup untuk 1 bulan.

Matikan Google Photos

Tidak bisa dipungkiri, Google Photos itu amazing. Paling tidak itu menurut saya. Kita bisa menyimpan foto dan video resolusi tinggi sampai 15GB di cloud dengan gratis. Kalau kita mengijinkan Google Photos untuk menyesuaikan resolusinya, kita bahkan dapat unlimited penyimpanan gratis.

Masalahnya, ya si Google Photos ini akan mengupload dan mendownload foto kita. Jadinya dia bisa sangat boros menggunakan kuota internet kita.

Supaya kuota 1GB cukup untuk 1 bulan, maka pastikan Google Photos ini hanya akan upload foto dan video kita jika sedang terhubung internet via jaringan WiFi.

Matikan Google Now

Ini adalah juga layanan Google yang sangat membantu kita mendapatkan informasi terkini dengan cepat dan cara yang asyik. Kita juga bisa memerintahkan Android kita untuk melakukan banyak hal bagus dengan perintah suara, seperti menjalankan aplikasi, mengeset alarm, minta diingatkan akan event tertentu, dan banyak lagi.

Kembali lagi, itu semua butuh kuota internet. Jadi, kalau anda seperti dee-nesia yang masih gagap dan tidak nyaman memberi perintah suara ke HP, matikan sajalah, hehe….

Matikan otomatis download gambar, audio, dan video di WhatsApp

Kalau kamu ikutan atau terpaksa masuk menjadi anggota group di WhatsApp, emmm…, ndak hanya WhatsApp sih, pastinya akan sering sekali menerima kiriman foto, suara, dan juga video kan? Kalau itu info penting, ok-lah. Tapi kalau hanya foto, audio, dan video untuk lucu-lucuan? Hmmmm….

Dan semua data berjenis non teks itu besarnya lumayan. Jelas ini berpotensi mengurangi kuota internet kita. Bisa jadi tidak cukup itu kuota 1GB untuk 1 bulan. Jadi, alangkah bijaknya – weshhhhh – jika kita matikan saja opsi untuk otomatis download foto, audio, dan video di WhatsApp ini. Kalau memang perlu, baru deh kita download.

Jangan install aplikasi berbasis streaming

Kalau ini saya rasa cukup jelas. Minimalkan atau kalau bisa jangan gunakan aplikasi berbasis streaming, kecuali aplikasi tersebut mendukung penyimpanan data ketika kita terhubung dengan internet melalui WiFi seperti YouTube.

Kabarnya Spotify bisa melakukannya. Saya belum pernah menggunakannya sih jadi tidak tahu.

Yang pasti tidak ada gunanya itu ya aplikasi dengan nama berembel-embel ‘live’ seperti Bigo Live itu, haha….

Tahulah, kamu harus bagaimana.

Akses FB, Google+, dan akun medsos anda melalui Opera Mini

Bagaimana dengan Facebook, Google+, Instagram, Path, Twitter, dan lainnya?

Kalau mungkin, akses mereka menggunakan Opera Mini. Mengapa?

Karena Opera Mini memiliki fitur untuk mengakses internet dengan hemat. Dibandingkan dengan Google Chrome yang menjadi browser default Android saat ini, fitur hemat data Opera Mini jauh lebih tangguh.

Toh, kamu juga masih bisa mengaktifkan notifikasi Facebook dari Opera Mini. Jadi tidak perlu khawatir ketinggalan update teman-teman kamu meski tidak memakai aplikasi Facebook secara native.

Browsing dengan reader mode di Opera Mini

Untuk membaca berita terbaru, sudah sejak lama saya menggunakan Opera Mini. Terlebih sekarang ketika Opera Mini menambahkan fitur Reader Mode yang akan merender halaman web seminimal mungkin. Jadi penggunaan kuota internet kita akan semakin irit.

Gunakan Opera Max

Inilah andalan dee-nesia untuk menghemat kuota internet di Android. Bagus banget pokoknya. Dengan Opera Max berbasis VPN ini, kita bisa menonton video di YouTube bahkan sampai 3 – 5 kali lebih lama dengan kuota yang besarnya sama.

Selain itu, Opera Max juga punya fitur untuk mengatur supaya kita bisa membatasi supaya aplikasi tertentu tidak boleh menggunakan kuota internet di background. Untuk detailnya, silahkan baca Review Opera Max, Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android Terbaik.

Jangan digunakan untuk tethering

Hehe, yang ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar ya…. Browsing internet di browser Android itu berbeda dengan ketika kita browsing memakai browser desktop di Windows atau Linux seperti Firefox, Chrome, atau EDGE. Kebutuhan kuotanya jauh berbeda. Jadi, supaya tidak boros kuota, ya jangan dipakai untuk tethering.

Jangan download file besar

Kalau kita memakai kuota internet di Android hanya untuk browsing, sedikit main game, dan aktif chatting serta media sosial, saya yakin kuota internet 1GB untuk 1 bulan itu cukup. Tapi begitu kita tergoda untuk download file lagu, aplikasi, atau video, ya dalam satu jam juga bakalan habis itu 1GB. Tergantung dengan besar file yang kita download.

Jadi bagaimana?

Cukupkah kuota 1GB untuk 1 bulan?

Cukup. Intinya adalah kita harus bisa menahan diri untuk tidak berfoya-foya dengan kuota internet terbatas itu. Selain itu, kita juga musti mengoptimasi Android, Google Services, dan aplikasi yang kita pakai supaya penggunaan kuota internetnya lebih optimal. Beberapa aplikasi juga memang benar-benar bisa membantu menghemat kuota internet di Android. Bagaimana menurut kamu? Kalau masih ada tips atau cara lain yang sudah kamu lakukan supaya kuota 1GB cukup untuk 1 bulan, jangan ragu untuk mensharingkannya dengan berkomentar ya….

(Visited 247 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....