dee-nesia
mencari dan berbagi

Timeout Occurred While Processing the Operation, Mengapa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Error Timeout Occurred While Processing the Operation ini menjengkelkan banget. Kenapa sih? Terus bagaimana mengatasinya? Kalau kamu pakai kartu Tri, maka bisa dipastikan error Timeout Occurred While Processing the Operation ini pernah atau malah sering kamu alami. Jadi, sebenarnya, langkah paling mudah dan cepat mengatasinya adalah dengan ganti kartu alias memakai provider internet yang lain. Haha…. ga solutif banget sih…!!!

Ok, jangan marah-marah dulu. Itu tadi cara paling cepat dan mudah – tapi tidak murah. Sebelumnya, kita coba cari tahu dulu mengapa error yang satu ini sering sekali terjadi pada kartu Tri.

Mengapa error Timeout Occurred While Processing the Operation terjadi?

Kalau kita lihat dari pesan error ini, yang terjadi adalah timeout ketika memroses perintah atau operasi. Jadi intinya, Tri kehabisan waktu untuk me-load data situs yang kita panggil di address bar. Kehabisan waktu? Iya.

Sudah defaultnya, waktu yang diperlukan jaringan untuk me-load suatu halaman itu ditentukan. Kalau tidak ada batasan kan bahaya. Sudah jelas perlu lama banget mbuka-nya masih diterus-terusin. Percuma.

Loading...

hNah, ketika batasan waktu ini sudah tercapai padahal halaman belum selesai di-load ya mau tidak mau, atau sebaiknya memang operasi, atau perintah kita untuk membuka halaman internet tersebut dihentikan. Dan pesan error Timeout Occurred While Processing the Operation itulah yang muncul.

Kesimpulannya?

Ya memang koneksi jaringan Tri itu seperti itu. Tidak stabil, kadang sangat cepat lalu bisa mendadak lambat bin lemot. Kalau sedang tidak beruntung, bisa nunggu lama dan error itu tadi. Padahal kalau dilihat sinyal-nya ya penuh sampai 5 bar.

Apakah error Timeout Occurred While Processing the Operation bisa terjadi pada operator lain?

Bisa saja. Tapi ya itu, sangat jarang terjadi. Saya pernah sih. Tapi itu hanya dalam kondisi cuaca yang buruk yang membuat koneksi internet sangat buruk.

Cara mengatasi error Timeout Occurred While Processing the Operation pada kartu Tri

Timeout Occurred While Processing the Operation

Pada dasarnya, yang bisa kita lakukan adalah dengan merefresh koneksi. Bukan cuman merefresh halaman situs yang kita buka loh. Meski kadang itu bisa membantu.

Putus-sambungkan koneksi

Terserah, kamu pakai smartphone yang dijadikan AP WiFi Hotspot atau modem, coba untuk putus-sambungkan koneksi-nya.

Caranya, putuskan sambungan internet. Tunggu beberapa detik. lalu koneksikan lagi. Ini juga cuman kadang bisa memulihkan kecepatan. Kadang juga tidak. Banyak bisa-nya sih.

Pindah atau Ganti APN Tri

APN yang biasa digunakan internet kartu Tri ada dua, yaitu 3data dan 3gprs. Cobalah membuat dua pengaturan APN di smartphone kamu. Satu dengan APN 3data, dan kedua dengan APN 3gprs.

Detailnya:

di Android atau iOS

masuk ke Setting > More > Mobile networks > Access Point Names > Pilih 3 (Tri) > New APN.

Lalu pastikan datanya seperti ini:

Nama: 3data
APN: 3data
APN type: default
Proxy: not set (kosongkan)
Port: (kosongkan)
Username: 3data
Password: 3data
Server: (kosongkan)
MMSC: (kosongkan)
MMS proxy: (kosongkan)
MMS port: (kosongkan)
MCC: 510
MNC: 89
Authentic type: None
APN protocol: IPv4/IPv6
APN enable/disable: enabled
Bearer: Unspecified

Kalau sudah, lalu simpan.

Untuk di modem, pengaturannya seperti ini:

Profil Name: 3data
User Name: 3data
Password: 3data
Authentication type: PAP
Dial Up: *99#
APN: Static lalu isi 3data

Nah, supaya mudah, buat satu APN lagi, tetapi memakai APN 3gprs, dengan username dan password 3gprs. Yang lain sama dengan pengaturan sebelumnya.

Pakai ekstensi zenmate di Google Chrome atau Mozilla Firefox

Saya baru coba nih. Belum 5 menit. Aman dan lancar untuk membuka dashboard WordPress dan mengedit posting ini. Katanya sih aman. Semoga beneran aman-lah.

Kalau mau ikutan nyoba, silahkan Googling saja ‘zenmate for firefox’ gitu. Lalu lanjutkan install. Sesudah selesai install, Firefox-nya tidak minta di restart kog. Sudah, gitu saja.

Yang biasa saya lakukan ketika error Timeout Occurred While Processing the Operation’  terjadi adalah:

  • refresh halaman, kalau masih gagal ya terpaksa
  • putus sambung koneksi di Android yang saya jadikan AP WiFi (saya pakai Xperia Ray). Kalau itu masih gagal barulah
  • ganti APN. Kalau sebelumnya 3data pindah ke 3gprs, dan sebaliknya. Kalau masih gagal,
  • pakai koneksi kartu Simpati yang ada di Xperia M dual.

Sudah cukup lama saya memakai kartu Tri AON ini. Biasanya saya beli yang 10GB. Itu cukup untuk sekitar 2 bulan. Sementara masih jadi kartu internet yang utama. Alasannya murah sekalipun banyak masalah dan kadang lambat banget.

Selain error Timeout Occurred While Processing the Operation’ ini, sebenarnya Tri punya banyak cacat. Yang pernah saya tahu, seperti di bawah ini.

Macam-macam error pada kartu Tri

  • tidak bisa download dari situs file hosting tertentu.
  • sering muncul peringatan bahwa kita sedang nye-pam karena ada terlalu banyak traffik yang melalui IP kita.
  • kalau kamu nge-blog pakai WordPress, IP kartu Tri kamu bisa diblokir, sehingga tidak bisa login ke dashboard WordPress, bahkan ke CPanel juga tidak mau nerima IP-mu. Musti bikin whitelist IP dulu supaya aman.
  • buat download kenceng, tapi buat browsing lelet minta ampun.
  • memakai shared IP. Satu IP dipakai banyak orang, itu sebabnya jadi tidak bisa download di situs tertentu dan sering kena blokir
  • ada FUP-nya (yang ini saya tidak yakin). Jadi meskipun kita pakai yang kuotanya besar, tapi itu dibagi setiap bulannya. Kalau lebih dari FUP ya kecepatannya turun.

Terus bagaimana?

Hehe…, saya sih mandah saja. Paket internet Tri AON itu paling murah sih. 125ribu dapat 10GB dengan masa aktif setahun. Jadi tidak perlu merasa buru-buru ngabisin kuota karena waktu aktif sudah hampir habis seperti kartu yang lain kan.

Kita doakan saja, setelah menaikkan harga kartu AON, Tri tambah bagus kualitas jaringannya. Kalau mau lebih kenceng dan tidak segan membayar agak mahal ya pakai kartu lain, atau langganan layanan internet pakai fiber optic saja. Kan sekarang sudah mulai murah tuh…. Sekadar rekomendasi buat yang perlu internet cepat, baca dulu Daftar Harga Paket Internet 4G LTE Semua Operator (Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren). Kog Tri belum punya? Tanya sama yang punya ya….

(Visited 6,136 times, 1 visits today)