Tidak Bisa Memutar Video di Windows 10

By | March 5, 2019

Apakah anda juga mengalami kesulitan memutar file video di Windows 10 Technical Preview? Setelah menginstall Windows 10 dual boot dengan Windows 7 barusan, tentu saja, saya segera kepingin melihat apakah OS terbaru Microsoft ini bisa berjalan dengan baik di Asus 1215B yang sampai sekarang masih setia menemani saya bekerja. Ternyata, ada masalah ini.

Apapun player yang saya gunakan, mulai tentu saja Windows Media Player, VLC, sampai Media Player Classic, semua tidak bisa memutar file video. Saya sudah coba berbagai format file videonya, mulai dari film berekstensi avi, mpg, mp4, vob, semua wis. Dan semuanya gagal. Kalau di Media Player Classic, masih ada pesan seperti ini:

CreateDevice failed
Error code: 0x8876086A
DX9AllocatorPresenter failed

D3DERR_NOTAVAILABLE

Tidak Bisa Memutar Video di Windows 10 Error code: 0x8876086A

Wadew, kenapa pula ini?

Dari hasil browsing sana-sini, masalahnya terletak pada driver VGA yang terinstall. Sementara saya masih pakai driver VGA-8_982_7_WHQL_120808a-144904C_Win8-Asus. Dan belum sempat download atau cari yang lebih sesuai untuk Windows 10. Ketika saya coba cek di situs resminya Asus, yang adalah adalah untuk versi 64bit, sementara installer Windows 10 Technical Preview yang saya install adalah versi 32bit. Hmmm…. Jadi urung download nih.

Juga ada saran untuk melihat melalui perintah dxdiag, hasilnya si dxdiag sendiri juga FC alias force close. Wadah, gimana nih.

Sementara ini rencana saya adalah download file iso installer Windows 10 Technical Preview tapi yang versi 64bit. Lagipula, ada kabar sudah ada versi terbaru yang build Build 9860. Yang sekarang terinstall itu masih versi build 9841. Sekalian wis. Belum isi kuota internet lagi juga, haha…. Jadi sementara sabar dulu saja.

Jika anda juga mengalami masalah tidak bisa memutar file video di Windows 10 dan sudah tahu solusinya, silahkan sharing ya…. Nanti, kalau sudah berhasil saya juga akan bagikan di dee-nesia ini. Keep on reading….

Ow, iya, si Windows Media Player sudah lancar untuk memutar file audio berformat umum, seperti mp3 dan wma.

Loading...

Beberapa saat memakainya, saya mengalami beberapa kali crash pada beberapa aplikasi, seperti Mozilla Firefox, Chrome, dan Opera versi terbaru. Untuk antivirus, sementara cuman saya pasangi Smadav saja dulu. Toh, Windows 7 masih sebagai OS utama.

(Visited 5,592 times, 1 visits today)

5 thoughts on “Tidak Bisa Memutar Video di Windows 10

  1. agus salim

    apakah driver VGA nya harus d update gan, ataw lngsung d instaall driver aslinya biar gg ptus2, soalnya akunl bru ganti windows 10 ini gan yg 64 (10.0, Build 10240)

    Reply
    1. dee-nesia Post author

      Kalau ada driver bawaan, install yang itu dulu mas. Nah, kalau ada sambungan internet, sebaiknya segera diupdate itu driver-nya.

      Tapi kembali lagi, pertimbangkan juga tipe VGA dan juga resolusi video yang diputar. Kalau 1080i ya abot mas. Hehe….

      Reply
  2. sadam chusain

    gan kemare saya masih menggunakan windows 7 tapi setelah beralih ke windows 10 eh semua lagu dan video tidak bisa di putar. mohon bantuannya

    Reply
    1. Techie

      Kemungkinan besar masalahnya ya pada driver VGA mas.

      Coba saja cari dan download lalu install driver VGA dari merk laptop mas.

      Kalau ndak nemu juga, coba gunakan Windows Update saja…

      Biasanya nemu kog.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.