10 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Supaya Kamu Tidak Perlu Menunda Liburan

Hanya karena alasan kekurangan dana, banyak dari kita yang lebih memilih untuk menunda bepergian. Hampir semua hal yang butuh pertemuan dilakukan secara virtual. Pertemuan bisnis dan keluargapun sampai hanya dilakukan via Zoom, Google Meet, atau sekadar video chat melalui WA. Tapi apa iya semua harus virtual begitu?

Liburan tidak bisa virtual!

Menonton video tempat-tempat wisata di Youtube itu tidak sama dengan jika kita melakukannya sendiri alias secara faktual beneran berkunjung dan berada di tempat itu.

Demikian juga sebenarnya dengan mengunjungi sanak saudara atau orang tua. Banyak hal yang berbeda sama sekali, hanya melihat wajah dan mendengar suara mereka via video chat itu berbeda dengan jika kita bisa benar-benar berada di sisi mereka.

hNah, jika dana adalah alasan utama Anda menunda mengunjungi orang-orang terkasih dan juga berkata nanti dulu untuk berlibur, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencari tiket pesawat murah supaya kunjungan dan liburan lebih bermakna karena Anda tidak perlu bingung menyisihkan anggaran untuk beli oleh-oleh.

10 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Cari informasi tiket pesawat murah jauh-jauh hari

Ini memang tidak bisa Anda lakukan ketika Anda perlu beli tiket pesawat secara mendadak. Tetapi Anda pasti paham bahwasanya dengan mencari informasi tiket pesawat murah secepat mungkin, itu artinya Anda punya waktu lebih untuk mencari yang mana yang paling murah dengan tenang.

Ketika Anda terburu-buru, maka besar kemungkinan Anda akan memilih yang pertama kali Anda lihat dan tidak cukup waktu untuk melakukan perbandingan atau cek tiket pesawat murah di situs atau maskapai lain.

Anda juga akan lebih leluasa membuat rencana perjalanan liburan atau kunjungan Anda dengan lebih baik. Rencana perjalanan yang bagus akan menghindarkan Anda dari keriwehan yang tidak perlu di saat yang tidak tepat.

Liburan itu liburan, bukan menambah kepenatan.

Jangan tunggu waktu libur

Ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Tetapi jika Anda sering bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, maka Anda tahu bahwa harga tiket pesawat cenderung mengalami kenaikan, bisa beberapa puluh ribu, bisa juga sampai ratusan ribu,

Sementara pada saat hari normal, harganya cenderung lebih murah. Sepertinya ini juga berlaku pada tarif transportasi pada umumnya.

Sehingga, jika memang memungkinkan, kenapa tidak mengambil liburan pada saat saat yang lain sedang kerja?

Keuntungannya bukan hanya Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan tiket pesawat murah, tapi juga harga menginap hotel yang lebih murah juga.

Selain itu, rata-rata destinasi wisata juga tidak akan penuh sesak dengan pengunjung.

Anda bisa mendapat tiket pesawat murah, lebih mudah mendapatkan hotel dengan harga bersaing, dan privasi lebih di tempat wisata, karena memang tidak sedang ramai. Nyaman banget kan?

Emmmm…, kecuali Anda sedang mencari yang ramai-ramai sih….

Follow akun medsos maskapai penerbangan

Kekuatan media sosial sebagai sarana promosi tidak pelak pasti digunakan oleh maskapai penerbangan.

Dan ini keuntungan buat Anda. Cukup sering maskapai penerbangan itu mengumumkan promo, diskon, giveaway, dan kontes dengan hadiah yang lumayan bagus.

Sehingga, tidak ada salahnya Anda menjadi follower maskapai penerbangan yang sering Anda gunakan. Tidak perlu semua sih, hanya yang memang Anda suka dan sering gunakan saja.

Kalau mau follow semua juga tidak masalah. Toh, tidak ada ruginya juga. Malah bisa memperbesar kemungkinan Anda menjadi salah satu yang paling cepat tahu ketika ada promo atau diskon dari mereka.

Menjadi member maskapai

Hampir semua maskapai memiliki fitur keanggotaan. Dan tentu saja, sebagai anggota, Anda berkesempatan mendapat semacam ‘privilege’ tertentu. Seperti contohnya kemudahan melakukan refund voucher seperti yang diberikan Lion Air.

Untuk menjadi anggota, biasanya Anda hanya perlu mendaftar, mengisi formulir online, melakukan konfirmasi melalui email, dan Anda siap mendapatkan beberapa keuntungan.  Salah satunya adalah kemungkinan mendapatkan tiket pesawat murah.

Biasanya, maskapai memberi keistimewaan tertentu pada member-nya dibandingkan dengan pengguna jasa mereka yang non-member.

Gunakan tab incognito

Ini adalah salah satu tips cari tiket pesawat murah yang jarang orang ketahui. Incognito Tab.

Ketika kita membuka browser menggunakan incognito tab – tab penyamaran, maka browser tidak menyimpan cookie dan riwayat pencarian kita. Dan rata-rata situs penyedia layanan mencari tiket pesawat murah memanfaatkan cookie dan riwayat pencarian kita untuk ‘sedikit’ mengubah data yang ditampilkan.

Kerasa kan kalau Anda beberapa kali membuka situs untuk cari tiket pesawat murah maka harga yang ditampilkan cenderung naik dari waktu ke waktu?

