Tips Agar Power Bank Bisa Awet

Tips supaya Power Bank Awet | Bagaimana cara atau tips membuat power bank awet, tidak mudah rusak, gampang nge-drop, dicharge sebentar sudah penuh, tapi dipakai sebentar saja sudah habis baterainya? Ya, itulah masalah paling umum yang ditemui pengguna power bank sebagai pengisi baterai smartphone atau laptop. Beberapa juga mengeluhkan panas berlebih ketika dilakukan pengisian dan penggunaannya.

Tak bisa dipungkiri, Power Bank sangat bisa sangat membantu, ketika kita berada jauh dari colokan listrik untuk mengisi baterai HP atau gadget kita yang lain. Membantu, tugasnya memang itu, hanya membantu ketika memang tidak mungkin mengisi baterai melalui charger dengan normal. Yang paling sering membuat Power Bank mudah sekali rusak adalah kesalah pahaman pengguna dengan pemakaian si Power Bank itu sendiri.

Nah, tidak perlu berpanjang-panjang, lanjut baca ya….

Tips Supaya Power Bank AwetAgar Power Bank Bisa Awet
Loading...
Pemakaian Power Bank

  • Matikan gadget anda setidaknya sampai kapasitasnya kembali pada level 50%. Idealnya sih, ketika sudah benar-benar penuh baru dinyalakan kembali. Mengapa? Apa tidak bisa? Bisa saja. Tetapi ketika kapasitas baterai masih sangat rendah, kemudian dia dalam keadaan menyala, apalagi dipaksa digunakan untuk menelepon, browsing, atau main game, itu akan membuat Power Bank bekerja lebih dari kemampuannya.
  • Perhatikan kapasitasnya. Jangan memaksa Power Bank mengisi baterai gadget yang kebutuhan dayanya lebih besar dari kapasitasnya. Selain itu percuma saja, ini juga bisa memotong usia kerjanya.

Pengisian Power Bank

Upayakan untuk senantiasa mengisi sampai penuh Power Bank anda setiap harinya supaya dia bisa bekerja maksimal. Tunggu sampai lampu indikator kapasitasnya menyala semua, baru cabut dari jaringan listrik. Untuk tipe 5.800mAH, butuh waktu sekitar 8 jam untuk bisa penuh.  Jika baru dicolok ke listrik 2-3 jam sudah penuh, berarti itu produk tidak bagus dan perlu dicurigai. Sekali lagi sesuaikan kapasitas daya dengan waktu pengisian.

Semakin sering anda mengisi ulang Power Bank, maka usianya akan semakin pendek. Sama saja dengan baterai laptop atau smartphone anda. Powerbank yang bagus, usia baterainya bisa tahan sampai lebih dari 500 kali charger diisi penuh. Bisa satu tahun lebih, kalau setiap hari diisi penuh pada malam hari.

Hindarkan dari Suhu ekstrim dan Terjatuh

Power bank tidak boleh berada pada tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena bisa menyebabkan komponen baterai rusak. Supaya power bank bisa awet, jangan meletakkan power bank di tempat yang terkena sinar matahari langsung  atau juga dekat sumber panas lainnya karena akan mudah terbakar. Hindari juga tempat yang lembab, serta dijaga jangan sampai terkena air. Dalam merawat power bank Anda bisa membungkus power bank dengan baik agar suhu yang melingkupinya tetap normal.

Power bank mengandung bahan baterai yang sangat rentan terhadap benturan keras. Jika Perangkat power bank sering jatuh atau sering tekena benturan maka kinerjanya akan berkurang, bahkan tidak bisa dipakai sama sekali. Untuk itu demi keamanan, berikan pengamanan bagi perangkat mungil ini berupa bungkus (sarung power bank) kain atau kulit. sumber: Paseban

Tips dan trik terakhir dalam merawat power bank ialah gunakan power bank dalam keadaan benar–benar darurat dan jauh dari sumber listrik. Selama Anda masih menemukan sumber listrik dan membawa charger bawaan, sebaiknya mengisi ulang melalui charger saja.

(Visited 283 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....