Tips Beli Sepeda Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Ingin membeli motor bekas? Ini ada beberapa tips aman beli motor bekas supaya tidak tertipu. Saya sendiri sebenarnya yang berencana untuk beli motor. Karena dana kurang untuk beli motor baru, saya menimbang-nimbang untuk beli motor bekas. Karena belum berpengalaman, maka saya googling dahulu supaya nanti tidak menyesal setelah membawa motor pulang. Meski harganya relatif lebih murah, bagaimanapun motor bekas itu nanti tetap merupakan investasi yang sangat berharga. Motor itu akan mengantar saya berangkat dan pulang kerja. Dipakai bersama seluruh anggota keluarga (yang sementara masih 3). Tentu faktor keamanan dan juga resiko mengeluarkan dana lebih untuk membuat motor bekas baru beli itu sedikit banyak akan menggangu stabilitas ekonomi nasional, haha (alay yah…?) Sayangnya, saya lupa ini artikel saya dapat dari mana. Sudah agak lama sih, cuman saya simpan pakai Word, dan lupa menaruh link aslinya. Jadi dengan ini, saya sampaikan terima kasih kepada siapapun yang menulis artikel ini untuk pertama kali.

Ok, sekarang kita lihat,

Apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli sepeda motor bekas

Kondisi fisik

Ini terkait langsung dengan harga. Karena terlihat begitu anda memilih motor bekas yang hendak anda beli. Perhatikan dengan teliti,

  • apakah ada bagian yang retak pasca kecelakaan
  • apakah cat masih bawaan dari pabrikan atau sudah di cat ulang
  • apakah ada beberapa bagian kecil seperti mur ada yang hilang
  • periksa velg motor, apakah masih simetris atau ada keretakan di dalamnya

Hal ini sangatlah penting, mengingat kondisi fisik merupakan salah satu penentu harga. Jika anda mengetahui bahwa cat motor yang anda pilih sudah diganti bukan cat asli, maka anda tidak pantas untuk membayar tinggi, karena cat dari pabrikan berbeda kualitasnya dan sudah dirancang sedemikian rupa untuk bertahan dalam kondisi cuaca apapun jika dibandingkan dengan cat biasa. Dan pastikan bahwa semua onderdil yang dipasangkan pada motor yang bersangkutan adalah onderdil orisinal, karena ini juga mempengaruhi keselamatan anda pada saat berkendara.

Nomor mesin dan rangka motor

Yang ini nanti urusannya dengan pengurusan pemindahan kepemilikan ke Polisi. Ini sangat penting. Apakah kedua nomor ini sesuai dengan apa yang tertera pada surat kendaraan bermotornya. Terkadang pedagang yang nakal atau penadah mengubah kedua nomor identitas motor ini dengan cara diketok. Kalau sampai kita beli kendaraan yang bermasalah nomor mesin dan rangkanya, wadah, percaya deh, nanti akan sangat pusing mengurusnya.

Kelengkapan Surat Kendaraan

Saya kira untuk yang satu ini sudah jelas. Harus lengkap, jangan mau kalau penjualnya memberi janji akan memberikannya setelah pembelian terjadi. Itu sangat beresiko. Periksa dengan benar kelengkapan surat-suratnya. Tidak ada surat tidak ada transaksi.

Spedometer

Bila anda tidak ingin mendapat pengeluaran yang lebih banyak, maka anda harus melakukan pengecekan pada spedometer. Jika mengetahui bahwa motor yang anda pilih memiliki spedometer lebih dari 20.000, maka banyak dari bagian onderdil dari motor tersebut waktunya untuk diganti. Untuk menghindarkan pengeluaran anda membengkak, maka anda bisa melihat spedometer yang tertera pada motor tersebut.

Mesin motor

Dengan menghidupkan mesin, anda juga akan mengetahui apakah mesin pada motor ini baik-baik saja atau tidak. Dengan menghidupkan mesin, anda juga bisa mengetahui apakah ada suara aneh atau tidak yang berada di dalam mesin motor anda. Ini juga dapat menghindarkan anda dari pembebanan biaya yang berlebih ketika anda sudah membawa pulang motor anda.

Perpindahan Gigi

Perpindahan gir dalam mesin juga perlu dicoba, sebelum anda benar-benar menyetujui pembelian motor bekas, sempatkan untuk mencoba kinerja dari motor tersebut. Perpindahan gir yang nyaman dan tidak bermasalah akan membuat perjalanan anda aman, namun apabila bermasalah, maka hindari untuk mengambil kendaraan ini, karena selain membuat bengkak pengeluaran anda, juga akan mengancam keselamatan anda.

Listrik

Masih dalam seputar urusan mesin, kelistrikan seperti lampu, klakson, sein, lampu rem belakang berfungsi dengan normal. Pastikan semua berfungsi, agar dapat mengartikan tidak ada kerusakan pada komponen kondisi aki pada motor bekas

Rangka Motor

Pastikan anda juga melakukan pengecekan pada rangka motor, apakah ban simetris atau tidak, apakah rem cakram masih berfungsi dengan baik, juga swingarm di bagian belakang motor dalam posisi yang simetris. Ini sangat berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan anda pada saat anda berkendara.

Harga

Salah satu hal terpenting yang perlu dilihat adalah harga. Anda harus mengerti keadaan harga di pasaran. Pastikan motor bekas yang anda incar berada pada harga yang standar di pasaran. Biasanya harga pasaran motor bekas bisa didapatkan baik dari media cetak ataupun juga dari beberapa situs yang menyediakan informasi berbagai harga motor bekas.

Ajak orang yang mengerti mesin

Jika ada saudara atau kenalan yang anda anggap lebih mengerti mesin dibanding anda, ada baiknya ajaklah mereka untuk memberi pertimbangan. Paling tidak anda mempunyai pendapat kedua.

Selamat berburu motor bekas.

(Visited 283 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....