Atau bahwa harga yang ditampilkan situs yang sama untuk pencarian yang sama hasilnya berbeda ketika kita menggunakan perangkat yang berbeda?

hNah, supaya kita mendapatkan harga tiket pesawat murah, ada baiknya untuk membukanya di tab penyamaran.

Cari situs tiket pesawat online yang murah

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, dimana biasanya kita hanya bisa menyerah pada harga yang diberikan agen tiket pesawat tanpa bisa melakukan perbandingan harga tiket dengan leluasa.

Sekarang, kita bisa melakukan perbandingan tiket pesawat sendiri. Cukup dengan membuka beberapa situs layanan pembelian tiket pesawat murah, maka kita bisa melihat perbandingan harganya secara langsung.

Dan karena kita biasanya masih punya waktu jeda dari saat kita tekan tombol booking dan membayar tiketnya, kita jadi punya waktu untuk membandingkan harga tanpa perlu khawatir kehilangan tiket pesawat yang paling murah yang sudah kita temukan.

Ketika Anda menemukan tiket pesawat murah, jangan ragu untuk melakukan booking. Sebelum Anda membayarnya, Anda masih bisa mencari tiket di penyedia yang lain.

Beli tiket pesawat pulang-pergi

Ketika perjalanan liburan atau bisnis Anda sudah jelas jadwalnya, jangan ragu untuk membeli tiket pesawat pulang-pergi. Anda bisa menghemat banyak sekali uang. Perbedaan harga tiket pesawat pulang pergi dan satu per satu bisa lumayan besar loh…. Terutama untuk tiket jarak jauh. Bisa antara 3 – 5 juta lebih hemat.

Jika Anda memesan tiket pulang – pergi, biasanya pihak maskapai memberikan diskon berupa smart combo. Jika tidak, jangan ragu untuk menanyakannya.

Satu-satunya yang bisa jadi kurang nyaman adalah bahwa Anda hanya bisa menggunakan maskapai dan bandara yang sama. Tentu saja ini bisa jadi masalah kalau Anda berencana untuk mengunjungi beberapa kota di suatu negara.

Cari tiket pesawat yang berangkatnya pagi

Mengapa tiket pesawat yang berangkatnya pagi hari cenderung lebih murah dibanding yang agak siangan dikit atau bahkan di sore hari?

Ya karena kebanyakan orang cenderung menghindari berangkat pagi-pagi sekali. Tidak sempat sarapan, ribet menyiapkan barang bawaan, musti buru-buru, belum lagi kalau harus menghadapai kemacetan di jalan ke arah bandara.

Karena maskapai juga perlu mengisi seat mereka, maka biasanya mereka memberi insentif berupa harga tiket pesawat murah buat Anda yang bersedia bangun pagi.

Pilih penerbangan transit

Dibandingkan dengan penerbangan langsung, penerbangan transit juga biasanya mempunyai harga tiket lebih murah. Iya, ini bisa sedikit melelahkan dan agak ribet.

Anda harus turun – naik pesawat, musti menghabiskan waktu di bandara yang bukan tujuan Anda agak lama, dan yang pasti mengeluarkan uang lebih untuk makan dan minum selama waktu ‘jeda’ itu.

Tetapi harga tiket yang bisa Anda dapatkan bisa lebih murah. Jika Anda tidak berkeberatan dengan itu semua, ini adalah opsi yang layak dipilih.

Jika Anda hanya terbang di Indonesia, mungkin perbedaan harganya Anda rasa tidak cukup besar dibandingkan dengan keribetannya. Tapi jika Anda terbang ke luar negeri yang cukup jauh – Eropa atau Amerika misalnya, perbedaan harganya bisa lumayan besar.

Selalu recheck harga tiket sebelum anda bayar

OK. Sekarang Anda sudah menemukan beberapa alternatif pilihan tiket pesawat murah di dalam daftar Anda. Beberapa sudah Anda booking, beberapa lagi sepertinya bisa dicoret dari daftar.

Bayar.

Belum! Jangan dulu!

Anda bisa membatalkan booking tiket tanpa potongan apapun jika Anda belum membayarnya.

Jadi, sekarang tiba waktunya Anda lakukan perbandingan sekali lagi, mana tiket pesawat paling murah pada maskapai yang Anda suka dengan waktu pemberangkatan yang bisa Anda terima.

Dan bukan hanya membandingkan, tetapi juga benar-benar cek ulang harga yang ditawarkan. Mengapa? Ribet banget sih…?

Sebab harga tiket pesawat bisa sangat cepat terjadi. Dalam hitungan menit harganya bisa berubah. Kalau harga yang muncul lebih murah dibanding harga tiket yang sudah Anda booking, maka lebih baik Anda membatalkan tiket tersebut dan memilih tiket pesawat yang lebih murah.

***

Bagaimana? Sudah cukup yakin untuk cari tiket pesawat murah sendiri? Sekarang Anda tidak perlu menunda liburan, mengunjungi keluarga, atau untuk keperluan lain dengan menggunakan pesawat terbang. Jika Anda punya tips atau cara lain untuk mendapatkan tiket pesawat murah, jangan ragu untuk membagikannya juga untuk menuliskannya di kolom komentar.

By | September 15, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.